Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Tips Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi secara Gratis

2 min read

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

Backlink menjadi salah satu aspek penting yang dapat membantu untuk meningkatkan traffic view suatu website di mesin pencari seperti Google. Bagi para pengelola website tentu penting untuk mengetahui cara mendapatkan backlink berkualitas apalagi yang bisa diperoleh secara gratis.

Baca juga : jasa content placement backlink dofollow premium

Konsep backlink memang bukan hal yang mudah, namun juga tidak sulit untuk dipelajari. Karena terkadang ada aturan dan kebijakan dari Google sehingga gerak-gerik pemilik website menjadi terbatas. Apalagi jika dinilai merugikan banyak orang mengingat algoritma Google selalu berubah dan semakin canggih.

Pengertian Backlink

Sebelum memahami bagaimana cara mendapatkan backlink, maka penting untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dari backlink itu sendiri. Backlink pada dasarnya merupakan tautan link yang disematkan pada sebuah konten artikel untuk diarahkan pada halaman website lainnya.

Backlink biasanya dimanfaatkan sebagai rujukan sehingga pengguna lebih mudah untuk mengoptimasi website agar situs tersebut menjadi lebih banyak pengunjungnya dan populer di mesin pencari. Ada dua jenis backlink yang biasanya digunakan yakni dofollow dan nofollow.

Jenis backlink dofollow menjadi yang lebih banyak diminati karena memiliki efek yang signifikan di mesin pencari jika dibandingkan dengan nofollow. Kebutuhan backlink semakin berkembang pesat untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) pada sebuah website.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Backlink sebenarnya bisa didapatkan baik secara gratis maupun berbayar. Untuk pemilik website pemula yang memiliki dana terbatas, maka bisa memanfaatkan cara gratisan seperti social bookmarking, guest post, atau peletakan backlink profile.

Berikut ini tips cara memperoleh backlink berkualitas dengan mudah dan gratis yang bisa Anda ikuti, di antaranya yaitu:

1. Menulis Konten yang Menarik, Unik, dan Berkualitas

Persaingan konten website untuk meraih halaman pertama Google semakin ketat apalagi media besar dan ternama sudah banyak yang menyediakan berbagai niche konten. Agar konten yang dibuat disukai pembaca dan mendatangkan traffic, maka penting untuk menulis konten yang menarik, unik, dan berkualitas.

Fokuslah untuk mencari ide baru dalam membuat tulisan agar tidak sekedar copy paste artikel dari website lainnya. Jika memang artikel yang Anda tulis berkualitas, maka bukan tidak mungkin nantinya akan menjadi rujukan situs authority yang memberikan backlink berkualitas seperti Wikipedia.

2. Tulis Konten atau Informasi yang Sedang Banyak Dicari Pengguna Internet

Riset konten menjadi salah satu aspek yang paling penting dilakukan sebelum membuat konten. Sehingga Anda bisa mengetahui topik atau informasi apa saja yang sering dicari pengguna internet pada satu waktu tertentu. Carilah topik bahasan yang  memang banyak dibutuhkan melalui tools seperti Google Trends.

3. Bangun Relasi Pertemanan

Bergabunglah dengan komunitas blogger untuk membangun relasi sehingga Anda memiliki wadah untuk saling bertukar informasi terkait backlink. Semakin banyak teman yang mendukung di dunia blogging, maka nantinya bukan tidak mungkin sesama anggota akan saling bekerja sama untuk bertukar link.

4. Menggunakan Tools

Saat ini sudah tersedia banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk membantu proses pencarian backlink. Contohnya seperti Majestic, MOZ, atau Ahrefs yang dapat menampilkan data backlink dari website milik kompetitor.

Baca juga : jasa riset keyword untuk kebutuhan SEO website

Melalui informasi data tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai target untuk membuat link building agar lebih optimal. Namun, untuk menggunakan tools di atas harus berlangganan an mengeluarkan investasi uang yang harganya lumayan.

5. Blogwalking ke Website yang Topiknya Sama

Aktivitas ini sebenarnya sudah mulai ditinggalkan karena kurang powerfull dan membutuhkan waktu banyak sehingga cukup merepotkan. Namun, jika blogwalking dilakukan pada website atau blog yang topik bahasannya sama, maka akan lebih bagus efeknya.

Blogwalking secara manual memang memakan waktu. Bagi Anda yang tidak ingin capek-capek melakukan car aini, maka bisa memanfaatkan penyedia layanan marketplace yang menjual berbagai macam backlink sesuai kebutuhan.

6. Guest Blogging

Cara ini bisa dilakukan dengan menuliskan artikel dan menerbitkannya di blog atau website milik orang lain. Anda harus menyematkan link untuk menuju blog atau website milik sendiri agar pembaca mengunjungi website melalui link tersebut.

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan traffic view suatu website asalkan memilih situs yang tepat untuk menempatkan artikel yang mengandung backlink. Pilih blog atau website yang memang sudah memiliki kredibilitas tinggi dan trafiknya juga bagus sehingga website Anda akan kecipratan banyak pengunjung.

7. Memanfaatkan Content Sharing Platform

Membagikan artikel yang ditulis bisa melalui media sosial baik Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lainnya agar mendatangkan trafik tinggi. Namun, selain membagikannya melalui media sosial, Anda juga perlu membagikannya di content sharing platform.

Contohnya seperti Hipwee, Medium, Kompasiana, Kaskus, VIVA Blog, SlideShare, dan Reddit. Anda bisa menuliskan artikel dengan topik yang dibahas lalu sematkan link yang diinginkan. Sehingga dari konten tersebut pemilik website akan mendapatkan backlink yang sifatnya nofollow.

8. Buat Infografik Menarik

Saatini orang-orang cenderung lebih menyukai membaca informasi yang disertai infografik dibandingkan dengan paragraf panjang karena melelahkan.

Sehingga Anda perlu membuat infografik yang menarik agar orang-orang tertarik untuk membaca artikel tersebut. Tentu seiring berjalannya waktu, trafik pengunjung pada website pun menjadi tinggi jika banyak yang direkomendasikan oleh pembaca.

Penutup

Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas di atas sesuai kebutuhan. Jika ingin lebih cepat, maka bisa dengan cara berbayar. Salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan backlink media nasional.

Baca juga : jasa install tema wordpress original dan lifetime

Akhir kata demikianlah pembahasan singkat seputar beberapa tips cara backlink di website Anda secara gratis dan organik. Semoga bermanfaat, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.