Pengertian Proxy Server: Manfaat, Fungsi dan Jenisnya

1 min read

Apa itu proxy server?

Bagi sebagian orang mungkin tampak asing dan tidak mengetahui mengenai pengertian proxy server, namun bagi anda yang berprofesi sebagai teknisi jaringan komputer pasti telah memahami hal ini.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar proxy server, mulai dari pengertian proxy server, manfaat, fungsi hingga jenis jenis proxy server yang perlu untuk anda ketahui, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Proxy Server

Proxy server ialah program dalam komputer server yang berperan sebagai request data dan jalur perantara antar perangkat client, contoh request data yang dimaksud yaitu seperti mengakses berkas yang tersimpan, mengelola koneksi internet, sambungan website dan sumber daya lainnya.

Proxy server juga dikenal dengan istilah peladen proxy yang memiliki cara kerja untuk menghubungkan perangkat komputer ke internet dan memberikan akses internet pada program komputer seperti browser, aplikasi dan perangkat lunak lainnya. Proxy server juga mampu berkomunikasi secara berkala dengan berbagai server yang diperlukan saat terhubung ke internet.

Umumnya penggunaan proxy server ditujukan untuk mengamankan jaringan internet ketika pengguna hendak menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet publik, sehingga fitur proxy server seringkali digunakan pada program jenis aplikasi server yang memerlukan keamanan tingkat tinggi. Diantaranta seperti web server, server FTP, client FTP dan sebagainya.

Manfaat Proxy Server

  1. Menghemat bandwith
  2. Mempercepat akses jaringan internet
  3. Meningkatkan performa internet
  4. Dapat dikonfigurasi untuk memblokir website
  5. Memiliki keamanan jaringan yang tinggi

Fungsi Proxy Server

  1. Caching, berfungsi sebagai penyimpanan data sementara saat pengguna menghubungkan ke internet atau menjalankan program yang memerlukan sambungan internet.
  2. Connection sharing, berfungsi sebagai perantara ketika pengguna melakukan pengembilan data ke alamat ip tujuan.
  3. Filtering, berfungsi untuk menutup akses website (memblokir) terhadap jaringan yang digunakan.

Jenis-jenis Proxy Server

  1. High Anonymity Proxy
  2. Transparent Proxy
  3. Reverse Proxy
  4. Anonymous Proxy

Kegunaan Proxy Server

  1. Membuka alamat website yang diblokir oleh isp (internet service provider).
  2. Meningkatkan keamanan data saat terhubung ke jaringan internet.
  3. Menyembunyikan alamat ip asli pengguna.
  4. Dapat memfilter website yang diperlukan ketika berselancar.
  5. Mencegah tindakan pencurian data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
  6. Privasi yang lebih terjaga.

Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai proxy server, mulai dari pengertian proxy server, manfaat proxy server, fungsi proxy server, kegunaan dan jenis jenis proxy server.

Semoga penjelasan diatas tadi dapat membawa segudang manfaat dan menambah wawasan anda, cukup sekian dari saya dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website mas dzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *