Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Tips Mudah Cara Agar Laptop Kamera Jernih dan Jelas

2 min read

Cara Agar Laptop Kamera Jernih dan Jelas

Rata-rata laptop saat ini sudah didukung dengan fitur kamera. Apalagi sejak masa pandemi, banyak yang membutuhkan kamera pada laptop untuk zoom meeting saat kerja, sekolah, seminar, urusan bisnis, dan lainnya. Jika kamera terlihat buram dan tidak jelas, maka penting untuk mengetahui cara agar laptop kamera jernih.

Baca juga : jasa install tema website wordpress premium (lifetime)

Perlu diketahui bahwa webcam atau kamera laptop bawaan biasanya memiliki resolusi kecil sehingga gambar yang dihasilkan pun seringkali kurang jernih. Tak heran jika hal ini dapat menghambat aktivitas pertemuan secara online. Membersihkan dan memperbaikinya secara berkala penting untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Kamera Laptop yang Tidak Jernih

Penggunaan laptop bukan sekedar untuk kebutuhan pekerjaan, desain, hiburan, dan lainnya. Namun, saat ini perangkat tersebut juga banyak digunakan untuk mengadakan pertemuan secara online karena fiturnya lebih lengkap untuk presentasi maupun berinteraksi. Berikut ini cara agar laptop kamera selalu jernih:

1. Membersihkan Lensa pada Kamera Laptop

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membersihkan lensa pada kamera laptop bawaan. Cara ini termasuk yang paling mudah untuk dilakukan dan bisa dikerjakan sendiri. Kebersihan pada kamera laptop memang termasuk jarang diperhatikan, padahal saat membuka saja sering meninggalkan sidik jari.

Cara membersihkan lensa pada kamera laptop pun sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan kain dan cairan pembersih lensa yang biasa digunakan untuk kacamata. Hindari menggunakan tissue karena terkadang masih ada bagian tajam yang dapat menyebabkan lensa menjadi tergores mengingat benda ini terbuat dari kayu pohon.

2. Memilih Background yang Tepat

Hasil kamera pada laptop terkadang kurang jernih dan jelas karena pemilihan background yang tidak tepat. Latar foto yang berantakan dan gelap pastinya tidak akan enak dilihat. Sehingga pengguna sangat disarankan untuk mencari sudut yang pas dan tepat saat mengadakan pertemuan secara online.

Baca juga : cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi

Pilih background yang tidak terlalu ramai seperti dinding polos atau rak buku yang terkesan rapi dan simpel. Karena background yang kurang enak dipandang bisa mempengaruhi profesionalitas di mata klien.

Jika tidak punya background yang rapi, beberapa aplikasi sudah menyediakan fitur penggantian background pada layar secara otomatis.

3. Memilih Sudut Pencahayaan yang Terang

Jika kamera laptop sudah dipastikan bersih, maka Anda hanya perlu mencari sudut ruangan yang pencahayaannya terang saat melakukan pertemuan online. Kurangnya pencahayaan bisa sangat mempengaruhi kejernihan hasil tangkapan kamera.

Jika di dalam ruangan tidak ada sudut yang pencahayaannya terang, maka Anda bisa menambahkan lampu eksternal sehingga jumlah cahaya yang didapatkan cukup. Lampu tersebut seperti lampu LED, lampu studio, ring light, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Kamera Eksternal

Cara ini juga bisa dilakukan untuk membuat kamera laptop agar terlihat lebih jernih. Karena kamera eksternal pada umumnya memiliki resolusi yang sangat tinggi dengan kualitas full high definition.

Dengan cara ini, maka pertemuan yang dilakukan pun akan menghasilkan gambar yang jauh lebih berkualitas dibandingkan kamera bawaan.

Pilih kamera eksternal atau webcam yang resolusinya cukup tinggi dan pastikan tersedia fitur perekaman di ruangan yang minim cahaya. Sudah banyak tersedia kamera eksternal di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan spesifikasi dan budget yang dibutuhkan.

5. Menggunakan Aplikasi Kamera Laptop

Cara membuat agar laptop menjadi lebih jernih ini juga cukup efektif ketika Anda menggunakan aplikasi tambahan. Apalagi sudah banyak tersedia berbagai aplikasi yang dapat membuat hasil gambar menjadi lebih jernih dan enak dilihat. Sehingga seharusnya tidak ada lagi kesulitan dalam mencari aplikasi kamera tambahan tersebut.

Baca juga : rekomendasi short url yang terbukti membayar

Menggunakan aplikasi tambahan ini juga dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam karena tersedia fitur dan efek yang bisa digunakan saat mengambil foto maupun video. Beberapa rekomendasi kamera yang bisa digunakan seperti manycam, youcam, dan free screenshot.

6. Mengubah Pengaturan Bawaan pada Laptop

Setiap aplikasi kamera pada laptop biasanya sudah memiliki pengaturan bawaan. Anda bisa mengubah setting pengaturan tersebut agar kamera menjadi lebih jernih. Menu pengaturan ini bisa diakses pada perangkat laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Cari Control Panel
  • Klik Device and Setting
  • Pilih dan klik opsi kamera

Jika perangkat Anda menggunakan versi Windows terbaru, maka bisa dengan memasukkan kata kunci kamera pada search bar dan klik ikon pengaturan setelah kamera muncul. Sehingga tidak perlu membuka menu pada Control Panel.

7. Mengatur Setting pada Aplikasi yang Digunakan

Pada pengaturan Windows, sebaiknya pilih resolusi dan fps tertinggi. Namun, jika masih mengalami kendala, maka Anda bisa melakukan pengaturan pada aplikasi yang digunakan untuk mengubah kualitas video.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Login pada akun Zoom yang dimiliki
  • Klik profil pada bagian pojok kanan atas
  • Klik Setting
  • Tekan opsi Video setelah muncul beberapa opsi pengaturan
  • Pilih opsi untuk mengizinkan kualitas HD (Enable HD) resolusi 720 piksel ke atas jika menggunakan akun premium
  • Lakukan pengaturan pada opsi Adjust for Low Light untuk mengatasi video yang terlalu gelap dan buram

Penutup

Dari berbagai opsi dan cara agar kamera laptop jernih tersebut, Anda bisa mencoba salah satu metode atau menerapkan semuanya lalu lihat cara mana yang paling workable. 

Baca juga : kode remot LG LED terbaru

Akhir kata, demikianlah beberapa tips yang dapat saya bagikan seputar mengatasi kamera laptop yang buram atau tidak jelas dengan mudah dan efektif. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca hingga akhir, sampai bertemu lagi di pembahasan lainnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.