Pengertian dan 6 Fungsi Power Supply Pada Komputer

2 min read

Fungsi power supply

Perangkat komputer memiliki banyak komponen penting yang saling bekerja sama untuk membuat sistem komputer berjalan dengan baik. Salah satunya adalah power supply yang dimana fungsi power supply ini sangat berperan penting bagi kinerja komputer. Sama halnya dengan processor yang dianggap sebagai otak komputer, ternyata power supply juga memiliki peran yang tidak boleh disepelekan.

Pengertian Power Supply

Power supply merupakan komponen perangkat keras dalam rangkaian komputer yang memiliki fungsi utama untuk memberikan suplay daya ke komponen hardware lainnya seperti motherboard, harddisk, vga dan sebagainya.

Baca juga : fungsi komputer dalam kehidupan sehari-hari

Sehingga power supply cukup berperan penting dalam komputer, tanpa adanya perangkat ini tentu komputer anda tidak dapat menyala dengan normal. Jika Anda belum mengetahui bagaimana bentuknya, Anda bisa menemukan power supply ini di bagian casing komputer yang berbentuk persegi.

Secara garis besar cara kerja power supply adalah menerima sumber listrik yang nantinya akan diubah menjadi sebuah energi yang bisa menggerakan atau menghidupkan perangkat elektronik tersebut, salah satunya yaitu komputer. Umumnya, power supply mengubah daya 120 V menjadi bentuk aliran yang dibutuhkan oleh semua komponen perangkat tersebut.

Semakin berkembangnya teknologi, ternyata bukan hanya komputer yang membutuhkan power supply sebagai komponennya. Penasaran apa saja perangkat yang membutuhkan power supply ini? Nah setelah mengetahui apa itu power supply, selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja fungsi power supply secara lengkap yang akan kami bahas dibawah ini.

Fungsi Power Supply Pada Komputer

Secara ringkasnya power supply komputer terbaik memiliki fungsi sebagai sumber daya atau memberikan daya arus listrik yang sudah diubah dan akan ditransferkan ke beberapa komponen yang ada di dalam komputer. Namun untuk mengetahui lebih dalam tentang apa peran power supply bagi komputer, yuk simak informasinya dibawah ini.

1. Mengubah Daya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa fungsi power supply adalah untuk mengubah daya menjadi energy yang nantinya akan ditransferkan ke komponen perangkat lain. Jadi ternyata power supply ini memiliki peran yang sangat penting yaitu dengan mengubah daya AC ke DC lalu diteruskan ke beberapa perangkat yang sudah terhubung.

2. Voltage Transformation

Selain mampu mengubah daya listrik menjadi energi yang diperlukan oleh perangkat komputer, unit power supply juga mempunyai fungsi penting lainnya. Power supply berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya tegangan yang keluar atau voltase DC. Hal ini bertujuan agar semua tegangan yang keluar bisa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh komponen perangkat.

3. Regulator

Selain untuk mengatur tegangan yang dikeluarkan, ternyata power supply juga bisa mengurangi semua ripple tegangan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan komputer. Biasanya power supply mengurangi IC regulator dari 7812 atau 7805.

4. Filter

Fungsi power supply yang selanjutnya adalah sebagai komponen yang bisa meratakan semua sinyal arus DC. Jadi setelah arus listrik berupa AC diubah menjadi daya DC, selanjutnya power supply akan meratakan semua sinyal yang akan ditransferkan ke komponen perangkat.

5. Isolation

Isolation adalah kegiatan yang dilakukan oleh power supply yang dimana ini adalah proses memisahkan elektrik output yang telah dihasilkan oleh sumber elektrik input. Dalam proses ini tentunya menjadi bagian yang tidak boleh dianggap remeh karena tidak semua perangkat bisa melakukan isolation.

6. Protection

Selain beberapa fungsi power supply sebelumnya, power supply ini juga memiliki fungsi sebagai pengaman. Power supply akan mencegah perangkat mengalami lonjakan tegangan listrik yang bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba saat output. Hal ini juga bertujuan agar power supply bisa menghasilkan pengeluaran listrik yang konstan dan bersih.

Perangkat yang Membutuhkan Power Supply

Selain komputer, ada juga beberapa perangkat lain yang memerlukan power supply sebagai sumber dayanya. Diantaranya yaitu :

1. Komputer

Perangkat komputer yang kita kenal saat ini membutuhkan power supply untuk mengubah daya listrik yang diterima dari sumber listrik lalu diubah menjadi daya listrik dan menyalurkannya ke semua komponen komputer. Proses ini yang biasa disebut dengan AC-DC.

2. Kendaraan Bertenaga Listrik

Kendaraan bertenaga listrik tentunya membutuhkan power supply sebagai perangkat yang mengubah listrik yang nantinya akan digunakan sebagai baterai bagi kendaraan tersebut.

3. Pesawat

Kendaraan udara ini membutuhkan power supply sebagai komponen yang akan mengubah energi listrik ke level yang dibutuhkan oleh pesawat untuk menggerakkan komponennya.

4. AC Adapter

Fungsi power supply bagi AC adapter adalah sebagai pengubah daya AC ke DC yang sangat diperlukan dalam melakukan pengisian ulang.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari saya seputar pengertian dan fungsi power supply pada komputer yang perlu untuk anda ketahui, semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik. Cukup sekian yang dapat saya bagikan dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *