Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

6 Metode Cara Melihat Spek Laptop Lenovo dengan Mudah

1 min read

Cara Melihat Spek Laptop Lenovo

Sebelum membeli laptop, sudah menjadi keharusan untuk mengetahui detail spesifikasinya terlebih dahulu. Lenovo menjadi salah satu merk yang banyak direkomendasikan oleh para pengamat IT. Di artikel kali ini, saya akan membahas seputar cara melihat spek laptop lenovo.

Baca juga : tujuan dan manfaat press release media nasional

Mengapa melihat spesifikasi itu penting dilakukan? Sebab, dengan mengetahui spesifikasi pengguna akan tahu persis batas beban kerja dari laptop tersebut. Selain itu, spesifikasi juga akan memudahkan untuk menyesuaikan kebutuhan dan tujuan penggunaan.

Cara Melihat Spek Laptop Lenovo Windows

Berikut dibawah ini beberapa tips simple yang dapat Anda lakukan dengan mudah dalam mengetahui spesifikasi suatu laptop, diantaranya yaitu:

1. Membuka Menu Setting atau Pengaturan

Supaya mengetahui spesifikasi laptop Lenovo, pengguna bisa membuka pada menu setting. Kemudian, pilih opsi “System“. Selanjutnya akan tampil menu bar berupa “About“.

Pada menu About tersebut akan muncul penjelasan terkait spesifikasi laptop Lenovo tersebut. Mulai versi perangkat, kapasitas RAM, prosesor yang digunakan, dimensi ukuran perangkat, kapasitas memori internal, dan lainnya.

2. Membuka Akses My Computer

Spesifikasi laptop Lenovo juga dapat dilihat dengan membuka Windows Explorer. Bisa juga diakses dengan jalan pintas mengklik secara bersamaan tombol Windows dan E pada keyboard.

Selanjutnya, klik kanan untuk menuju menu “My Computer” atau bisa juga menu “This PC”. Setelah itu, mengklik menu opsi “Properties“. Pada task menu tersebut akan tampil rincian spesifikasi yang ada pada laptop Lenovo tersebut.

3. Memakai DXdiag

Memakai DXdiag untuk mengetahui spesifikasi laptop Lenovo juga cukup mudah dilakukan. Caranya adalah dengan mengetuk menu “Run” atau bisa juga mengklik tombol Windows dan R dalam waktu bersamaan.

Baca juga : cara mengatasi windows update error di windows 10

Setelah itu, ketik “DXdiag” pada kolom Open dan klik “OK” kalau sudah selesai, pengguna dapat mengetahui informasi terkait spesifikasi laptop tersebut.

4. Menggunakan Command Prompt

Cara lain untuk melihat spesifikasi dari laptop Lenovo bisa dilakukan dengan menggunakan Command Prompt. Pengguna harus membuka menu Windows Explorer, kemudian mengetikkan Command Prompt pada menu search. Setelah itu, tekan enter dan akan muncul taskbar mengenai spesifikasi lengkap laptop tersebut.

5. Memakai Aplikasi CPU-Z

Cara ini berbeda dengan keempat cara di atas. Pasalnya dengan menggunakan aplikasi CPU-Z, pengguna harus menginstal terlebih dahulu. Tidak seperti pada keempat cara yang sudah disebutkan, yang hanya menggunakan menu pada perangkat laptop saja.

Jika aplikasi sudah terinstall pada perangkat, pengguna tinggal mengakses aplikasi tersebut. Apabila sudah masuk aplikasi, akan terlihat rincian mengenai spesifikasi dari laptop Lenovo yang dipakai. Pengguna dapat melihat spesifikasi, seperti mainboard, RAM, prosesor, dan spesifikasi lainnya.

6. Menggunakan Aplikasi Software Speccy

Cara melihat spek laptop Lenovo juga menggunakan aplikasi Software Speccy yang sudah terpasang di perangkat laptop Lenovo. Pertama, unduh aplikasi Software Speccy terlebih dahulu melalui internet. Kemudian, instal aplikasi tersebut pada perangkat laptop yang digunakan.

Baca juga : tips cara membuat mind map di laptop

Membuka Software Speccy dan klik pada menu spesifikasi. Pada bagian akan menampilkan semua rincian terkait spesifikasi laptop tersebut. Pengguna dapat mengetahui informasi seperti prosesor yang digunakan, kapasitas RAM, rincian dimensi perangkat, mainboard, dan spesifikasi yang lain.

Penutup

Penting sekali untuk mengetahui cara melihat spek laptop Lenovo sebelum membelinya. Atau bagi pengguna yang sudah memiliki laptop Lenovo, metode ini berfungsi supaya mengetahui secara persis kemampuan perangkat tersebut.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.