IP Indihome: Pengertian, Fungsi, Cara Melihat dan Defaultnya

2 min read

IP Indihome

Indihome ialah provider atau penyedia layanan internet untuk wifi berbayar yang dibuat dan dikembangkan oleh telkom. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa alamat ip indihome yang digunakan secara default dan pembahasan terkait lainnya yang perlu anda ketahui.

Baca juga : cara setting modem zte f609 menjadi router

Pastinya ketika anda mulai berlangganan wifi berbayar bulanan di layanan Indihome, anda akan diberi oleh teknisi tersebut berupa perangkat router beserta username dan passwordnya untuk mengakses internet. Akan tetapi, kita seringkali lupa dan kurang mengetahui tentang hal-hal tersebut.

Pengertian IP

Ip atau singkatan dari internet protocol ialah lapisan dalam jaringan internet yang berfungsi sebagai protokol dan komunikasi bagi perangkat komputer yang menggunakan internet. Terdapat dua fungsi utama alamat ip yakni sebagai host yang berfungsi untuk mengidentifikasi jaringan dan sebagai alat komunikasi antar perangkat lainnya (menentukan lokasi perangkat).

Alamat ip tersusun atas label numerik berupa angka yang telah disesuaikan pada setiap perangkat untuk berkomunikasi di jaringan internet. Sehingga, alamat ip antar perangkat komputer atau android yang terhubung ke internet tidak sama dan berbeda-beda.

Fungsi IP Indihome

Indihome juga mempunyai ip sendiri untuk login ke jaringan wifinya (router), singkatnya ip indihome digunakan untuk membuka dan mengakses router atau modem Indihome, kemudian didalamnya juga memerlukan Username dan Password yang digunakan sebagai proses login atau autentifikasi ke dalam perangkat tersebut.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan DHCP server

Apabila anda berlangganan menggunakan Indihome, otomatis akan mendapatkan perangkat modem dan router yang memiliki merk beragam. Untuk login ke routernya, terdapat dua username dan password default yang digunakan oleh Indihome, diantaranya yaitu:

  1. User = user & pass = user
  2. User = admin & pass = admin

Sementara, untuk default login superuser Indihome-nya yaitu:

  1. User = telecomadmin & pass = admintelecom
  2. User = support & pass = theworldinyouhand

Jika anda mencoba login menggunakan username dan password diatas, namun tetap tidak bisa, maka katasandi atau password router tersebut telah berubah atau diganti oleh penggunanya.

Cara Melihat Ip Indihome

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang mulai menggunakan Indihome, sehingga layanan Indihome harus selalu ditingkatkan dan diperbarui untuk menjaga kualitasnya. Hal ini pula yang membuat versi modem semakin beragam, jadi jangan bingung apabila modem yang anda gunakan berbeda dengan pengguna Indihome lainnya. Untuk melihat ip Indihome, terdapat dua cara yang dapat anda lakukan, diantaranya yaitu:

1. Melalui CMD windows

  • Sambungkan terlebih dahulu perangkat laptop atau komputer windows anda ke wifi Indihome.
  • Buka CMD dengan cara klik tombol keyboard logo windows + r, tulis cmd dan klik enter.
  • Kemudian tulis perintah ipconfig, lalu klik enter untuk melanjutkan.
  • Scroll kebawah dan lihat bagian wireless lan adapter wi-fi, alamat ip indihome tersebut ada dibagian default gateway, lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.

Cara melihat ip indihome

2. Melalui perangkat routernya

Umumnya, di bagian belakang fisik router Indihome terdapat semua data login default yang diberikan, baik itu, username, password dan alamat ipnya yang diawali dengan angka 192. Kemudian, anda juga bisa melihatnya melalui buku panduan dalam kardusnya saat menerima perangkat router tersebut.

Apabila kedua cara diatas tadi tetap tidak membuahkan hasil, anda bisa langsung menghubungi teknisi yang memasang wifi Indihome anda. Seringkali, ketika memasang wifi, anda akan diberikan nomer teknisi tersebut untuk bertanya dan memperbaiki terkait wifi Indihome yang digunakan.

Macam-macam IP

  1. Ip Public, alamat dalam jaringan internet yang otomatis digunakan ketika mengakses internet.
  2. Ip Public Dynamic, alamat yang dikenali oleh jaringan internet namun tidak tetap dan berubah-ubah saat perangkat modem direstart atau berhenti berlangganan.
  3. Ip NAT/Lokal, alamat yang hanya terdapat di satu jaringan wifi lokal seperti wifi rumahan.

Alamat IP Indihome Speedy Default

Berikut dibawah ini beberapa alamat ip indihome speedy default di berbagai macam router wifi yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

  • ZTE F609 = 192.168.1.1
  • ZTE ZXHN H108N = 192.168.1.254
  • ZTE F660 = 192.168.1.253
  • TP-Link TD-8817 = 192.168.1.1
  • Alcatel-Lucent I-240W-A = 192.168.1.1
  • Huawei HG8245h = 192.168.100.1
  • G-240W-F = 192.168.1.1
  • ZTE ZXHN H108N = 192.168.1.254
  • Huawei HG532e = 192.168.1.254
  • Huawei SmartAX MT882a = 192.168.1.1

Penutup

Akhir kata, demikian pembahasan yang dapat saya bagikan mengenai ip indihome, mulai dari pengertian, fungsi cara melihat ip indihome dan daftar alamat ip defaultnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *