Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Bisnis Tanpa Modal untuk Pelajar Masa Kini

4 min read

Rekomendasi Bisnis Tanpa Modal untuk Pelajar

Kini, berbisnis tidak hanya kegiatan jual dan beli, ada banyak metode yang bisa dilakukan dalam memperoleh pendapatan tambahan. Bagi pelajar yang awam, mungkin akan kesulitan ketika terjun di dunia bisnis. Nah kali ini saya akan membahas seputar rekomendasi bisnis tanpa modal untuk pelajar masa kini.

Baca juga : pengertian dan manfaat diagram konteks

Seperti yang kita ketahui bersama, teknologi terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Kegiatan bisnis pun juga bisa dilakukan secara online, tentu saja ini akan semakin mempermudah bagi banyak orang khususnya pelajar untuk mempelajari cara kerja bisnis dengan mudah dan efektif.

Dalam hal ini, jika mampu menemukan formula dan teknik yang pas, bukan tidak mungkin seseorang mampu membangun bisnis dengan pendapatan yang tinggi. Agar tidak bingung, berikut dibawah ini adalah rekomendasi bisnis pelajar tanpa modal yang bisa Anda pelajari.

Rekomendasi Bisnis Tanpa Modal untuk Pelajar

Berikut dibawah ini beberapa pilihan bisnis masa kini bagi pelajar yang dapat Anda lakukan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Jasa Pembuatan Website

Rekomendasi pertama yaitu menyediakan jasa pembuatan website online. Seiring berkembangnya zaman, website semakin diperlukan oleh berbagai perusahaan dan instansi pemerintah, sehingga Anda harus benar-benar memanfaatkan hal ini.

Ada banyak media yang dapat Anda manfaatkan dalam membuat website tanpa harus bersusah payah mempelajari coding atau pemrograman, yaitu dengan menggunakan CMS wordpress self host. Akan tetapi, Anda perlu mempelajar dasar-dasar website online seperti domain dan hosting.

Jasa pembuatan website sendiri memiliki harga pasaran yang tidak sedikit, mulai dari 2 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah untuk satu kali pembuatannya. Ini juga tergantung dari fitur dan permintaan dari client yang menghubungi Anda.

Nah untuk memperoleh client, Anda bisa bergabung dengan platform khusus freelance online seperti fiverr.com, freelancer.com, group facebook dan sebagainya.

2. Content Creator

Content creator bisa menjadi opsi bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanpa modal, menjadi youtuber misalnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat konten menarik, serbaguna dan konsisten setiap harinya.

Selain konsisten, Anda perlu mempelajari bagaimana platform itu bekerja. Bila Anda terjun di content creator website alias sebagai penulis, Anda perlu mengetahui mekanisme agar tulisan dapat dilihat oleh banyak orang di internet.

Baca juga : kelebihan dan fungsi buku digital

Ini disebut dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang berfungsi untuk tampil di nomer pertama agar mempunyai banyak pengunjung di keyword tertentu, penggunaan SEO juga berlaku di platform manapun, baik itu youtube, google, tiktok dan sebagainya.

Lebih dari itu, pastikan content yang Anda buat merupakan karya unik, menarik dan membantu banyak orang. Tentu saja Anda akan memperoleh banyak views apabila banyak orang yang melihat karya Anda, hal ini disebabkan karena netizen tidak ragu untuk membagikan konten Anda ke sosial media miliknya.

3. Dropshipper

Bisnis tanpa modal untuk pelajar selanjutnya yaitu dropshipper. Bisnis dropshipper tidak habis termakan zaman, hal ini dikarenakan dropsipper sangat dibutuhkan sebagai penghubung antara produsen dan konsumen.

Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan cara mencari agen-agen tertentu yang menawarkan harga produk mereka dengan dibawah harga pasar. Anda bisa mencarinya di internet dengan menuliskan keyword tertentu, misalnya yaitu produsen kaos kaki, sepatu, peralatan elektronik dan sebagainya.

Ketika sudah menemukannya, Anda bisa langsung menjualnya melalui marketplace ternama, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Marketplace Facebook, Blibli dan lainnya.

Oh iya Anda juga mencari produsen dengan harga murah di berbagai marketplace tersebut dan bisa Anda jual kembali dengan harga pasarannya. Agar hasil maksimal, Anda bisa membagikan hasil dagangan dropshipper yang Anda jual ke sosial media secara gratis ke grup-grup facebook atau wa di kota Anda.

4. Jasa Desain Grafis

Di era serba online saat ini, penyedia jasa desain grafis banyak dibutuhkan banyak orang. Tentu, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan cara menyediakan berbagai jasa terkait desain grafis. Misalnya seperti membuat logo, editing gambar, video editing, fotografi dan sebagainya.

