Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

16 Manfaat Menulis Blog bagi Pelajar yang Perlu Diketahui

1 min read

Manfaat Menulis Blog bagi Pelajar

Kini, teknologi terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Blog bisa dikatakan hadir karena perkembangan teknologi tersebut, nah di pembahasan ini saya akan membahas mengenai beberapa manfaat menulis blog bagi pelajar yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : mengenal apa itu SEO off page dan on page

Blog sendiri termasuk aktivitas menulis yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Untuk mulai menulis blog secara online, pengguna bisa menggunakan platform CMS (content management system) seperti blogspot.com atau wordpress.org yang dapat digunakan secara gratis.

Umumnya, penggunaan blog dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berbagi informasi dan media beriklan secara gratis di mesin penelusuran google menggunakan teknik SEO. Bagi Anda yang masih pelajar, juga bisa menulis di blog secara gratis sebagai media untuk belajar dan berbagi ilmu.

Bagaimana Cara Mulai Membuat Blog?

Sebagai langkah awal, Anda bisa mendaftar di platform blogger secara gratis di alamat blogger.com, kemudian daftarkan diri Anda dengan cara klik tombol sign ini di bagian pojok kanan atas dan gunakan akun google yang Anda miliki.

Setelah berhasil mendaftar di blogger, langkah selanjutnya yaitu membuat situs blog dengan cara klik opsi buat blog baru di bagian kiri atas. Lalu masukkan nama blog dan url sesuai keinginan Anda, contoh Dewa Tekno dan url dewatekno.blogspot.com/. Pilih tema default yang tersedia dan klik oke untuk melanjutkan.

Agar lebih professional, Anda bisa menggunakan tema premium dan mengatur navigasi untuk memudahkan pengunjung ketika mengunjungi blog tersebut. Untuk hal ini, Anda perlu belajar lebih dengan cara melihat panduan teknis yang tersedia di youtube secara gratis.

Manfaat Menulis Blog bagi Pelajar

Adapun beberapa manfaat ketika menulis di platform blogger bagi seorang pelajar yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

  1. Mengasah kemampuan menulis
  2. Berbagi pengetahuan
  3. Personal branding
  4. Sebagai portofolio online
  5. Membangun kepercayaan
  6. Mempromosikan produk secara online
  7. Meningkatkan bisnis
  8. Membangun relasi antar penulis
  9. Sebagai pendapatan pasif (dari iklan)
  10. Belajar hal-hal teknis
  11. Meningkatkan kemampuan SEO
  12. Menambah ilmu & wawasan
  13. Mengekspresikan berbagai ide dan pikiran
  14. Menggiring opini
  15. Menyampaikan pendapat
  16. Dapat berpartisipasi di berbagai kontes menulis online

Informasi Tambahan

Agar dapat menulis blog dengan lebih cepat dan optimal, saya sarankan menggunakan komputer atau laptop. Jika belum mempunyainya, Anda masih bisa mengakses blog menggunakan smartphone Android.

Baca juga : tips dasar cara menulis press release dengan baik

Kelemahan menggunakan blogger gratisan yaitu dari sisi domain yang terlihat kurang professional karena diakhiri dengan kalimat blogspot.com, ini tidak masalah bagi Anda yang masih awam mengenai dunia blog. Jika memiliki modal, Anda bisa membeli hosting serta domain dan beralih ke CMS wordpress.

Lomba Menulis Artikel di Blog by Shopee

Untuk mengasah kemampuan menulis secara professional, Anda bisa mengikuti kegiatan kontes menulis blog yang diselenggarakan oleh Shopee #NgeBlogDariRumah. Kontes blog Shopee terbagi dari dua babak, yaitu:

  • Babak pendaftaran: 2 Agustus – 3 September 2021
  • Babak penulisan: 10 – 24 September 2021

Yuk, segera daftarkan dirimu sebelum masa pendaftaran berakhir! Kalau kamu lolos ke babak penulisan, Shopee akan memilih tiga artikel terbaik dengan hadiah sebagai berikut:

  • Juara 1: Rp8.000.000
  • Juara 2: Rp6.000.000
  • Juara 3: Rp3.500.000

Tidak hanya tiga pemenang terbaik, lho! Ada juga hadiah lainnya untuk peserta dengan kategori:

  • Best Engagement (komentar dan share terbanyak): Rp2.500.000
  • 200 submission pertama: ShopeePay @50.000

Tertarik? Yuk, isi formulir pendaftarannya! Cek informasi selengkapnya di sini!, kami tunggu partisipasimu, ya!, semoga beruntung.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.