7 Fungsi Perangkat Lunak bagi Pengguna beserta Contohnya

2 min read

Fungsi perangkat lunak

Dalam sebuah sistem komputer, perangkat lunak memiliki peranan penting. Perangkat lunak sendiri merupakan kumpulan data elektronik yang dapat dikendalikan menggunakan perangkat komputer. Fungsi perangkat lunak berbeda-beda dan beragam. Sehingga penggunaannya harus memiliki banyak perangkat lunak untuk mengerjakan tugas yang berbeda.

Baca juga : tujuan dan fungsi presentasi video

Dalam penggunaannya, perangkat lunak harus dipasang terlebih dahulu ke sistem komputer. Setelah itu baru bisa digunakan oleh pengguna sesuai dengan fungsi yang dimiliki. Lalu apa saja sih fungsi perangkat lunak dalam kehidupan sehari-hari ? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Fungsi Perangkat Lunak beserta Contohnya

Setiap perangkat lunak hanya dapat digunakan sesuai fungsi utamanya. Dengan membaca artikel ini, akan diketahui fungsi perangkat lunak serta contoh-contohnya.

1. Pengelolaan Kata

Perangkat lunak ini berfungsi untuk membantu penggunanya dalam menyusun berbagai dokumen. Perannya sangat penting baik dalam penyusunan, pemformatan maupun penyuntingan. Pada umumnya, perangkat lunak pengolah kata digunakan untuk membuat sebuah proposal, surat lamaran, naskah film atau yang lainnya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft word

Dalam penyusunan dokumen tersebut, pengguna harus mengetik dengan manual setiap kata yang diperlukan. Berbagai fitur tersedia di dalamnya berupa jenis huruf, ukuran, tabel dan masih banyak lagi. Dengan begitu, dokumen yang dihasilkan akan lebih rapi. Contoh perangkat lunak pengolah kata diantaranya, Microsoft Word, WordStar, WordPerfect, KWord dan masih banyak yang lain.

2. Pengelolaan Angka

Pada umumnya, perangkat pengolah angka banyak digunakan oleh kalangan akuntansi. Namun tidak menutup kemungkinan digunakan juga oleh data analisis atau siapapun yang berhubungan dengan data angka. Karena pada dasarnya, fungsi perangkat lunak ini untuk memudahkan dalam mengelola kata dalam jumlah sedikit maupun banyak.

Pengguna akan lebih mudah dalam membuat grafik, menggunakan rumus untuk penjumlahan lebih cepat, mengelola database dan masih banyak lagi. Contoh perangkat lunak komputer pengolah angka diantaranya Microsoft Excel, OpenOffice Calc, StarOffice Calc dan yang lainnya.

3. Web Browser

Pada umumnya, perangkat lunak ini bisa digunakan secara gratis dengan mengunduh langsung di website resminya. Fungsi utamanya yakni untuk mengakses situs-situs yang ada di internet seperti YouTube, Facebook, portal berita, blog dan masih banyak lagi. Dikalangan programmer misalnya, web browser ini seringkali digunakan untuk mengetes script website yang sedang mereka buat.  Jadi bisa dipastikan, perangkat lunak ini tidak hanya bisa digunakan saat online saja.

Cara kerja perangkat lunak yaitu untuk menghubungkan pengguna dengan server website yang kemudian menampilkan data yang dicari. Google Chrome, Opera, Microsoft Edge, Mozilla Firefox contoh perangkat lunak web browser.

4. Sebagai Sistem Operasi

Sistem operasi bisa disebut sebagai dasar dari perangkat lunak lainnya. Sebuah komputer juga harus memiliki sistem operasi terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Fungsi perangkat lunak ini untuk mengontrol perangkat keras yang ada di dalam komputer. Serta menjalankan perangkat lunak lain seperti pengolah kata, pengolah video dan sebagainya.

Sistem operasi dibedakan menjadi dua jenis yakni berbayar (close source) seperti Windows, Mac OS dan gratis (open source) seperti Linux.

5. Pengolah Gambar

Perangkat lunak pengolah gambar merupakan software yang difungsikan untuk mengolah gambar maupun pembuatan suatu desain. Software ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang bekerja sebagai desain grafis. Mereka dapat dipermudah dalam pembuatan logo, banner, poster, undangan, karikatur dan sebagainya.

Untuk menggunakan perangkat lunak ini, pengguna harus membeli hak aksesnya terlebih dahulu. Ada juga versi yang gratis, namun dari segi fitur masih kalah dibandingkan software berbayar. Ada beberapa software pengolah gambar yang saat ini populer, seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Inkscape dan masih banyak yang lain.

6. Pengolah Video

Di era digital seperti sekarang ini, perangkat lunak pengolah video mulai banyak digunakan. Berbagai hal bisa dilakukan mulai dari membuat video promosi, animasi, video pernikahan, film dan sebagainya. Dengan software ini, pengguna juga bisa mengubah kumpulan foto menjadi sebuah video. Nantinya, pengguna bisa menambahkan suara maupun efek-efek yang akan meningkatkan kualitas video.

Saat ini tersedia berbagai software untuk mengolah satu atau lebih video mulai dari Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro dan masih banyak lagi. Banyak juga software gratis yang bisa didownload secara langsung.

7. Sebagai Media Presentasi

Perangkat lunak presentasi ini merupakan software yang digunakan untuk membuat dan menampilkan materi presentasi atau gagasan dalam bentuk slide. Dengan bantuan software ini, pengguna bisa menambahkan foto, infografis ataupun suara yang akan membuat presentasi lebih menarik.

Macam-macam perangkat lunak aplikasi presentasi saat ini telah digunakan oleh banyak pengguna, termasuk Powerpoint, Visme, Slidedog, LibreOffice dan lainnya.

Penutup

Demikian informasi mengenai fungsi perangkat lunak beserta contoh-contohnya. Dengan artikel ini diharapkan akan menambah wawasan Anda mengenai fungsi serta jenis-jenis perangkat lunak atau software yang ada saat ini, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *