Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp yang Perlu Diketahui

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengirim pesan dalam bentuk teks, gambar, video, kontak, dan lainnya secara cepat dan mudah. Lantas apa kelebihan dan kekurangan WhatsApp?

Baca juga : cara melihat status whatsapp tanpa diketahui

Jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya, WhatsApp merupakan yang paling populer dan selalu membuat update terbaru sehingga fiturnya semakin lengkap dan menarik. Kini aplikasi WhatsApp bukan sekedar software chatting semata, namun sudah banyak digunakan untuk berbisnis sejak dikeluarkan versi WhatsApp bisnis.

Kelebihan WhatsApp

Banyaknya pengguna internet yang memakai WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan membuat software ini semakin populer. Tentu bukan tanpa alasan para pengguna tersebut memilih untuk menggunakan WhatsApp dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Tidak lain karena kelebihan yang dimiliki.

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan WhatsApp di perangkat Android yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Mudah Digunakan

Tampilan yang user friendly dan sederhana membuat WhatsApp sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Mereka tidak akan kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini meskipun baru pertama kali memakainya. Selain itu, untuk menggunakannya tidak harus melakukan registrasi yang rumit serta menyita banyak waktu.

Syarat yang harus dimiliki agar bisa menggunakan aplikasi ini adalah memiliki nomor aktif. Hampir semua merek ponsel dan sistem operasi bisa menggunakan WhatsApp karena software ini sudah kompatibel dan menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik di dunia. Anda bisa menggunakannya baik di iPhone maupun Android.

2. Sinkronisasi Otomatis

Anda tidak perlu menyimpan satu per satu kontak WhatsApp orang lain karena semua kontak sudah tersinkronisasi secara otomatis pada ponsel. Sehingga ketika ada kontak baru yang masuk, maka secara otomatis pengguna bisa langsung menghubungi melalui WhatsApp selama kontak tersebut juga memiliki aplikasi yang sama.

Baca juga : rekomendasi aplikasi edit foto jadi anime

Anda juga tidak harus melakukan proses sinkronisasi kontak telepon dengan WhatsApp karena semua sudah tersinkronisasi secara otomatis. Tentu dengan kelebihan seperti ini waktu pun jadi lebih hemat dan tidak perlu membuang-buang waktu untuk menghubungkan kontak tersebut satu per satu.

3. Tersedia Fitur Backup Chat

Tak perlu panik ketika ada chat penting yang tiba-tiba hilang di WhatsApp karena aplikasi ini telah menyediakan fitur yang dapat membantu pengguna untuk mencadangkan chat. Sehingga pesan tersebut tidak akan hilang meskipun uninstall WhatsApp selama sudah di-back up. 

Anda bisa menggunakan fitur cadangkan riwayat pesan ini agar bisa membaca pesan penting dan momen berharga suatu hari nanti. Namun, jika ingin lebih aman, maka bisa juga dengan screenshot chat tersebut dan disimpan di galeri ponsel.

4. Fitur Stories

Layaknya media sosial seperti Instagram dan Facebook, WhatsApp juga mengeluarkan fitur stories pada aplikasinya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat story setiap waktu dan akan hilang dalam waktu 24 jam. Cara penggunaan dan fungsinya pun pada dasarnya sama seperti media sosial lainnya.

Anda bisa berbagi momen dalam bentuk gambar, video, maupun teks. Banyak yang memanfaatkan stories untuk berjualan karena cukup efektif untuk menarik konsumen. Selain itu, tersedia juga fitur pengaturan privasi sehingga jika ada story yang hanya ingin dilihat orang-orang tertentu pengguna dapat mengaturnya.

5. Mudah Dikustomisasi

Proses kustomisasi pada aplikasi WhatsApp juga cenderung sangat mudah untuk dilakukan karena software ini bertipe open source. Itu artinya, pengguna bisa dengan mudah melakukan berbagai pengaturan termasuk mode gelap dan terang, riwayat chat, status, profil, dna masih banyak lagi.

Baca juga : kode remot tv china tabung terbaru

Anda bahkan dapat memblokir nomor yang sekiranya mengganggu, mengganti username dan background chat agar lebih menarik, membersihkan pesan otomatis. Jika ada pesan penting, pengguna juga dapat memberi tanda bintang agar lebih mudah dicari.

Kekurangan WhatsApp

Di balik kelebihan yang dimiliki, WhatsApp juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kelemahan aplikasi WA yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Sering Minta Update

Pihak developer WhatsApp sering melakukan update untuk memberikan fitur dan kenyamanan terbaik kepada pengguna. Namun, seringkali hal ini juga cukup mengganggu karena harus melakukan sinkronisasi.

Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu update tersebut karena memang ada fitur terbaru yang ditambahkan atau tidak ada efek sama sekali. Jangan lupa untuk selalu mem-back up pesan untuk mengantisipasi hilangnya pesan secara otomatis. Update juga diperlukan untuk meningkatkan performa dan menghapus file sampah.

2. Emoticon Kurang Menarik

Jika dibandingkan aplikasi perpesanan lain, emoticon yang tersedia pada aplikasi WhatsApp memang terkesan kurang menarik. Namun, lagi-lagi terkait hal ini tentu saja tergantung dari selera setiap orang. Karena ada pengguna yang tidak terlalu membutuhkan emoticon ekspresif.

Namun, di WhatsApp juga tersedia fitur-fitur sticker yang bisa Anda gunakan untuk mengekspresikan diri pada saat mengirim pesan kepada pengguna lain.

3. Memiliki Ukuran Volume Data Cukup Besar

Untuk bisa mengunduh WhatsApp pada smartphone, maka dibutuhkan volume data yang cukup besar. Terutama ketika digunakan untuk menonton status video, mengirim video, dan lainnya maka kuota akan terkuras cukup banyak secara otomatis.

Baca juga : contoh peluang usaha bisnis digital masa kini

Namun, jika hanya digunakan untuk mengirim dan menerima pesan maka tidak akan banyak masalah dan memori yang dibutuhkan juga cenderung kecil.

Penutup

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan WhatsApp di atas, maka Anda bisa mempertimbangkan apakah akah menggunakan software ini atau beralih ke aplikasi lain. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.