Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Tips Cara Memilih Backlink Berkualitas untuk Website

2 min read

Cara Memilih Backlink Berkualitas

Backlink termasuk metode cepat bagi pemain website SEO agar meningkatkan kualitas dan mampu bersaing di serp pencarian google, nah di kesempatan ini saya akan membagikan tips singkat seputar bagaimana cara memilih backlink berkualitas untuk optimasi SEO on-page website Anda.

Baca juga : cara melihat product key windows 10

Perlu Anda ketahui, backlink berbentuk link atau url di situs tertentu yang mengarah ke situs tujuan. Umumnya, backlink yang baik bersifat dofollow dengan anchor (kalimat url) singkat seperti 2 hingga 4 kata.

Penggunaan backlink perlu dilakukan dengan baik dan konsisten agar menghasilkan situs yang berkualitas. Backlink termasuk teknik SEO off-page yang dapat membawa pengaruh positif ataupun negatif ke situs Anda untuk meningkatkan traffik Anda. Ini berarti, Anda perlu selektif dalam memilih backlink.

Cara Memilih Backlink Berkualitas untuk Website

Berikut dibawah ini beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk mencari backlink berkualitas, diantaranya yaitu:

1. Periksa Kualitas Domain

Langkah pertama sebelum membeli atau melakukan backlink yaitu melakukan pemeriksaan domain, seperti domain authority (DA), page authority (PA), domain rating (DR), umur domain dan sumber backlink yang tertaut di domain tersebut.

Anda bisa secara gratis memeriksanya menggunakan tools yang banyak tersedia di internet seperti https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/ dan https://ahrefs.com/backlink-checker, umumnya DA PA diatas 20 atau lebih cukup bagus untuk dibuat backlink ke situs Anda.

2. Buat Konten unik secara Manual (tidak copas)

Setelah menemukan sumber backlink yang bagus, Anda perlu menuliskan artikel secara manual minim 300 kata dengan link didalamnya yang mengarah ke situs Anda. Jadi, pastikan untuk membuatnya secara unik, tidak copas agar tidak terdeteksi duplikat di serp percarian google.

Baca juga : jasa press release media nasional berkualitas

Hal ini saya sarankan karena penggunaan backlink dengan konten duplikat atau auto menggunakan robot semacam spin dapat membawa pengaruh negatif ke situs Anda, seperti kurang dipercaya google (trust domain menurun) dan bisa dikategorikan sebagai toxic domain (domain spam).

3. Tulis Informasi secara Mendetail

Penulisan artikel backlink dengan informasi yang jelas dan baik dapat membawa pengaruh positif ke situs Anda agar kedepannya backlink tersebut mampu bersaing dan terindex di serp google. Dengan begitu link backlink yang mengarah ke situs Anda memiliki potensi yang lebih berkualitas dan optimal.

4. Analisa Backlink menggunakan Tools Berbayar semacam Ahrefs

Sama seperti langkah pertama yaitu memeriksa domainnya terlebih dahulu, namun ini menggunakan tools berbayar seperti ahrefs, ubersuggest, moz atau yang lainnya.

Tools berbayar cukup akurat untuk melakukan analisa secara mendalam seperti keyword backlink, sumber backlink, site authority dan sebagainya. Untuk rekomendasi, saya sarankan tools ahrefs karena cukup murah dan memiliki banyak fitur untuk memeriksa backlink secara mendalam. Jadi, semoga berhasil.

5. Buat Backlink Berkualitas dengan Guest Post

Cara memilih backlink berkualitas yang terakhir yaitu melalui guest post, ini merupakan metode gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan authority atau kualitas website SEO Anda.

Baca juga : cara download video capcut tanpa watermark

Guest post bisa saja berbayar ataupun gratis, tergantung dari pemilik blog tersebut. Anda bisa menemuinya di berbagai komunitas blog online atau menghubunginya langsung secara private.

Informasi Tambahan

Ada banyak sekali backlink yang bertebaran di Internet dan forum seperti facebook atau kaskus. Agar lebih optimal dan paham, Anda perlu masuk ke berbagai grup facebook semacam wordpress Indonesia, blogger Indonesia untuk menjalin relasi dengan berbagai blogger di negara kita Indonesia.

Penutup

Apabila ada pertanyaan terkait hal ini, Anda bisa bertanya pada fitur komentar di bagian bawah artikel. Cukup sekian yang dapat saya bagikan mengenai cara memilih backlink berkualitas untuk website seo, semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di Artikel lainnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.