Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Peluang Usaha Digital Masa Kini yang Bisa Anda Coba

2 min read

Peluang Usaha Digital Masa Kini

Membangun usaha digital bisa menjadi bisnis yang menggiurkan mengingat sekarang sudah eranya semua orang menggunakan smartphone dan internet. Maka manfaatkan momentum ini bukan hanya sebagai konsumen namun juga menjadi pelaku usaha. Ketahui peluang usaha digital yang patut dicoba khususnya untuk pemula.

Baca juga : cara mendapatkan backlink secara gratis pada website

Meskipun terkesan mudah, membangun usaha digital memiliki tantangan tersendiri. Bangun ide bisnis yang dapat menyelesaikan masalah masyarakat sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan target market. Sebelum menentukan bisnis apa yang akan digeluti, lakukan riset yang mendalam terlebih dahulu.

Pengertian Bisnis Digital

Sesuai namanya, bisnis digital merupakan suatu jenis bisnis di bidang jasa yang memanfaatkan teknologi dan internet untuk membuat suatu produk dan memasarkannya kepada masyarakat. Bisnis digital tidak hanya dalam bentuk penjualan produk fisik saja, namun juga dalam bentuk digital elektronik.

Semua jenis usaha yang produknya dijual secara online baik melalui marketplace, website, maupun media sosial juga termasuk ke dalam bisnis digital. Bangun bisnis yang sekiranya Anda memiliki kemampuan di bidang itu sehingga lebih bisa menguasai produk dengan baik.

Contoh Peluang Usaha Bisnis Digital

Bagi yang bingung akan mulai dari mana untuk membangun bisnis digital, maka bisa dengan melihat beberapa referensi berikut ini. Jika ada yang cocok maka bisa mencoba untuk terjun di bidang tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bisnis Afiliasi

Jenis bisnis ini sedang banyak digandrungi karena mudah dan praktis serta tidak membutuhkan modal banyak untuk memulainya. Anda hanya perlu memasarkan barang milik orang lain lalu mendapatkan imbalan komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Cara kerja bisa dengan mendaftar pada sebuah program afiliasi lalu mendapatkan tautan khusus atau kode referral untuk dibagikan atau bisa juga dengan memanfaatkan media sosial dan website.

Selain itu, bisa juga dengan mendaftar ke suatu program afiliasi lalu jika ada yang membeli produk dari tautan link yang Anda berikan maka akan mendapatkan imbalan komisi.

2. Membuat Toko Online

Toko online merupakan sebuah platform atau website yang menjadi sarana transaksi untuk membeli produk secara online. Potensi bisnis e-commerce pun cukup besar karena saat ini trend orang berbelanja secara online sudah semakin meningkat sehingga Anda bisa memanfaatkan peluang ini.

Baca juga : contoh peluang usaha produk pangan

Meskipun tidak bisa langsung besar seperti Tokopedia, Shopeed, BliBli, dan lainnya, Anda bisa memulainya dari 0 untuk membangun branding agar mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Tunjukkan kemudahan dan keunggulan dari platform digital yang dibuat untuk memudahkan konsumen berbelanja.

3. Bisnis Dropship/Marketer

Jika belum memiliki modal cukup untuk membeli produk atau barang, maka Anda bisa memulainya dengan menjadi dropshipper atau marketer terlebih dahulu. Dropship merupakan bisnis yang memungkinkan pelakunya untuk menjual barang tanpa harus menyetok produk.

Anda hanya perlu mempromosikannya melalui media sosial atau media lainnya lalu jika ada yang membeli atau memesan pihak produsen yang akan langsung mengurus pengiriman. Profit bisa ditentukan sendiri atau berdasarkan komisi yang telah ditentukan oleh produsen atau pemilik produk.

4. Menjadi Youtuber

Penghasilan Youtuber yang begitu besar jika sudah sukses memang sangat menggiurkan. Tak heran jika banyak yang mulai terjun di dunia Youtube termasuk artis dan public figure. Bagi pemula, mengelola konten mungkin bukan hal yang mudah apalagi untuk mendapatkan jam tayang banyak.

Namun, selama Anda berusaha maka tidak ada yang tidak mungkin. Mulailah berbagi konten keseharian atau vlog. Bisa juga dengan berbagi informasi sesuatu yang dikuasai seperti resep makanan, fashion, mukbang, travelling, dan masih banyak lagi topik lainnya.

5. Membuat Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile kini semakin beragam dan sangat memudahkan aktivitas sehari-hari masyarakat. Apalagi jumlah pengguna smartphone diperkirakan akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Jika Anda memiliki keahlian untuk membuat aplikasi, maka ini bisa menjadi ladang bisnis.

Baca juga : contoh bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial

Buatlah aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah masyarakat. Jika memang menarik, maka bisa menjualnya ke Android atau Apple agar bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store. Pelajari potensi pasar dengan baik, cari tahu target market yang tepat, dan mulai kerjakan bisnis ini.

6. Jasa Pembuatan Website

Website menjadi salah satu aspek penting di dunia digital. Hampir semua bisnis online profesional memiliki website. Bahkan konten blogger pun juga membutuhkan platform ini untuk memposting tulisan yang dibuatnya. Maka Anda bisa membuka jasa pembuatan website jika memiliki keahlian di bidang ini.

Potensi pasar untuk jasa pembuatan website cukup bagus karena kebutuhannya semakin meningkat baik untuk individu, pemerintah, maupun swasta. Manfaatkan berbagai platform seperti freelancer untuk mempromosikan jasa Anda agar bisa mendapatkan proyek pekerjaan.

7. Mengajar Online

Mengajar secara online kini tengah menjadi tren baru apalagi semenjak pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk banyak di rumah. Apalagi sudah didukung dengan berbagai platform yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengajar online.

Jika memiliki keahlian di bidang mengajar, maka bisnis ini patut dicoba dan bisa menjadi peluang bagus. Anda akan sangat mungkin untuk mendapatkan klien dari luar negeri atau bisa juga dengan membuat platform aplikasi untuk mengajar online.

Penutup

Dari berbagai peluang usaha digital di atas, pilih jenis usaha yang sekiranya sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan lupa untuk melakukan riset akan kebutuhan pasar.

Baca juga : contoh kreatif dalam kewirausahaan masa kini

Akhir kata, demikianlah pembahasan bisnis masa kini yang bisa Anda coba dengan mudah dan efektif. Semoga pembahasan ini membawa manfaat dan terimakasih telah membaca hingga selesai, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.