Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 7 Perbedaan Blog dan Website secara Umum

2 min read

Perbedaan Blog dan Website

Sekilas, blog dan website memang hampir sama yaitu memuat segala informasi yang ilmiah maupun non ilmiah, komersil atau non komersil. Padahal, perbedaan blog dan website bisa nampak dari isinya meski keduanya sama-sama bersifat informatif.

Baca juga : perbedaan press release dan berita

Untuk mengetahui perbedaannya, tentunya perlu dipahami dulu apa itu blog dan apa itu website. Ini dilakukan agar pengguna tahu mana yang dibutuhkan. Apalagi untuk pemula yang baru terjun ke dunia bisnis, memanfaatkan media sosial saja agaknya tidak cukup.

Pengertian Blog dan Website

Secara garis besar penggunaan blog dan website bisa digunaian untuk memperluas pangsa pasar. Pasalnya, bisnis maupun informasi bisa ditemukan dengan mudah lewat kolom pencarian. Lalu, apa sebenarnya pengertian dari platform online tersebut? Ini penjelasannya!

Kata Blog sendiri sebenarnya berawal dari web blog yang memuat begitu banyak artikel. Di mana yang termuat di dalamnya biasanya hanya tentang tema tertentu saja. Berdasarkan survey kunjungan, blog ini mendapat presentase terbesar dari pengguna internet yaitu 77%.

Sedangkan website adalah sekumpulan halaman web yang saling terhubung. Bukan milik pribadi, Website biasanya dikelola oleh perusahaan atau komunitas tertentu. Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa blog adalah salah satu jenis Website dalam tingkatan sederhana.

Perbedaan Blog dan Website

Setelah mengetahui pengertian platform online blog dan website secara garis besar. Ternyata masih banyak yang belum tahu kalau keduanya sangatlah berbeda. Baik itu dari segi konten, gaya bahasa, arah komunikasi, programming, homepage, dan lain sebagainya.

1. Coding

Bagi pengguna website tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah coding. Dimana hal tersebut diperlukan dalam pembuatan web agar bisa diakses oleh umum. Coding seringkali menjadi kendala bagi yang masih awam dan belum paham mengenai dasar pengkodean.

Baca juga : perbedaan DFD dan ERD pada sistem informasi

Sedangkan untuk membuat blog Anda tidak perlu khawatir tentang coding seperti HTML, PHP, dan sebagainya. Cukup dengan download template untuk blog pribadi yang pengaturannya cukup mudah. Bukan seperti website yang memerlukan programmer khusus.

2. Administrator

Perbedaan blog dan website yang kedua adalah dari arah administrasi. Dalam ranah ini blog banyak dimiliki oleh individu, di mana isinya boleh jadi tentang pengalaman pribadi. Tentunya ini menjadi kelebihan tersendiri sebab tidak perlu persetujuan kelompok.

Website sendiri diibaratkan sebuah rumah yang tidak bisa dibangun sendiri. Perlu orang profesional yang bisa mendesain tampilan agar menarik. Selain itu, Website juga memerlukan staff yang bekerja dalam tim diantaranya programmer, developer, dan system analyst.

3. Postingan

Sudah bukan rahasia lagi kalau blog dan website adalah tempat yang berisi berbagai informasi tertentu. Meski begitu, dari segi update blog lebih dinamis dibandingkan website. Pasalnya, artikel di dalamnya bisa berubah sewaktu-waktu serta mengalami upgrade yang terjadwal.

Website sebaliknya, biasanya pemilik website hanya akan menyajikan informasi terbaru, sehingga tidak membutuhkan history post. Dimana konten yang sudah lama tidak akan dimuat di dalamnya dan hanya menjadi konsumsi pribadi saja.

4. Penggunaan Bahasa

Blog dan website juga bisa dibedakan dari titur bahasanya. penulisan di blog biasanya menggunakan bahasa yang cenderung lebih santai dan interaktif. Hal ini dilakukan untuk menarik minat pembaca. Meski begitu penggunanya juga tetap harus sopan dan mudah dipahami.

Baca juga : perbedaan ram dan memori internal

Namun ada pula blog yang terkesan menggunakan bahasa resmi. Berbeda dengan website yang biasanya lebih diperuntukkan untuk sebuah instansi atau perusahaan, sehingga harus formal dan lugas. Dengan begitu, akan terkesan lebih profesional dan terpercaya.

5. Interaksi Antar Pembuat dan Pembaca

Anda pernah membaca artikel secara online melalui situs pencarian google? Coba scroll di area paling bawah dari pembahasan, maka akan ditemukan kolom komentar. Pembaca bisa memberikan kritik maupun saran lewat kolom komentar yang ada di blog.

Sedangkan Website hanya mendukung komunikasi satu arah saja. Pasalnya, pengelola hanya akan memberikan informasi yang ingin mereka sampaikan. Meski begitu, di dalam website biasanya terdapat Contact person seperti nomor telepon, email, dan sebagainya.

6. Home Page dan Search Engine

Home page sebuah website dipenuhi dengan berbagai artikel yang sudah dirilis sebelumnya. Oleh sebab itu, saat pengguna mencari dengan search engine kemunculan informasi dari berbagai blog akan lebih banyak ditemukan. Tidak seperti website yang penggunaannya terbatas.

Homepage website juga hanya berisi dasar dari situs tersebut. Seperti jenis produk yang dipasarkan atau konten apa yang akan diupload. Itulah mengapa, Website disebut sebagai rumah dari sekumpulan blog yang berisi berbagai informasi.

7. Rating

Terakhir ada rating atau peringkat. Perlu diketahui dalam blog ada sistem rating. Dimana hal tersebut ditentukan oleh jumlah pengunjung yang aktif agar bisa masuk halaman pertama pencarian, sedangkan kemunculan website tidak dipengaruhi oleh itu semua.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan wix site

Kini Anda sudah mengerti bukan apa perbedaan blog dan website secara lebih terperinci. Penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran. Blog bisa menjadi platform pribadi yang bagus. Sedangkan website untuk keperluan pasar yang lebih luas.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.