Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Ide Usaha Menu Buka Puasa Terfavorit di Bulan Ramadhan

3 min read

Ide Usaha Menu Buka Puasa Terfavorit

Saat bulan Ramadhan tiba biasanya identik dengan menu buka puasa yang hanya ada di bulan tersebut.  Meskipun tetap bisa dimasak di bulan biasa, namun tentu saja suasana dan momennya berbeda. Tak heran jika banyak yang memanfaatkan momen tersebut untuk membuka ide usaha menu buka puasa yang pasti laris.

Baca juga : rekomendasi ide bisnis dengan modal kecil

Ada banyak sekali jenis makanan untuk buka puasa yang bisa dijual dan pasti laris banyak diburu oleh pencari takjil.  Biasanya banyak yang mulai berjualan dadakan hanya pada saat bulan Ramadhan untuk memanfaatkan kesempatan emas saat masyarakat Indonesia beramai-ramai membeli menu buka puasa atau takjil.

Contoh Ide Usaha Menu Buka Puasa

Jenis makanan atau menu yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa oleh masyarakat Indonesia cenderung mudah untuk dibuat sendiri. Sehingga Anda pun sebenarnya bisa mencoba untuk memproduksi sendiri lalu menjualnya di depan rumah, ke tetangga, atau secara online.

Berikut ini beberapa contoh ide usaha jualan takjil untuk buka puasa yang laris di pasaran khususnya saat bulan Ramadhan, diantaranya:

1. Es Buah

Menu minuman satu ini termasuk yang paling banyak diburu saat bulan Ramadhan.  Karena setelah seharian melawan lapar dan dahaga tentu membutuhkan minuman yang segar setidaknya untuk mengobati rasa haus terlebih dahulu.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es buah pun cukup mudah yakni buah-buahan yang sedang musim, kolang kaling, susu, dan lainnya.

Tentu akan lebih menarik lagi jika Anda bisa mengkreasikannya dengan kombinasi menu yang cukup berbeda dibandingkan es buah lainnya. Karena perlu disadari bahwa kompetitor untuk menjual es buah saat bulan Ramadhan sangat banyak sehingga harus kreatif dan inovatif dalam memvariasikan menu es buah ini.

2. Kolak Pisang

Menu makanan kolak pisang juga termasuk makanan yang banyak dijual sebagai takjil saat buka puasa di bulan Ramadhan. Ciri khas rasanya yang manis dengan perpaduan gula aren, santan, pisang, dan bahan lainnya menjadi menu yang begitu lezat untuk disantap ketika berbuka puasa.

Baca juga : cara mengatasi transfer ovo gagal dengan mudah

Apalagi ditambah dengan aromanya yang harum dan khas sehingga membuat menu makanan ini selalu dicari. Cara membuat kolak pisang pun cenderung sangat mudah dan Anda juga bisa mengkreasikan dengan kombinasi bahan lainnya agar lebih menarik perhatian pelanggan.

3. Gorengan

Rasanya seperti ada yang kurang jika berbuka puasa tanpa adanya gorengan. Jenis makanan yang satu ini biasanya sangat mudah ditemui di sepanjang jalan meskipun bukan bulan Ramadhan sekalipun.

Namun, saat bulan puasa tentu lebih banyak dan bervariasi. Anda juga bisa berkreasi dengan membuat menu takjil yang tidak biasa, teksturnya renyah, serta rasanya lezat.

Beberapa menu gorengan yang populer dan dijadikan bahan untuk membuat makanan seperti cireng,  lumpia goreng, tempe, bakwan, tahu goreng, singkong goreng, dan masih banyak lagi. Bahan-bahannya juga sangat praktis. Apalagi saat ini sudah tersedia berbagai bumbu instan yang sangat membantu proses agar cepat.

4. Es Pisang Ijo

Bukan hanya tampilannya saja yang menarik namun cita rasa dari es pisang ijo yang merupakan takjil khas dari Makassar ini memang lezat. Teksturnya sangat lembut dan kenyal dari kulit yang membungkus buah pisang.

Ditambah lagi dengan perpaduan segarnya es serta saus fla yang manis sehingga hidangan pisang hijau cocok untuk menjadi menu berbuka puasa.

Meskipun terkesan rumit untuk membuat dan menjalankan ide usaha takjil es pisang ijo, namun sebenarnya sangat mudah untuk meracik makanan lezat satu ini.

Bahan-bahannya pun cenderung mudah ditemukan di pasar dan Anda hanya perlu menyiapkan kukusan pisang yang dibalut dengan adonan hijau. Saat pemesan datang Anda pun tinggal menyajikannya.

5. Olahan Kurma

Kurma merupakan salah satu jenis makanan yang disunnahkan oleh Rasulullah untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dengan jumlah ganjil. Tentu akan menjadi peluang bisnis yang menarik jika Anda bisa mengolah buah kurma menjadi menu makanan yang lezat dan inovatif karena kurma memang identik dengan ibadah puasa.

Baca juga : contoh peluang usaha digital masa kini

Contohnya Anda bisa menjadikan kurma sebagai topping pada kue cubit, membuat buah kurma dengan lapis coklat, atau pakai susu yang terbuat dari buah kurma. Membuat susu dari kurma juga bisa menjadi ide yang menarik untuk dijual sebagai salah satu menu takjil buka puasa.

6. Puding Buah

Jajanan satu ini menjadi favorit baik untuk anak-anak hingga dewasa karena memiliki tekstur yang kenyal serta warna yang cantik. Selain bisa dibuat dalam bentuk menu puding yang utuh Anda juga bisa mengkreasikannya dalam menu lainnya.

Contohnya seperti puding buah sirup, puding buah kaca, salad buah cup, atau puding buah pelangi. Semakin kreatif menu yang Anda buat biasanya akan menarik perhatian pelanggan. Manfaatkan buah yang sedang musim misalnya apel, stroke strowberry, strawberry, jeruk, kiwi, anggur, dan masih banyak lagi.

7. Lauk Pauk

Saat bulan puasa, ada orang-orang yang tidak sempat membuat lauk untuk dimakan ketika berbuka karena sibuk bekerja atau masih dalam perjalanan. Sehingga menjual menu lauk pauk untuk buka puasa menjadi salah satu ide bisnis yang pasti laris dan menguntungkan.

Anda bisa membuat menu makanan sehari-hari seperti nasi ayam, tempe, tahu, sayur bening, sop, nasi padang, dan masih banyak lagi. Tentu jika rasanya enak, pelanggan akan repeat order dan memesan lagi di tempat tersebut.

Penutup

Dari berbagai ide usaha menu buka puasa di atas, Anda bisa memilih sesuai selera dan kemampuan untuk mengolahnya. Karena tentu setiap orang memiliki resep dan teknik yang berbeda dalam membuat berbagai menu makanan tersebut.

Baca juga : contoh bisnis franchise dengan modal di bawah 5 juta

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat mengenai contoh ide jualan takjil masa kini yang bisa Anda lakukan untuk menambah pundi-pundi rupiah tambahan. Semoga bermanfaat dan see you next article.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.