Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

9 Rekomendasi Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta Rupiah

2 min read

Rekomendasi Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta

Sukses menjadi pengusaha adalah impian sebagian besar orang yang berkecimpung di bidang bisnis. Namun, bagaimana jika hanya memiliki modal terbatas? Anda bisa mencoba bisnis franchise di bawah 5 juta sesuai hobi atau bidang yang ditekuni. Tentu saja, pahami pasar terlebih dahulu agar bisa sukses.

Baca juga : kelebihan iklan press release bagi bisnis

Franchise atau waralaba merupakan salah satu jenis bisnis yang menggunakan metode dengan merek dagang, nama, produk, bahan, hingga sistem dari bisnis yang sudah ada. Bisnis ini biasanya sudah memiliki aturan pakem dari pemilik pusat dan Anda hanya perlu membeli lisensi dari semua sistem bisnis.

Rekomendasi Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta

Bisnis franchise cukup beragam, mulai dari skala nasional hingga internasional. Sistemnya pun ada yang pengelolaannya di-support langsung oleh pusat dan ada juga yang mandiri terpisah alias hanya memegang merek dan produknya saja. Berikut ini contoh bisnis franchise dengan modal di bawah 5 juta, di antaranya:

1. Minuman Thai Tea

Thai Tea menjadi salah satu produk minuman yang sedang viral dan banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan merek-merek ternama pun banyak yang membuat produk Thai Tea ini untuk meningkatkan penjualan.

Mengingat minat pasarnya cukup banyak dan memang rasanya enak, maka Thai Tea bisa menjadi salah satu bisnis franchise yang menggiurkan. Modal yang dibutuhkan pun cenderung minum sekitar 3 jutaan. Tingkatan promosi secara online maupun offline untuk menarik perhatian pelanggan.

2. Tahu Krispi

Cemilan satu ini juga bisa dijadikan sebagai lauk, sehingga tak heran jika banyak yang menyukai tahu krispi. Makanan ini juga cocok dengan lidah orang Indonesia dan hampir di setiap daerah mungkin Anda akan menemukan makanan ini.

Baca juga : cara membangun bisnis ala orang jepang

Dengan ide yang kreatif dan inovatif, Anda bisa menyulap tahu krispi menjadi bisnis menggiurkan dan menjanjikan. Modal yang dibutuhkan pun sangat mudah yakni mulai dari 3 juta rupiah.

3. Cappucino Cincau

Bisnis minuman memang tidak pernah ada habisnya. Setiap muncul resep minuman baru yang unik dan viral, maka otomatis bisa dijadikan peluang bisnis yang menggiurkan. Omzet untuk cappucino cincau pun bisa dibilang cukup fantastis jika dijalankan dengan baik.

Anda bisa memilih franchise yang sudah memiliki nama dan terdapat menu minuman satu ini. Modal yang dibutuhkan juga cenderung sangat terjangkau sekitar 3 juta rupiah. Penjualan bisa dilakukan secara online dengan bekerjasama melalui platform delivery order maupun menjualnya secara offline.

4. Telur Gulung

Jajanan satu ini banyak diminati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Cara membuatnya sederhana sehingga bagi pemula yang ingin memulai bisnis ini tentu sangat cocok. Apalagi modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar sekitar 4 juta rupiah.

Bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu beragam sehingga pengelolaannya tidak ribet. Keuntungan besar bisa didapatkan jika bisnis dikelola dengan baik dan melakukan riset pasar agar sesuai dengan target market.

5. Roti Bakar

Cemilan satu ini bisa menjadi teman saat ngopi atau nonton film bersama teman dan keluarga. Jajanan ini juga selalu menjadi favorit banyak orang. Meskipun sudah banyak makanan kekinian yang hadir, namun makanan satu ini masih tetap mampu bertahan di masyarakat.

Baca juga : tips cara trading crypto agar untung terus

Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal dan kurang dari 5 juta pun sudah bisa memulai usaha ini. Anda hanya membutuhkan gerobak, peralatan untuk memanggang, kompor gas, serta bahan untuk membuat roti seperti roti tawar, selai, mentega, susu, dan lainnya.

6. Sosis Bakar

Makanan ini juga cukup digandrungi oleh banyak orang dan peminatnya cukup besar. Modal untuk memulai usaha ini bisa hanya sekitar 2 – 3 juta rupiah. Lahan yang dibutuhkan pun tidak harus luas. Anda hanya perlu menyiapkan alat untuk memanggang dan bahan-bahan sosis beserta topping.

7. Kebab Turki

Makanan khas satu ini memang tengah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Meskipun asalnya dari Turki, namun cita rasanya cocok dengan lidah orang Indonesia.

Bisnis franchise kebab bisa menjadi pilihan menarik. Apalagi jika memilih merek terkenal yang sudah punya nama, tentu akan lebih mudah menjualnya di pasaran.

8. Burger

Meskipun makanan ini berasal dari luar negeri, namun masyarakat Indonesia cukup banyak yang meminatinya. Bisnis burger pun semakin banyak bermunculan baik yang sistemnya franchise atau mengelola sendiri.

Anda bisa mencoba bergabung dengan franchise yang sudah terkenal namanya dan gunakan konsep booth agar lebih mudah menjangkau masyarakat luas. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal yakni sekitar 3,5 juta rupiah.

9. Fried Chicken

Saat lapar dan malas masak, fried chicken biasanya menjadi menu andalan yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai lauk. Anda juga bisa memulai usaha franchise ini, apalagi sudah banyak merek dagang terkenal untuk jenis makanan ini.

Baca juga : contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan

Modalnya juga cukup terjangkau mulai dari 1 jutaan untuk membership dan kebutuhan lainnya untuk modal bahan serta alat jika ditotal sekitar 4 jutaan.

Penutup

Dari berbagai bisnis franchise di bawah 5 juta di atas tentu tidak semuanya cocok untuk dibuka di suatu tempat. Oleh karena itu, sebelum memilih pastikan sudah melakukan riset pasar terlebih dahulu agar hasilnya bisa mendatangkan profit dan tidak rugi.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.