Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Membuat Mind Mapping di Laptop

2 min read

Tips Cara Membuat Mind Mapping di Laptop dengan Ms Word

Mind Map bisa menjadi metode yang memudahkan suatu proses pembelajaran. Tetapi sepertinya masih belum banyak orang yang mengetahui cara pembuatannya. Padahal ada cara membuat mind mapping di laptop yang terbilang mudah dan simple. Apalagi hanya bermodalkan Microsoft Word.

Baca Juga: Perbedaan Bitmap dan Vektor pada Gambar Digital

Mind Map adalah suatu metode yang bisa mempermudah penyampaian suatu informasi. Maka tak heran jika Mind Mapping sangat diandalkan dalam dunia pendidikan. Terutama bagi mahasiswa untuk mempermudah pembelajarannya.

Tips Cara Membuat Mind Mapping

Berikut dibawah adalah beberapa tips seputar cara membuat Mind Mapping laptop dengan Microsoft Word, diantaranya yaitu:

1. Buat Sketsa dan Aplikasikan di Lembar Kerja Baru

Sebelum memulai pembuatan Mind Map pada Ms. Word, ada baiknya untuk membuat sketsa terlebih dahulu. Pembuatan sketsa dapat dilakukan di kertas atau semacamnya. Pembuatan sketsa ini bertujuan untuk mempermudah proses pembuatan Mind Map di Ms. Word nantinya.

Jika sudah membuat sketsa, bukalah lembar kerja baru di MS. Word dengan orientasi landscape. Dokumen landscape akan menyediakan lembar kerja yang lebih luas, sehingga pembuatan Mind Map dapat dilakukan dengan mudah. Lembar kerja yang lebih luas akan memudahkan permuatan informasi.

2. Buat Ide Central

Ide central adalah ide utama yang menjadi pusat dari pembahasan. Letakan ide central di tengah-tengah lembar kerja. Manfaatkan juga fitur Shape untuk mempermudah visualisasi. Gunakanlah bentuk yang sederhana, seperti bentuk lingkaran, oval, ataupun persegi panjang.

Jika Shape telah ditentukan, tulislah informasi tentang ide central di dalamnya. Manfaatkan fitur Text Box untuk melakukan hal ini. Gunakanlah font yang jelas agar mudah terbaca. Untuk menuliskan ide central, sebaiknya tuliskan saja kata kuncinya dengan satu hingga tiga buah kata.

3. Tambahkan Ide Pendukung

Ide pendukung adalah ide yang berkaitan dengan ide central dan dapat menjadi ide penjelas. Letakkan ide ini di sekitar ide central. Tidak ada aturan dalam peletakannya, tetapi sebaiknya tidak saling tumpang-tindih dan diletakan secara teratur. Gunakan juga shape berbentuk apapun untuk mempermudah visualisasi.

Baca Juga: Cara Mengganti Teks Tertentu dengan Cepat di Ms Word

Sama seperti ide central, tulislah juga informasi ide pendukung di dalam shape yang ada tentunya dengan bantuan Text Box. Masukan juga informasi dengan menggunakan kata kunci satu hingga tiga kata. Pada bagian ini sebaiknya pintar-pintarlah memilih kata-kata yang dapat mewakili informasi.

4. Buat Garis Penghubung

Setelah seluruh ide pendukung telah dibuat, sambungkanlah ide-ide pendukung tersebut dengan ide central. Manfaatkanlah fitur Line untuk melakukan hal ini. Ada banyak fitur Line yang dapat dimanfaatkan seperti garis lurus, melengkung, atau berkelok.

Sambungkan juga ide pendukung dengan ide pendukung lainnya jika ide-ide tersebut saling berkaitan. Buatlah secara rapi dan teratur agar informasi dapat tersalurkan dengan jelas. Kreasikan sekreatif mungkin, misalnya dengan menggunakan warna atau garis putus-putus.

5. Lengkapi dengan Hiasan

Cara membuat mind mapping di laptop yang terakhir adalah dengan membuatnya terlihat menarik. Tampilan menarik akan membuat informasi lebih mudah dimengerti. Untuk memberi hiasan, sisipkanlah clip atau gambar yang relevan dengan topik. Gambar juga dapat menggantikan shape sebagai visualisasi asalkan tulisan terlihat jelas.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

Gunakanlah clip dan gambar seperlunya. Jangan terlalu banyak, agar informasi tidak tertutup oleh gambar. Selain itu, Mind Map juga dapat dihiasi dengan background agar lebih menarik. Gunakanlah background yang tidak terlalu mencolok, agar informasi tetap dapat terlihat jelas.

Tidak sulit untuk membuat Mind Map. Minimal dengan software Ms. Word saja, semua ini dapat dilakukan. Ms. Word dapat menjadi cara membuat mind mapping di laptop yang paling simple dan tidak membutuhkan banyak modal. Asalkan mempunyai kreatifitas yang tinggi, semuanya dapat diwujudkan.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.