Cara Mudah Memperkecil Ukuran File Foto Secara Online

1 min read

Cara memperkecil ukuran file foto

Foto merupakan gambar diam tidak bergerak yang berfungsi sebagai media dokumentasi terhadap object atau keadaan tertentu, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara memperkecil ukuran foto atau gambar secara online yang dapat anda terapkan dengan mudah.

Baca juga : cara memberi warna foto hitam putih secara otomatis

Seperti yang telah kita tau bahwa file foto yang dihasilkan oleh kamera modern saat memiliki ukuran yang besar, namun hal ini juga tergantung dari kualitas kamera yang digunakan.

Ukuran file foto yang besar seringkali menjadi permasalahan bagi setiap orang, seperti memakan ruang penyimpanan, loading yang lambat ketika membuka file di perangkat spesifikasi rendah dan lainnya.

Tak perlu panik anda dapat menggunakan cara memperkecil file foto atau gambar secara online dan gratis yang mendukung format JPG ataupun PNG, seperti apa tutorialnya? simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Cara memperkecil ukuran file foto

  • Pertama siapkan file foto terlebih dahulu, bisa png atau jpg.
  • Kemudian buka tinypng.com melalui google chrome atau peramban lainnya.
  • Klik upload file untuk memasukkan file foto (max 20 foto sekali upload).
  • Tunggu beberapa detik dan klik download untuk mengunduh file.
  • Selesai, silahkan cek kembali ukuran sebelum dan sesudah dikompress.

Memperkecil ukuran file foto

Informasi tambahan

Untuk menggunakan layanan tinypng ini anda hanya bisa maksimal mengupload gambar hingga ukuran 5mb untuk satu file dan max 20 gambar untuk sekali upload, jadi manfaatkan dengan baik layanan gratis ini.

Untuk mengecilkan ukuran file foto selain menggunakan tutorial ini anda juga dapat melakukan konversi format gambar dari png ke jpg, hal ini cukup ampuh dalam memperkecil ukuran file foto yang anda inginkan. Perlu anda ketahui juga bahwa efek samping mengecilkan file foto yaitu resolusi menjadi sedikit rendah dan mungkin terlihat sedikit buram dibanding sebelumnya.

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai cara mudah memperkecil ukuran file foto secara online dan gratis, semoga tutorial ini dapat berguna dan menambah wawasan bagi anda para pembaca. Cukup sekian dari saya dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *