Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Rekomendasi Peluang Usaha Produk Pangan Masa Kini

2 min read

Rekomendasi Peluang Usaha Produk Pangan

Sandang, pangan, dan papan adalah kebutuhan primer manusia, sehingga akan selalu dibutuhkan. Peluang usaha produk pangan pun termasuk tinggi karena setiap hari manusia butuh makan agar dapat bertahan hidup. Modalnya pun cenderung terjangkau sehingga sangat cocok untuk memulai bisnis.

Baca juga : rekomendasi bisnis tanpa modal untuk pelajar

Selain itu, bisnis di bidang kuliner atau pangan kini sedang tren dan banyak peminat. Para pebisnis di bidang ini memiliki peluang untuk mendapatkan profit atau keuntungan dalam jumlah besar. Peluang usaha ini juga akan terus bertahan dan tidak akan mati karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia.

Kelebihan Usaha Produk Pangan

Bagi yang sedang ingin memulai usaha namun bingung mau mulai dari mana, maka usaha produk pangan bisa menjadi pilihan tepat. Berikut beberapa alasan mengapa peluang usaha di bidang ini memiliki prospek tinggi, di antaranya:

1. Membutuhkan Modal yang Terjangkau

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha di bidang pangan cenderung lebih terjangkau. Anda pun tidak harus mengeluarkan modal banyak untuk memulai usaha ini dan bahkan bisa memulainya dari nol.

Modal untuk memulai usaha pangan tidak harus sampai jutaan rupiah dan di bawah Rp100.000,00 pun sudah bisa membuka peluang usaha ini. Selama ada niat dan tekad untuk menjalankannya, maka profit yang didapatkan bisa digunakan untuk mengembangkan usaha dan memperluas pasar.

2. Bisnis yang Tidak Akan Mati

Ada beberapa jenis bisnis tertentu yang lama-kelamaan akan mati karena tergerus perkembangan zaman. Contohnya seperti wartel atau warnet yang dulu banyak digunakan, kini setiap orang sudah memiliki akses internet melalui smartphone masing-masing.

Selama manusia masih makan, maka bisnis di bidang pangan tidak akan pernah mati karena makan adalah kebutuhan pokok dan manusia butuh makan agar dapat bertahan hidup. Namun, pesaing di bidang usaha ini juga cukup banyak sehingga Anda harus kreatif dan inovatif agar mampu bersaing dengan kompetitor.

3. Tidak Harus Menyewa Tempat yang Mahal

Salah satu kendala orang enggan untuk memulai usaha adalah karena modal sewa tempat yang biasanya sangat tinggi. Tak perlu khawatir karena untuk memulai bisnis ini, Anda tidak harus menyewa tempat. Manfaatkan rumah sendiri untuk memproduksi makanan dan bisa menjualnya secara berkeliling.

Baca juga : cara membangun bisnis ala orang jepang

Apalagi teknologi sekarang semakin mudah dan sudah banyak aplikasi untuk delivery order yang bisa Anda manfaatkan. Cukup mempostingnya secara online dan jika ada yang tertarik mereka akan langsung datang ke tempat atau bisa diantar oleh penjual.

4. Strategi Pemasaran Mudah

Salah satu jenis bisnis yang strategi pemasarannya mudah adalah kuliner. Terlebih lagi saat ini sudah tersedia media online untuk mempromosikan produk. Anda hanya perlu memposting foto produk di media online dan jika ada yang tertarik maka pembeli pun akan melakukan transaksi.

Jika Anda mampu mempertahankan cita rasa dari makanan yang dibuat, maka pembeli pun akan melakukan repeat order secara terus-menerus.

5. Keuntungan Besar

Profit yang didapatkan dengan menjual makanan cenderung besar dan bahkan bisa 50% lebih untuk satu produk makanan. Tak heran jika banyak yang tergiur untuk memulai usaha ini. Keuntungannya bahkan bisa dua kali lipat lebih dari modal yang dikeluarkan.

Rekomendasi Peluang Usaha Produk Pangan

Jika mental, niat, dan modal sudah siap untuk memulai usaha di bidang pangan, terkadang masih bingung jenis usaha apa yang mau dipilih. Berikut ini beberapa ide peluang usaha produk pangan yang bisa menjadi pertimbangan, di antaranya:

1. Keripik

Ngemil menjadi salah satu hobi yang banyak disukai orang-orang. Makanan keripik bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Apalagi jenis produk ini juga cenderung lebih awet dan tahan lama sehingga tidak terlalu sulit untuk menjualnya karena tidak mudah basi.

Contoh keripik yang bisa Anda jual seperti keripik pisang, singkong, ubi ungu, dan lainnya yang dijual dalam berbagai varian rasa. Semakin bervariasi rasa dari produk yang dibuat, maka semakin tertarik orang-orang untuk membelinya.

2. Gorengan

Gorengan termasuk salah satu jenis usaha di bidang makanan yang patut dilirik. Pasalnya selain modal murah, lidah orang Indonesia juga banyak yang menyukai gorengan. Anda bisa menjualnya di depan rumah, menyewa ruko, atau dengan berkeliling.

Baca juga : contoh bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial

Berbagai jenis gorengan yang bisa dijual seperti pisang goreng, tahu goreng, tempe mendoan goreng, bakwan, cireng, dan masih banyak lagi. Buat cita rasa yang khas agar orang-orang suka dengan produk Anda sehingga mereka melakukan repeat order pembelian.

3. Kopi Susu

Usaha coffee shop memang tengah ngetren di banyak kalangan. Namun, jika belum memiliki tempat atau lokais untuk membangun kafe, Anda bisa mulai menjualnya secara online dan bekerja sama dengan berbagai aplikasi delivery order.

Buat inovasi produk dari rasa maupun kemasan agar memiliki ciri khas sehingga orang-orang suka dengan produk tersebut dan akan terus melakukan repeat order.

4. Mie Ayam dan Bakso

Kedua jenis makanan ini termasuk yang banyak difavoritkan oleh orang-orang. Selain cita rasanya lezat, mengkonsumsi mie ayam dan bakso juga menimbulkan rasa segar dan puas. Anda bisa memulai usaha ini di depan rumah atau menjualnya dengan gerobak keliling.

Pada dasarnya masih banyak peluang usaha produk pangan lainnya mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang patut Anda coba. Jadi, manfaatkan waktu luang Anda untuk memulai bisnis makanan dengan hasil yang maksimal. Semoga berhasil, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.