Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Contoh Ide Bisnis dengan Modal Kecil untuk Pemula

3 min read

Contoh Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Siapa bilang memulai usaha harus dengan modal besar. Faktanya, ide bisnis modal kecil juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merintis bisnis namun memiliki kendala modal. Tak perlu khawatir, bisnis dengan modal kecil cenderung bisa dimulai tanpa harus mengeluarkan budget mahal.

Baca juga : jasa press release publikasi media nasional professional

Jika belum memiliki kemampuan untuk menyewa ruko atau tempat untuk jualan, maka bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat untuk berdagang. Apalagi zaman serba online dan canggih sehingga Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial untuk berjualan atau bekerja sama dengan platform delivery order.

Contoh Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Menjadi pengusaha sukses adalah impian setiap orang yang ingin berkecimpung di bidang ini. Namun, banyak yang merasa ragu untuk memulai karena khawatir harus mengeluarkan modal mahal. Padahal, dengan modal kecil sekalipun atau bahkan tanpa modal sama sekali Anda sudah bisa memulai bisnis.

Berikut ini beberapa ide bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda coba dan sangat cocok untuk pemula, di antaranya:

1. Affiliate Marketing

Anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal untuk memulai bisnis dan cukup mempromosikan barang milik orang lain maka nanti akan mendapatkan imbalan berupa komisi. Sudah banyak toko online maupun marketplace yang membangun kemitraan dengan sistem afiliasi ini.

Para affiliate tidak harus membeli barang untuk berjualan dan cukup mempromosikan produk orang lain melalui media sosial, aplikasi perpesanan, atau secara offline saat bertemu dengan orang.

Lakukan pendaftaran terlebih dahulu di berbagai platform seperti shopee affiliate, tokopedia, bukalapak dan sebagainya untuk mendapatkan link afiliasi yang nantinya harus dibagikan di media sosial maupun media untuk mendapatkan komisi di setiap transaksi yang masuk.

Bisa dibilang bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali selama ada smartphone dan kuota internet. Jangan lupa untuk membagikan link afiliasi yang Anda miliki ke banyak orang untuk meningkatkan peluang omzet atau pendapatan melalui orang-orang yang mengklik dan melakukan pembelian dari link afiliasi tersebut.

2. Jasa Titip (Jastip)

Usaha jastip atau jasa titip memang tengah ngetren di kalangan masyarakat Indonesia dan Anda pun bisa menirunya. Modal yang dibutuhkan cenderung kecil karena sistem bisnis ini adalah based on PO atau pesanan dari pembeli langsung. Buat sistem agar pembeli mentransfer uang terlebih dahulu baru dibelikan barang yang mereka inginkan.

Baca juga : peluang bisnis tanpa modal untuk pelajar

Usaha jasa titip ini sangat cocok untuk dilakukan ketika Anda sedang bepergian ke suatu tempat kemudian ingin mengambil peluang dengan menjual barang melalui sistem jasa titip.

Anda hanya perlu memposting produk apa saja yang bisa dibeli di tempat tersebut sehingga sebagai penjual Anda bisa mempersiapkan diri untuk mencari supplier yang tepat.

3. Bisnis Kue

Berbisnis di bidang ini memiliki prospek yang cukup bagus. Hal ini dikarenakan kue sering menjadi andalan untuk momen tertentu seperti ulang tahun, anniversary, pernikahan, dan lainnya. Sehingga Anda bisa membuka bisnis di bidang ini selama memiliki kemampuan untuk membuat kue.

Pasarkan produk secara online untuk menggaet lebih banyak pembeli atau pelanggan dan kreasikan kue yang dibuat dengan inovasi menarik. Bisnis ini banyak digemari oleh anak muda karena rasanya yang lezat dan bisa menjadi hadiah spesial untuk seseorang yang ingin diberi kejutan.

4. Les Privat

Bisnis ini bisa dibilang tidak membutuhkan modal sama sekali kecuali jika Anda membukanya di rumah dengan jumlah siswa banyak sehingga membutuhkan alat-alat seperti papan tulis, board marker, dan lain sebagainya. Usaha ini sangat cocok bagi yang memang senang mengajar dan menekuni bidang ini.

Caranya sangat mudah, bisa dengan mempromosikan jasa Anda melalui media sosial, mengumpulkan banyak pelajar menjadi kelompok belajar, mendirikan les privat di rumah, dan lainnya. Bisa juga membuka kursus secara online sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang dikuasai.

5. Fotografi

Bagi Anda yang menyukai bidang ini, maka membuka jasa fotografi bisa menjadi bisnis yang menggiurkan. Tidak harus langsung menggunakan kamera mahal. Bisa juga dengan memanfaatkan kamera seadanya dengan harga murah asal bisa memberikan kualitas terbaik.

Baca juga : contoh bisnis franchise dengan modal di bawah 5 juta

Promosikan jasa yang ditawarkan melalui media sosial atau acara-acara tertentu seperti wisuda, pernikahan, momen spesial, dan lain sebagainya. Tunjukkan portofolio melalui personal branding agar orang-orang dapat mengetahui kualitas dari hasil karya fotografi Anda.

6. Kerajinan Tangan

Meskipun terkesan kurang banyak yang berminat terhadap produk ini, faktanya banyak juga yang berhasil sukses berjualan hasil kerajinan tangan dan seni.

Lakukan riset pasar dan cari tahu produk kerajinan tangan apa yang kira-kira disukai banyak orang. Apalagi saat ini sedang eranya rustic, sehingga Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

Jangan lupa lakukan juga promosi baik secara online maupun offline menggunakan media yang ada. Usaha ini juga tidak harus dilakukan di ruko dengan menyewa tempat karena Anda bisa memulainya dari rumah. Buat kerajinan tangan atau karya hanya ketika ada pesanan sehingga tidak mubadzir.

7. Bisnis Baju Bekas atau Thrift

Selama baju bekas yang dijual masih bagus dan layak pakai, bisnis ini juga banyak diminati oleh pelanggan karena harga yang dibanderol jauh lebih murah. Bisnis thrift pun kini juga sudah menjadi tren baru dan tidak butuh modal banyak untuk memulainya.

Anda bisa mempromosikan produk seperti pakaian, jaket, baju, kaos, dan lain sebagainya melalui media sosial atau secara offline.

Penutup

Dari berbagai ide bisnis modal kecil di atas, Anda pun bisa memilih jenis usaha apa saja yang paling cocok untuk digeluti sesuai kemampuan dan keahlian masing-masing.

Baca juga : peluang usaha digital masa kini

Akhir kata, demikianlah pembahasan simple seputar rekomendasi bisnis yang bisa Anda lakukan dengan modal terjangkau. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di situs ini, see you next article.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.