Nah jika Anda belum mengetahui sama sekali seputar desain grafis, saran saya Anda bisa langsung mempelajarinya di youtube secara gratis. Pada dasarnya, ada banyak sekali teknik desain grafis masa kini yang dapat Anda pelajari secara gratis melalui berbagai platform online.

Memang untuk menyediakan jasa desain grafis tidaklah mudah, Anda perlu mempelajari berbagai teknik dasar didalamnya. Akan tetapi, biasanya ada banyak paket bundle desain grafis yang bisa Anda jual kembali di internet, dalam hal ini Anda perlu mencarinya satu-persatu di situs yang menyediakan paket tersebut.

5. Ritel Online

Ritel atau toko online pribadi bisa menjadi opsi Anda dalam membuat bisnis pertama kali tanpa modal, Anda bisa mulai menjual berbagai barang bekas atau yang umumnya diperlukan masyarakat. Seperti kaos kaki, tas, baju, peralatan renang, mainan dan masih banyak lagi.

Untuk menjualnya, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform seperti aplikasi OLX, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya.

Baca juga : manfaat menulis blog online bagi pelajar

Lebih dari itu, Anda pun bisa membuat toko online sendiri menggunakan website secara gratis dengan memanfaatkan platform blogger.com, bila perlu pelajari juga berbagai teknik marketing online seperti iklan dan SEO untuk mempromosikan produk Anda ke masyarakat luas.

Dalam membuat ritel online, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya seperti jangan menjual obat-obatan terlarang, gunakan nama toko yang menarik, jual produk Anda dengan harga yang bersaing.

6. Penulis Website

Rekomendasi bisnis tanpa modal untuk pelajar selanjutnya yaitu menjadi penulis website atau writer. Mungkin tak banyak yang tau, banyak sekali owner website di internet yang membutuhkan banyak penulis dengan kualitas terbaik.

Dalam menjadi penulis website, Ada berbagai hal yang perlu Anda pelajari, seperti mempelajari tata cara menulis yang benar, menggunakan tulisan yang jelas dan mudah dimengerti, menerapkan kaidah SEO dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang masih pelajar, bisa memanfaatkan hal ini dengan menjadi penulis lepas di website tertentu. Untuk mencari client, Anda bisa langsung mencarinya di berbagi komunitas facebook seperti blogger Indonesia atau wordpress Indonesia.

Nah harga pasar yang ditawarkan pada profesi inipun cukup tinggi, yaitu antara 25.000 atau 40.000 setiap 1000 kata yang dibuat. Ini juga tergantung dari Anda sendiri, semakin bagus tulisan yang Anda buat, tentu saja Anda bisa menawarkan harga yang tinggi, 200.000 pertulisan dengan rincian 1000 kata misalnya.

7. Membuat Blog Online

Mungkin banyak orang meremehkan penghasilan blog online, padahal rata-rata pemilik blog online mempunyai perhasilan 200.000 perharinya. Namun ini juga tergantung kualitas blog yang dibuat.

Dalam membuat blog online pertama kali tentu membutuhkan kesabaran, disipin dan konsisten yang tinggi, misal minim harus membuat satu artikel perhari dengan kualitas yang jelas.

Nah bagi Anda yang merupakan pelajar ada berbagai hal yang diunggulkan dalam membuat blog. Salah satunya yaitu mempunyai banyak waktu luang. Nah untuk mengisi waktu luang ini, Anda bisa mulai membuat blog online yang nantinya mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh uang melalui blog, seperti melalui iklan, menyediakan jasa digital, menerima promosi berbayar dan masih banyak lagi. Anda bisa mempelajari dasar-dasarnya melalui category blog yang berisi berbagai ilmu seputar membuat blog online.

Kesimpulan

Bagi beberapa pelajar, lulus SMA atau SMK adalah masa-masa yang cukup sulit, mungkin kalian diharuskan bekerja dengan profesi yang tidak sesuai harapan. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, terus belajar dan persiapkan bekal masa depan sedini mungkin.

Baca juga : jasa riset keyword website untuk kebutuhan SEO

Bingung rasanya, apabila Anda lulus tidak mempunyai skill bekerja yang khusus, sehingga membuat bisnis tanpa modal bisa menjadi opsi untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Saran saya bagi Anda yang pelajar adalah jangan pernah menyia-nyiakan waktu dengan bermain game atau hal lain yang tidak jelas. Perbanyak membaca buku atau menambah wawasan agar nantinya tidak bingung mau bekerja kemana.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat seputar rekomendasi bisnis tanpa modal untuk pelajar yang bisa Anda lakukan di era serba modern saat ini.

Cukup sekian dan terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir. Semoga sukses dan informasi ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, see you next time.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.