Inilah 6 Tips Merawat Baterai Laptop agar Tetap Awet

1 min read

Tips merawat baterai laptop

Bagi pengguna laptop sudah tidak asing lagi dengan baterai laptop, setiap pengguna laptop pasti mendambakan baterai laptop yang dapat digunakan lama. Nah di kesempatan ini saya membahas tentang beberapa tips merawat baterai laptop agar tetap awet yang dapat anda terapkan dengan mudah. Baca juga : fungsi power supply pada komputer

Tips Merawat Baterai Laptop

Inilah beberapa tips simple dalam menjaga baterai laptop anda agar tetap awet dan tidak cepat rusal yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Hindari menggunakan laptop hingga mati total

Terkadang pengguna keasyikan menggunakan laptop dalam mengerjakan tugas maupun pekerjaan hingga tidak sadar baterai laptop hampir habis dan mati. Sebaiknya, penggunaan seperti ini di hindari karena dapat merusak baterai laptop

2. Atur pencahayaan

Pencahayaan sangat berpengaruh dengan kondisi baterai. Semakin terang pencahayaan yang digunakan dalam laptop maka baterai akan cepat habis dan begitu juga sebaliknya. Sebaiknya pengguna menggunakan pencahayaan rendah agar baterai laptop dapat bertahan lama.

3. Cabut charger segera apabila telah penuh

Laptop yang sudah terisi 100% sebaiknya charger langsung di cabut. Mengeces laptop terlalu lama akan membuat baterai laptop semakin cepat rusak. Hal itu terjadi karena arus listrik akan terus mengaliri baterai laptop dan menyebabkan komponen- komponen baterai cepat rusak.

4. Jangan gunakan laptop ketika di cas

Menggunakan laptop saat di cas akan membuat baterai laptop semakin cepat rusak. Hal itu terjadi karena komponen-komponen laptop tidak siap untuk bekerja berat saat mendapatkan pengisian baterai.

5. Gunakan kabel ori atau asli

Menggunakan kabel cas yang tidak ori atau KW menyebabkan arus listrik yang akan diterima oleh laptop tidak stabil. Kemudian, baterai akan memksa untuk tetap menerima arus tersebut. Namun, kondisi seperti ini akan menyebabkan baterai laptop tidak dapat bertahan lama.

6. Jangan menggunakan laptop hingga overheat

Pengguna laptop yang terlanjur nyaman menggunakan laptop akan lupa jika laptopnya mengalami overheat. Kondisi laptop yang seperti ini akan memperburuk keadaan baterai. Sehingga baterai tidak akan dapat bertahan lama dan cepat rusak.

Penutup

Nah, setelah mendapatkan tips merawat baterai laptop agar tetap awet pasti sudah tidak khawatir baterai laptop cepat rusak kan. Agar lebih memahami baterai silahkan baca fungsi baterai berdasarkan jenis-jenisnya. Dengan begitu penggua dengan mudah memahami baterai, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *