Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Metode Cara Mengatasi Lupa Password ZTE F609

2 min read

Cara Mengatasi Lupa Password ZTE F609

ZTE F609 ialah salah satu tipe router yang kini sering digunakan di layanan WiFi berbayar, seperti Indihome contohnya. Nah di kesempatan ini, saya akan membahas mengenai beberapa tips dan metode cara mengatasi lupa password ZTE F609 yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Baca juga : cara melihat login ip indihome

Perlu Anda ketahui, router ZTE F609 sendiri memiliki berbagai keunggulan, salah satunya yaitu memiliki harga yang terjangkau dan dapat dikonfigurasikan dengan mudah di berbagai layanan WiFi dalam menyebarkan sinyal dari ONT modem utama.

Permasalahan lupa password pada router ZTE memang sering terjadi pada beberapa pengguna, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini. Bisa jadi karena kesalahan dalam membuat kata sandi yang rumit, tidak mengingat username yang dibuat, kesalahan konfigurasi dan sebagainya.

Cara Mengatasi Lupa Password ZTE F609

Berikut dibawah ini beberapa metode untuk mengatasi error ZTE F609 tidak bisa login karena lupa password, diantaranya yaitu:

1. Login menggunakan Admin Default

Metode pertama ini dapat dilakukan apabila Anda termasuk pengguna WiFi Indihome yang menggunakan router tipe ZTE F609.

Dalam hal ini, Anda perlu mengakses alamat ip router tersebut. 192.168.1.1 adalah alamat defaultnya, di bagian usernamenya silahkan isi “admin”, sedangkan password diisi “Telkomdso123”. Klik tombol login untuk melanjutkan.

Agar lebih jelas, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di artikel yang telah saya buat sebelumnya dengan judul cara login admin WiFi indihome.

2. Login dengan Detail yang Ada di Bawah Router

Cara mengatasi lupa password ZTE F609 selanjutnya yaitu dengan login default menggunakan username dan password di bagian bawah router. Cara ini bisa dilakukan jika Anda lupa password ketika belum melakukan konfigurasi apapun alias masih baru beli.

Baca juga : rekomendasi aplikasi pembobol wifi WPA2

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melihat sisi bawah router dan login menggunakan data default tersebut, seperti SSID (nama wifi) dan password yang tertera.

Walau terkesan simple, cara ini ternyata cukup ampuh apabila router ZTE F609 yang Anda miliki belum dikonfigurasi dengan maksimal.

3. Pastikan Alamat Login Benar

Umumnya, untuk login ke router ZTE F609, pengguna perlu mengakses alamat http://192.168.1.1 melalui aplikasi browser. Akan tetapi, ini juga bisa berbeda apabila telah dikonfigurasi sebelumnya.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar memastikan bahwa alamat ip loginnya sudah sesuai dengan konfigurasi didalamnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan CMD dengan menuliskan perintah “ipconfig”, secara otomatis alamat ip akan tertera di bagian default gateway.

4. Reset Router

Reset router dinilai cukup berhasil dalam mengatasi lupa password ZTE F609. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol reset di sisi kanan router menggunakan jarum atau bulpoint selama beberapa detik (15-20 detik) hingga router memulai ulang kembali.

Baca juga : pengertian dan fungsi repeater pada jaringan komputer

Setelah reset dilakukan, maka Anda bisa login menggunakan password default yang tertera di bawah router tersebut. Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan hal ini, karena berbagai konfigurasi didalamnya juga akan turut terhapus (kembali ke setelan pabrik).

Namun, jika router Anda kosongan atau hanya bekerja sebagai repeater, Anda tak perlu khawatir akan hal ini karena mengkonfigurasi router ke repeater bisa dibilang sangat mudah.

5. Hubungi Teknisi yang Memasang WiFi

Apabila semua langkah diatas sudah dipraktekkan dengan benar, namun tidak membuahkan hasil, maka Anda perlu menghubungi teknisi yang mengkonfigurasi WiFi pada router tersebut.

Cara ini bisa dilakukan, apabila Anda termasuk pengguna WiFi berbayar di layanan Indihome yang biasanya menggunakan router ZTE F609. Umumnya, Anda akan diberi nomer whatsapp teknisi yang bertugas untuk memperbaiki berbagai kerusakan pada WiFi tersebut.

Kesimpulan

Memperbaiki gagal login di ZTE F609 bisa dibilang susah dan mudah, ini juga tergantung dari keahlian yang dimiliki seseorang mengenai troubleshooting jaringan. Sehingga, Anda perlu menambah wawasan mengenai hal ini dengan cara mengikuti pelatihan online atau sekedar menonton ulasan informasi di youtube.

Jika Anda kebingungan dalam permasalahan ini, saran saya silahkan hubungi teman atau kerabat yang benar-benar paham mengenai IT atau jaringan komputer. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik, sekian dan terimakasih.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.