Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

12 Kelebihan dan Kekurangan CMS Blogger milik Google

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan CMS Blogger

CMS atau singkatan dari Content Management System ialah platform yang berfungsi untuk mengelola komponen website seperti gambar, artikel, domain dan sebagainya. Nah di kesempatan ini saya akan membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan CMS blogger milik google.

Baca juga : tips cara memilih backlink berkualitas

Blogger atau sering disebut blogspot adalah platfrom CMS milik google yang berfungsi untuk membuat blog website secara gratis. Blogspot cocok digunakan untuk pemula dalam membuat website blog sederhana karena memiliki interface yang simple dan mudah dipahami.

Untuk penggunaannya, blogger hanya memerlukan akun google aktif dan bisa dijalankan tanpa domain khusus. Namun memiliki akhiran blogspot.com dari nama website yang Anda buat, seperti “iniwebsite.blogspot.com”. Untuk menghilangkannya, Anda bisa membeli domain dan menghubungkannya di blogspot tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan CMS Blogger

Pada dasarnya, ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari setiap CMS yang tersedia di internet, hal ini tergantung kebutuhan masing-masing. Pada beberapa orang lebih menyukai blogspot karena bisa dijalankan tanpa modal, namun ada juga yang menyukai CMS lain seperti wordpress agar lebih professional.

Kelebihan CMS Blogger

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan blogspot milik google untuk membuat website berjenis blog yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya, diantaranya yaitu:

1. Dapat Dijalankan secara Gratis

Tak seperti CMS lain seperti wordpress atau ghost, blogspot bisa Anda jalankan secara gratis hanya bermodalkan kuota internet dan akun google aktif.

Anda bisa mengaksesnya di situs resminya yaitu blogger.com dan klik tombol login untuk mulai membuat blog website dengan mudah dan gratis, semoga berhasil.

2. Memiliki Berbagai Fitur yang Mudah Dipelajari

Blogspot bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru belajar untuk mengelola website online berbasis CMS, didalamnya terdapat beragam fitur yang terbilang mudah untuk dipahami. Seperti membuat artikel, mengupload gambar, membuat internal link dan sebagainya.

3. Praktis dan Tidak Ribet

Keunggulan blogger yang selanjutnya yaitu praktis dan tidak ribet, dibanding pembuatan CMS lain seperti wordpress atau hugo, penggunaan blogspot menurut saya lebih praktis karena hanya memerlukan akun google aktif.

4. Hanya Memerlukan Akun Google Aktif

Dibanding CMS self host, proses pembuatan website menggunakan blogspot dapat dilakukan dengan cepat yaitu hanya membutuhkan akun google yang aktif. Anda bisa mulai membuat blog melalui situs resminya di alamat blogger.com, semoga berhasil.

5. Keamanan yang Lebih Terjamin

Blogspot dapat dikatakan memiliki keamanan yang cukup tinggi daripada CMS self host yang lain karena dilindungi langsung oleh Google, jadi Anda tak perlu khawatir terkait serangan ke website blog yang Anda miliki seperti serangan DDOS, Brute Force dan sebagainya.

Baca juga : tips cara menulis press release dengan benar

Namun, hal ini juga tergantung dari pemilik blog untuk menjaga akun google miliknya dengan baik, seperti tidak melupakan kata sandi, email recovery dan persoalan lainnya. Jadi, jaga baik-baik akun google yang didalamnya terdapat blog Anda.

6. Tidak Butuh Hosting

Penggunaan blogger dapat dijalankan dengan 100% gratis, tidak perlu hosting ataupun domain. Namun bila ingin terlihat lebih professional di mesin pencarian Google, Anda bisa membeli domain jenis TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .id dan sebagainya dengan harga terjangkau sekitar 100 hingga 300 ribu.

7. Cocok digunakan bagi pemula untuk Belajar membuat Website

Kelebihan dan kekurangan CMS blogger yang selanjutnya yaitu lebih cocok digunakan belajar bagi pemula untuk membuat website dari awal.

Hal ini dikarenakan blogger memiliki fitur dan interface yang menurut saya mudah dipahami untuk seseorang yang baru terjun di dunia website berbasis CMS.

8. Memiliki Komunitas yang Besar dan Solid

Mempunyai pengguna yang banyak dan komunitas solid juga menjadi keunggulan blogspot yang membantu Anda untuk mengatasi berbagai persoalan terkait blog.

Di Indonesia sendiri memiliki pengguna yang sangat banyak, Anda bisa menemuinya di facebook dengan menuliskan blogger Indonesia. Disana Anda menemukan berbagai orang ahli di bidang blog yang gemar berbagi materi dan ilmu secara gratis untuk pemula atau newbie seperti saya.

Kekurangan CMS Blogger

Adapun beberapa kekurangan blogspot yang juga perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya dalam jangka panjang, diantaranya yaitu:

1. Fitur Terbatas

Dalam hal ini, Anda tidak dapat melakukan modifikasi secara menyeluruh seperti website pada umumnya, seperti menambah fitur indikator SEO semacam plugin yoast seo atau rank math di wordpress, mengedit properti gambar di pustaka semacam wordpress dan sebagainya.

2. Kurang Professional

Bagi seseorang yang bergelut di bidang website, penggunaan blogspot bisa menjadi opsi yang kurang pas, karena terbatasnya fitur dan kurang cocok untuk jangka panjang.

Kebanyakan orang lebih memilih wordpress daripada blogger untuk membuat berbagai tampilan untuk kebutuhan perusahaan secara professional, seperti landing page untuk promosi, branding dan sebagainya.

3. Perlu Keahlian Khusus ketika Memodifikasi Tema Website

Secara umum, blog cukup susah untuk dimodifikasi layaknya CMS wordpress seperti menambah daftar isi, fitur AMP, fitur SMTP, rating dan sebagainya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan MAC OS

Sehingga, Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman XML untuk melakukan modifikasi tema di blog tersebut. Tentu, Anda bisa menyewa seseorang yang ahli di bidang ini untuk mengedit atau menambahkan beberapa fitur sesuai kebutuhan Anda. Tentu ini tidak gratis dan membutuhkan biaya tambahan.

4. Harus Mengikuti Aturan Google (DMCA)

Seperti yang kita tau, blogspot merupakan milik google yang berarti pengguna harus tunduk terhadap berbagai peraturan Google termasuk DMCA (Digital Millennium Copyright Act).

Pembuatan artikel yang melanggar dan menyalahi aturan tentu akan segera dihapus oleh Google seperti konten yang memuat file bajakan (blog download software ilegal), spam, penipuan dan sebagainya. Jadi, manfaatkan blogspot dengan baik dan benar ya.

Informasi Tambahan

Agar lebih maksimal, Anda perlu memahami beberapa teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk menjangkau banyak visitor di berbagai tempat. Seperti optimasi SEO off-page (backlink), SEO on-page (teknik penulisan) dan sebagainya. Jadi, jangan lelah untuk belajar ya.

Penutup

Jika terdapat banyak pertanyaan terkait hal ini, jangan segan untuk bertanya pada kolom artikel yang tersedia di bagian bawah artikel ini. Jika ada waktu, saya akan membalas sebisa mungkin.

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis di artikel ini mengenai kelebihan dan kekurangan CMS blogger atau blogspot. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua dan terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

3 Replies to “12 Kelebihan dan Kekurangan CMS Blogger milik Google”

  1. I simply could not depart your site before suggesting that I really enjoyed the standard information a person provide on your guests? Is gonna be back ceaselessly to investigate cross-check new posts.

  2. I want to to thank you for this very good read!! I absolutely loved every
    bit of it. I have got you book-marked to look at new things you post…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.