Cara Memperkecil Ukuran PDF dengan Efektif dan Mudah

1 min read

Cara memperkecil ukuran pdf

Seperti yang kita tau pdf merupakan salah satu jenis format dokumen yang dibuat oleh adobe system, pdf berfungsi untuk menyimpan, melihat dan berbagi file dokument. Nah pada pembahasan kali ini saya akan membagikan tips tutorial mengenai cara memperkecil ukuran pdf dengan mudah.

Baca juga : cara menggabung pdf jadi satu secara online

Perlu anda ketahui juga bahwa dokumen pdf sering digunakan oleh banyak orang karena mempunyai beragam keunggulan dibanding dengan format dokumen lainnya. Salah satunya yaitu memiliki ukuran yang ringan dan bisa diakses dengan mudah pada berbagai perangkat pintar saat ini.

Ketika pengguna membuat file pdf, terkadang ukuran yang dihasilkan cukup besar karena menyimpan banyak halaman didalamnya. Berikut dibawah ini tutorial simple mengenai cara mengecilkan ukuran pdf dengan efektif dan bisa anda lakukan di device apapun. Baik itu komputer, laptop ataupun smartphone.

Cara Memperkecil Ukuran PDF

  • Hal pertama yang harus anda lakukan ialah menyiapkan terlebih dahulu file yang akan diperkecil ukurannya.
  • Kemudian, buka situs website ilovepng yang menyediakan fitur memperkecil ukuran pdf.
  • Klik select pdf file untuk mengupload file yang telah anda siapkan sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat dan klik compress pdf untuk mulai memperkecil ukurannya.
  • Setelah proses selesai, silahkan klik download compressed pdf untuk menyimpan file tersebut.
  • Done, sekarang lihat perbandingannya, semoga berhasil.

Compress pdf

Informasi Tambahan

Tutorial ini sepenuhnya aman dan tidak merusak kualitas dokumen pdf yang anda miliki. Selain itu ketika menambah gambar pada file pdf, saya sarankan untuk memperkecil ukuran fotonya terlebih dahulu. Hal ini saya sarankan karena gambar yang dimasukkan memberi pengaruh yang cukup besar pada ukuran file dokumen pdf.

Penutup

Akhir kata, demikianlah tutorial singkat yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai cara memperkecil ukuran pdf, saya harap artikel ini dapat membawa manfaat dan bisa anda pahami dengan baik. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *