Perbedaan Indihome dan Wifi ID yang Perlu Diketahui

2 min read

Perbedaan indihome dan wifi id

Saat ini, penggunaan wifi dibutuhkan oleh banyak orang dalam berbagai aktivitas dunia maya, seperti belajar, bekerja, mengakses file dan hal lainnya. Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan indihome dan wifi id yang perlu anda ketahui.

Baca juga : fungsi tombol alt pada keyboard laptop dan komputer

Perlu anda ketahui, wifi ialah teknologi jaringan yang digunakan untuk mengakses internet secara wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan gelombang radio untuk bertukar data. Salah satu kelebihan wifi yaitu harga yang lebih murah dan memiliki kecepatan yang tinggi dan stabil dibanding kuota internet.

Bagi anda yang berlangganan menggunakan layanan telkom pasti sering melihat jaringan indihome dan wifi id. Keduanya memiliki satu kesamaan yang merupakan provider atau penyedia layanan jaringan internet wifi berbayar yang dibuat oleh telkom, lantas apa perbedaan dari indihome dan wifi id ini?, simak pembahasannya dibawah ini.

Perbedaan Indihome dan Wifi ID

Walaupun kedua layanan ini dibuat oleh pendiri yang sama yakni produk dari telkom, akan tetapi penggunaan indihome dan wifi id sangatlah berbeda. Jaringan indihome digunakan secara pribadi sedangkan jaringan wifi id ditujukan untuk ruang publik seperti tempat wisata, kafe, perkantoran dan sebagainya.

Pengertian

Berikut ini pengertian singkat antara indihome dan wifi id agar dapat menambah wawasan anda seputar perbedaan kedua layanan tersebut, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

  • Wifi Indihome Speedy

Seamless@Wifi.id atau yang lebih dikenal dengan wifi indihome speedy ialah layanan internet yang ditujukan untuk penggunaan pribadi, sehingga untuk menggunakannya anda perlu berlangganan terlebih dahulu. Dalam penggunannya, wifi indihome memiliki biaya pemakaian yang akan diberikan ke pengguna setiap bulannya, kemudian harga paket voucher indihome juga bervariasi yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

  • WIFI ID

Wifi.id ialah produk dari ISP telkom yang menyediakan layanan internet berbayar secara wireless hotspot untuk jaringan publik yang mempermudah banyak orang dalam mengakses internet. Umumnya, jaringan wifi id ini diterapkan pada berbagai tempat umum, seperti tempat wisata, taman, kafe, halte, perkantoran, dan tempat umum lainnya.

Adapun beberapa kelompok layanan WiFi.id yang tersedia, yaitu:

  • Seamless@wifi.id.
  • @Wifi id.
  • Flashzone Seamless.

Pengguna dapat menggunakan layanan wifi id dengan melakukan pembelian paket voucher melalui SMS pada operator seluler yang tersedia, seperti Indosat, Tri, Telkomsel, XL dan operator lainnya. Setelah mendaftar, pengguna akan mendapatkan sms balasan berupa informasi pin untuk login ke jaringan wifi id tersebut.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke wifi id tersebut (tanpa password) dan perangkat android atau laptop anda akan terdapat sebuah pemberitahuan untuk login ke wifi tersebut, didalamnya juga terdapat sebuah petunjuk dalam melakukan pembelian voucher wifi melalui sms.

Anda perlu mengirim SMS dengan format pesan NET (spasi) Nominal Paket yang tersedia. Seperti contoh membeli paket sehari dengan harga 5000, maka yang perlu anda tulis yakni NET 5000 lalu kirim ke 98108. Wifi id memiliki paket harga yang bervariasi, seperti mingguan, harian atau paket bulanan. Untuk lebih jelasnya anda bisa menggunakan aplikasi Wifi Go yang disediakan oleh wifi id (tersedia di playstore).

Layanan wifi id juga mempunyai berbagai kelebihan, salah satunya yaitu auto connect yang dapat terhubung secara otomatis ketika memasukkan pin atau id voucher. Akan tetapi, pastikan juga disekitar anda terdapat jaringan ssid wifi.id yang berasal dari modem speedy atau modem indihome.

Kesimpulan

Singkatnya WiFi.id adalah layanan internet khusus jaringan publik yang dibuat oleh ISP telkom dengan menggunakan wireless hotspot yang dilengkapi kecepatan internet hingga 100 Mbps, wifi id bisa digunakan oleh banyak orang disekitar jangkauan jaringan dengan mendaftar dan melakukan pembelian voucher melalui sms operator seluler masing-masing.

Sedangkan Indihome atau layanan Seamless@wifi.id ialah penyedia layanan internet untuk pribadi yang penggunannya berbasis wireless dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Layanan ini juga termasuk fasilitas tambahan bagi pelanggan indihome yang memiliki harga lebih murah dibanding wifi id.

Penutup

Akhir kata, demikian pembahasan yang dapat saya bagikan mengenai perbedaan wifi id dan indihome, semoga dapat anda pahami dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Cukup sekian dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *