Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Pengertian dan 4 Tips Cara Menulis Press Release dengan Benar

2 min read

Cara Menulis Press Release

Press release adalah metode untuk menyiarkan sesuatu terkait informasi perusahaan, organisasi atau personal ke masyarakat umum melalui media massa secara online ataupun offline. Nah kali ini, saya akan membahas mengenai apa itu press release dan tips cara menulis press release.

Baca juga : tips cara memilih backlink berkualitas

Perlu Anda ketahui, umumnya press release dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi tertentu untuk melakukan branding (promosi) secara online melalui media nasional yang terpercaya seperti liputan6, detik, viva, sindonews dan sebagainya.

Secara umum press release dilakukan oleh para jurnalis professional dengan tata penulisan yang dituntut untuk jelas dan tidak sembarangan. Harus jelas dan rapi, supaya bisa dipahami oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan karena untuk penerbitan press release secara nasional perlu melewati berbagai pemeriksaan yang ketat.

Tips Cara Menulis Press Release dengan Benar

Berikut dibawah ini beberapa metode dan tips yang dapat Anda praktekkan dengan mudah untuk menulis press release, diantaranya yaitu:

1. Cari Intisari dari Berita atau Informasi

Sebelum melakukan press release, Anda perlu membuat script atau naskah dengan susunan yang jelas. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mengetahui informasi tersebut dengan baik, pastikan isi bahasan press release tersebut dapat dipahami oleh seluruh audiens dengan jelas.

Baca juga : tips cara bermain forex di android

Bukan hanya itu, sebagai penulis press release Anda dituntut mampu meningkatkan isi pembahasan dengan berbagai informasi tambahan yang relevan dan berkesinambungan. Umumnya, terdapat subjudul tambahan dan perubahan judul dengan penyusunan kalimat yang jelas agar lebih maksimal.

2. Gunakan Faktor 5W + 1H

Anda mungkin tak asing dengan hal ini yang sering dipelajari ketika di sekolah dasar. Penggunaan faktor 5W + 1H sangat berguna dalam membuat press release dengan jelas, faktor ini berfungsi untuk membantu penulis untuk fokus menyampaikan informasi secara jelas dan tidak melebar ke pembahasan yang lain.

Berbagai penulisan dapat dilakukan menggunakan faktor 5W + 1H seperti menulis naskah berita, artikel informasi, riset dan sebagainya. Tentu, Anda dapat membuat susunannya secara acak asal isi pembahasannya harus tetap relevan dan berhubungan dengan apa yang dibahas.

3. Gunakan Ilustrasi yang Menarik

Tips cara menulis press release yang selanjutnya yaitu menggunakan gambar ilustrasi menarik, Anda bisa menggunakan dua hingga tiga gambar ilustrasi yang relevan. Secara gratis, Anda bisa menggunakan berbagai gambar ilustrasi yang tersedia di unsplash.com atau pexels.com, bisa diunduh atau discreenshot.

Penggunaan ilustrasi yang relevan dapat menambah daya tarik bagi pembaca agar tidak bosan dalam membaca informasi press release, sehingga usahakan gunakan paling tidak 1 gambar ilustrasi.

4. Lakukan Pengecekan Ulang

Tips yang terakhir yaitu melakukan pengecekan ulang sebelum masuk ke proses penerbitan, hal ini perlu Anda lakukan untuk memeriksa apakah terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan seperti typo, bertele-tele, tanda baca yang tidak sesuai dan problem lainnya.

Baca juga : memahami struktur proposal penelitian

Setelah selesai membuat draft press release, maka Anda dapat mengirimkannya ke atasan dan mengirimkannya ke media tujuan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu seleksi dan penerbitan. Semoga berhasil.

Informasi Tambahan

Apabila Anda membutuhkan jasa press release di media nasional terpercaya untuk keperluan promosi atau branding secara online, Anda bisa menggunakan layanan kami yang memiliki harga terjangka dan berkualitas tinggi dengan bergaransi 100% tayang di https://masdzikry.com/jasa-press-release-indonesia/.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan yang dapat saya tulis mengenai apa itu press release dan beberapa cara menulis press release. Semoga bisa Anda pahami dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Jika ada pertanyaan atau hal lain, Anda bisa bertanya pada kolom komentar di bawah artikel ini. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.