8 Kelebihan dan Fungsi Buku Digital bagi Pengguna

2 min read

Fungsi buku digital

Di era modern ini fungsi buku digital sudah menggantikan media belajar konvensional. Seseorang tidak perlu lagi membawa berat buku atau mempersiapkan banyak ruang untuk mengoleksi buku kesukaan. Cukup dengan ponsel pintar saja seseorang dapat mengoleksi buku tanpa secara ringkas.

Baca juga : fungsi sistem informasi bagi perusahaan

Menurut kamus oxford buku digital merupakan buku yang sebelumnya dicetak menggunakan media konvensional. Setelah proses pencetakan tersebut buku kemudian di digitalkan agar dapat dibaca menggunakan berbagai perangkat pendukung. Sehingga lebih praktis untuk dibaca oleh setiap orang.

Fungsi Buku Digital secara Umum

Apabila berbicara mengenai fungsi buku digital maka akan sangat lebar sekali pembahasannya. Paling umum buku digital memiliki tiga fungsi yaitu sebagai sumber informasi, media pembelajaran, dan media bisnis. Ketiga fungsi tersebut merupakan yang paling umum dari sebuah buku digital, berikut ini penjelasannya.

1. Sebagai Sumber Informasi

Tidak jauh berbeda dari bentuknya yang masih konvensional sebuah buku digital tetap menjadi salah satu sarana menyebarkan informasi paling mudah. Dengan adanya format digital tersebut maka seseorang dapat melakukan aktivitas membaca dimana saja dan kapan saja.

Seiring dengan berkembangnya teknologi perangkat pendukung kehidupan maka popularitas dari buku digital sendiri juga semakin meningkat. Setiap orang dapat menyempatkan waktunya untuk membaca buku tanpa perlu repot membawa lembaran seperti pada masa lalu.

2. Sebagai Media Pembelajaran

Sebagai sebuah media pembelajaran memang buku digital masih belum terlalu populer di Indonesia. Namun dengan adanya buku digital ini persebaran materi pembelajaran menjadi semakin mudah. Seorang siswa tidak lagi perlu repot membawa buku setiap pergi sekolah.

Penggunaan buku digital sebagai media pembelajaran memang sudah didukung dengan kurikulum K13. Namun saat ini maksimalisasi fungsi buku digital masih belum optimal. Dengan bervariasinya kemampuan siswa optimasi penggunaan buku digital masih belum dapat dilakukan.

3. Sebagai Media Bisnis

Buku memang sebuah bisnis yang cukup menguntungkan bagi sebagian orang. Namun biaya cetak yang semakin mahal membuat bisnis ini semakin terancam. Dengan adanya buku digital biaya cetak tentunya dapat diminimalisir namun penyebarannya masih tetap dioptimalkan.

Selain itu terdapat banyak platform yang digunakan untuk mempromosikan maupun menjual buku digital. Orang tidak perlu lagi pergi ke toko buku untuk membeli buku bacaan. Tinggal beli secara digital menggunakan aplikasi dan buku sudah dapat terunduh pada perangkat.

Ketiga fungsi buku digital tersebut merupakan yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Dengan semakin berkembangnya teknologi tentunya potensi dari buku digital juga akan semakin luas. Oleh karena itu bersiaplah beralih ke buku digital karna media konvensional akan semakin menyulitkan.

Kelebihan Buku Digital

Kelebihan buku digital

Sebagai sebuah perkembangan teknologi tentunya buku digital memiliki berbagai macam kelebihan lain dibandingkan buku konvensional. Dengan konten yang sama, buku digital mampu menggantikan bentuk konvensional yang berat dan sulit untuk dibawa kemana-mana. Berikut ini beberapa kelebihannya secara umum, diantaranya yaitu :

1. Lebih Praktis Dibawa

Bentuknya yang digital dan mampu terintegrasi langsung pada gadget buku digital mampu dibawa kemana-mana tanpa menguras tempat. Jadi para pembaca hanya perlu satu perangkat saja untuk menyimpan ratusan bahkan ribuan buku sekaligus. Jauh lebih mudah dibandingkan cetakan konvensional.

2. Tidak Memerlukan Perawatan

Karena tidak memiliki bentuk fisik artinya buku digital tidak perlu perawatan intensif seperti buku cetak biasa. Pengguna bahkan dapat menyimpan buku dari cetakan berapa puluh tahun sebelumnya tanpa perlu khawatir kualitasnya akan berkurang seperti bentuk konvensional.

3. Ramah Lingkungan

Karena tidak membutuhkan kertas untuk mencetaknya jadi buku digital jauh lebih ramah lingkungan. Anda tidak perlu mengorbankan pohon lagi untuk dapat membaca sebuah dokumen. Jadi dalam jangka panjang penggunaan buku digital ini dapat dijadikan alternatif utama literasi.

4. Lebih Murah

Salah satu faktor yang membuat buku konvensional memiliki harga tinggi adalah biaya cetaknya. Apabila biaya cetak tersebut dapat ditekan maka harga dari buku juga akan ikut berkurang. Hal inilah yang membuat buku digital dapat dibeli dengan harga lebih murah.

5. Kemudahan dalam Mengganti Bahasa

Salah satu fitur yang membuat banyak orang menyukai buku digital adalah mudahnya proses translasi. Anda tidak perlu susah payah menerjemahkan sendiri karena dalam aplikasi tersebut sudah ada fitur translasi otomatis. Tentunya fitur ini tidak mengurangi fungsi buku digital sedikitpun.

Masih banyak lagi fungsi yang dapat anda rasakan secara langsung dengan menggunakan buku digital. Penggunaan media digital ini akan lebih memudahkan para pengguna untuk menambah literasi. Jadi setiap orang dapat membawa koleksi bacaan kesukaan tanpa perlu repot dengan media penyimpanan.

Penutup

Itulah tadi beberapa fungsi buku digital beserta kelebihannya dibandingkan buku cetak konvensional. Segera berpindah menggunakan buku digital untuk mempermudah proses belajar. Kapanpun dan dimanapun hasrat membaca timbul anda bisa langsung membuka gadget dan mulai membaca.

One Reply to “8 Kelebihan dan Fungsi Buku Digital bagi Pengguna”

  1. My brother suggested I may like this web site. He was entirely right. This put up actually made my day. You can not believe simply how so much time I had spent for this information! Thank you!| Dani Alister Lizbeth

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *