Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

6 Cara Mengatasi Windows Update Error pada Windows 10

2 min read

Cara Mengatasi Windows Update Error pada Windows 10

Windows termasuk operasi sistem pada komputer yang memiliki banyak kelebihan, salah satunya selalu diperbarui secara berkala. Nah di pembahasan ini saya membahas beberapa tips mengenai cara mengatasi windows update error pada windows 10.

Baca Juga: cara membuka mode aman windows

Perlu Anda ketahui, kendala error saat update pada windows 10 dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya yaitu koneksi internet yang lambat. Tentu, ini akan menggangu berbagai aktivitas Anda, pasalnya di beberapa kasus kegagalan update bisa mengakibatkan bluescreen.

Cara Mengatasi Windows Update Error pada Windows 10

Berikut dibawah ini beberapa tips dan metode sederhana yang dapat Anda terapkan dalam memperbaiki windows update error, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Fitur Troubleshoot Otomatis

Bahasan pertama pada cara mengatasi Windows update error pada Windows 10 dengan fitur Troubleshoot. Dimana fitur ini akan mengatasi permasalah yang ada, terutama terkait dengan blue screen atau Windows yang error, sehingga akan dicek secara otomatis.

Untuk caranya mudah, pengguna hanya perlu membuka bagian pengaturan. Kemudian lanjut pada opsi perbarui & Keamanan. Lalu bisa melanjutkan proses troubleshoot. Kemudian klik pembaruan Windows.

2. Melakukan Restart Perangkat

Cara ini menjadi salah satu andalan saat terjadi permasalahan pada sebuah perangkat. Oleh karena itu, saat Windows mengalami error juga bisa dengan merestart perangkat.

Adapun caranya pertama buka bagian start, kemudian pilih pada opsi daya, kemudian klik restart. Tunggu beberapa saat hingga proses berjalan, kemudian ulangi untuk melakukan pembaruan Windows dari pengaturan.

3. Menghentikan Proses Update Sementara

Adakalanya cara mengatasi update yang error pada Windows dapat diatasi dengan menghentikan atau menjeda proses pembaharuan tersebut.

Oleh karena itu, masuk ke bagian pengaturan. Kemudian masuk pada perbarui dan keamanan, lalu pilih pada salah satu opsinya yaitu pembaruan Windows.

Baca juga : cara mematikan windows update dengan aman

Selanjutnya bisa memilih bagian jeda pembaharuan selama 7 hari. Setelah menyelesaikan proses ini tidak lupa untuk merestart atau memulai ulang perangkat.

Tentunya hal ini bertujuan agar proses selanjutnya bisa berjalan dengan baik. Kemudian ulangi langkah seperti yang awal tadi, masuk pengaturan kemudian perbaharui & keamanan klik pembaruan Windows, lalu klik lanjutkan pembaharuan.

4. Memanfaatkan Windows Safe Mode

Cara ini bisa jadi salah satu solusi saat Windows error. Adapun langkahnya adalah dengan mode aman alias safe mode. Sehingga secara otomatis sistem akan membuat driver yang penting. Kemudian masuk pada driver dan bisa mengecek kerusakannya.

Hal yang bisa menjadi peluang terbesarnya error adalah adanya bug pada driver. Sehingga langkah terbaiknya adalah dengan melakukan update. Tentunya hal ini bisa mengatasi masalah blue screen alias Windows yang error.

5. Melakukan Update dengan Koneksi Internet yang Stabil

Untuk melakukan proses update Windows tentunya membutuhkan koneksi internet. Sehingga perlunya pengguna mengkonfirmasi bahwa memiliki koneksi internet. Walaupun dengan mengecek melalui browser juga bisa. Namun dengan masuk pada bagian Command Prompt  akan jauh lebih efektif.

Adapun caranya dalam membuka start kemudian pilih opsi Command Prompt  pilih bagian atas untuk membuka konsol. Selanjutnya konfirmasi bahwa pengguna memiliki koneksi yang aktif dan tekan enter pada domain yang digunakan, misalnya pada google maka ping.google.com.

6. Mengecek Keberadaan Malware

Menjadi penyebab terjadinya update windows yang error adalah salah satunya keberadaan virus di dalam perangkat. Hal ini menjadikan proses update tidak berjalan stabil. Sehingga pengguna perlu untuk melihat adanya malware atau virus.

Baca juga : cara mengatasi black screen gagal update bios

Hal ini bisa dicek melalui scanning saat pengguna memakai fitur antivirus di perangkat yang digunakan. Selain itu juga tidak ada salahnya mengecek bagian hardware komputer, seperti: memori, baterai hingga harddisk yang terpasang. Bisa jadi menumpuk kotoran dan menyebabkan errornya komponen yang lain.

Demikian itu beberapa cara mengatasi Windows update error pada Windows 10 dengan mudah. Tentunya saat terjadi kendala semacam itu pengguna tidak perlu panik terlebih dahulu. Bisa mempraktekkan satu persatu cara yang sudah dipaparkan diatas.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.