Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

3 Tips Cara Uninstall Aplikasi Laptop atau Komputer Windows

2 min read

Cara Uninstall Aplikasi Laptop Windows agar Tidak Lemot

Pada saat ini laptop merupakan salah satu perangkat yang penting untuk digunakan. Bukan hanya karyawan yang bekerja dikantor, melainkan guru dan pelajar juga menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Adapun cara uninstall aplikasi laptop itu dibutuhkan, agar laptop tetap berjalan lancar.

Baca juga: kelebihan dan kekurangan laptop acer

Salah satu penyebab laptop lemot saat digunakan adalah penuhnya penyimpanan laptop. Hal ini bisa terjadi saat banyak aplikasi yang terinstall di dalamnya. Oleh karena itu berikut cara uninstall aplikasi laptop agar laptop tidak lemot lagi, simak lebih lanjut dibawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi Laptop

Untuk melakukan uninstall aplikasi di laptop ada berbagai macam cara. Hal ini biasanya juga dipengaruhi jenis windows laptop yang digunakan. Berikut cara mudah untuk dipraktekkan saat hendak menguninstal aplikasi, diantaranya yaitu:

1. Melalui Menu Setting

Cara pertama yang bisa dicoba untuk melakukan uninstall terhadap aplikasi dalam laptop adalah melalui menu setting. Menu ini ada pada bagian start, kemudian pengguna bisa pilih setting.

Selanjutnya klik apps dan pilih bagian apps & features. Setelah langkah tersebut selesai sistem dalam komputer akan menyajikan deretan aplikasi yang sebelumnya telah terinstall di laptop.

Kemudian pengguna perhatikan satu persatu dan temukan aplikasi yang hendak di hapus. Jika sudah didapatkan aplikasi mana yang hendak dihilangkan dari laptop, maka klik bagian tulisan “uninstall”.

Saat bagian ini oleh pengguna ditekan maka hal ini sebagai konfirmasi pada sistem komputer untuk menguninstall aplikasi tersebut. Proses penghapusan aplikasi telah berhasil.

2. Gunakan Menu Start

Cara untuk menghapus aplikasi melalui menu ini cukup mudah. Tentunya langkah pertama adalah klik pada bagian menu start. Kemudian temukan aplikasi yang hendak dihapus dari laptop dengan cara mengulir kursor ke arah bawah. Jika aplikasi yang akan dihapus sudah ditemukan kemudian klik kanan.

Baca juga: tips merawat baterai laptop agar tetap awet

Sehingga muncul opsi yang salah satunya adalah uninstall. Kemudian pengguna tinggal konfirmasi langkah tersebut dengan klik bagian uninstall. Tunggu beberapa saat aplikasi sudah terhapus dari perangkat.

3. Uninstall Melalui Control Panel

Ada cara lain untuk menguninstall aplikasi selain yang dipaparkan diatas, yaitu dengan control panel. Sebenarnya fungsi fitur control panel sendiri dalam sistem ini mirip dengan fungsi dari fitur setting.  Sehingga jika ingin melakukan uninstall dari bagian control panel tentunya juga bisa.

Pada bagian ini pengguna akan melihat deretan aplikasi yang telah terinstall sebelumnya dengan berdasarkan pada ukuran. Jadi, jika ingin menghapus aplikasi yang berukuran besar tentu jadi sangat mudah. Selain itu ada juga penyortiran berdasarkan kapan aplikasi dipasang dan versi yang digunakan.

Adapun caranya adalah pertama masuk pada bagian control panel. Jika kesulitan menemukan bagian ini bisa langsung search pada taskbar laptop yang digunakan. Kemudian tulis “control panel”.

Tunggu beberapa saat dan akan muncul bagian ini. Kemudian pilih program mana yang hendak dihapus, lanjut klik programs and features. Selanjutnya bisa klik bagian uninstall a program.

Penyebab Laptop Lemot

Setelah mengetahui cara uninstall aplikasi laptop, pengguna juga harus tau penyebab lemotnya laptop. Selain karena adanya aplikasi dengan ukuran besar yang terpasang di laptop, sehingga hardisk penuh. Ternyata ada penyebab lain lemotnya laptop misal karena usia dan kondisi laptop yang sudah tua.

Baca juga : manfaat menulis blog online bagi pelajar

Selain itu juga adanya temporary file yang penuh. Pengguna juga sering menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Bisa juga cek RAM pada laptop yang digunakan, barangkali ukuran RAM yang kecil sehingga tidak bisa diisi dengan banyak aplikasi.

Tidak hanya itu usahakan untuk memiliki antivirus pada laptop. Pasalnya tidak jarang laptop terserang malware dan menjadi penyebab sistem menjadi lambat.

Penutup

Demikian itu cara uninstall aplikasi laptop agar laptop tidak lemot lagi. Selain juga mengenal penyebab lain mengapa laptop bisa lemot. Ternyata tidak hanya disebabkan oleh aplikasi yang terlalu banyak dan berukuran besar saja. Semoga bermanfaat.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.