Cara Mudah Memperbaiki Partisi Harddisk Yang Hilang

1 min read

Cara memperbaiki partisi harddisk hilang

Harddisk merupakan salah satu komponen penting pada komputer yang berperan sebagai penyimpanan data permanen terhadap berbagai file dan sistem operasi, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial mengenai cara memperbaiki partisi harddisk yang hilang yang dapat anda praktekkan dengan mudah.

Baca juga : pengertian proxy server, manfaat, fungsi dan jenisnya

Keberadaan komponen harddisk sangatlah penting, tanpa adanya komponen ini perangkat komputer tidak dapat menyimpan data dan menjalankan sistem operasi yang terinstall.

Umumnya, partisi harddisk yang hilang memiliki format RAW yang bermakna partisi tidak dapat digunakan untuk menyimpan data dan file lainnya, permasalahan ini disebabkan karena kegagalan sistem operasi dalam mengelola sistem penyimpanan harddisk.

Error pada partisi harddisk ini pernah saya alami pada windows 10 ketika selesai melakukan proses install ulang dan dapat diatasi dengan mudah tanpa memerlukan software tambahan dan dapat diterapkan pada sistem operasi windows 7, 8 dan 10.

Cara memperbaiki partisi harddisk yang hilang

Tak perlu panik dan risau anda dapat mempraktekkan tutorial ini dengan mudah, berikut dibawah ini merupakan cara mengatasi partisi harddisk hilang pada sistem operasi windows.

1.  Pertama buka terlebih dahulu disk management menggunakan fitur search windows di pojok kiri bawah dengan menggunakan kata kunci disk management ataupun create and format hard disk partitions, lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.

Create and format hard disk partitions

2. Setelah masuk ke disk management akan nampak partisi harddisk yang hilang (RAW) seperti gambar dibawah ini.

Disk management

3. Lalu pada bagian bawah akan muncul bagian format RAW tersebut, langsung saja klik kanan dan pilih shrink volume.

Disk management shrink volume

4. Kemudian langsung saja klik shrink untuk meneruskan, pada tahap ini anda juga bisa mengatur ukuran MB yang akan digunakan, jika masih ragu atau belum memahami hal tersebut bisa langsung klik tombol shrink.

Shrink harddisk

5. Langsung saja klik tombol yes untuk meneruskan, tak perlu panik ini sepenuhnya aman.

Disk management shrink harddisk

6. Nah langkah selanjutnya ialah klik kanan partisi RAW tersebut dan pilih new simple untuk melanjutkan.

New simple volume

7. Lalu klik tombol next untuk meneruskan ke langkah selanjutnya.

New simple volume wizard

8. Pada langkah ini kamu dapat mengatur besar penyimpanan partisi yang digunakan, jika ingin menggunakan semua ukuran yang tersedia, langsung saja anda klik tombol next untuk melanjutkan.

Specify volume size

9. Silahkan atur huruf yang akan anda gunakan pada partisi tersebut, seperti D, G, F dan sebagainya, kemudian klik tombol next untuk ke tahap selanjutnya.

Assign drive letter or path

10. Nah pada tahap ini anda dapat memilih format partisi dan nama label sesuai selera, saran saya pilih NTFS saja karena cocok digunakan untuk menyimpan satuan file ukuran besar, kemudian klik tombol next untuk melanjutkan.

New simple volume wizard format partition

11. Langkah terakhir ialah klik tombol finish untuk menyelesaikan.

Completing the new simple volume wizard

12. Silahkan cek lagi pada bagian disk management dan file explorer anda, partisi yang sebelumnya hilang kini telah muncul kembali.

Disk management preview

Penutup

Nah itu tadi merupakan cara memperbaiki partisi hardisk yang hilang pada sistem operasi windows, semoga tutorial ini dapat berguna dan membawa manfaat bagi anda para pembaca.

Sekian dari saya dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website mas dzikry, sampai jumpa pada pembahasan lainnya, apabila masih kurang jelas bisa berkomentar melalui artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *