10 Fungsi Tombol ALT pada Keyboard Laptop dan Komputer

2 min read

Fungsi tombol alt

Alternate atau ALT merupakan salah satu tombol pada keyboard yang berfungsi untuk melakukan kombinasi dalam menjalankan program atau instruksi tertentu, sehingga fungsi tombol ALT ini dapat pengguna manfaatkan untuk banyak hal.

Baca juga : fungsi software dan hardware pada komputer

Penggunaan tombol alt ini cukup mempermudah operasional perangkat laptop ataupun komputer. Cara menggunakannya harus dikombinasikan dengan tombol yang lainnya. Salah satu contohnya yaitu akses cepat atau shortcut menu pada berbagai program seperti Ms Office, Ms Word, Opera mini dan masih banyak lagi. Jadi, anda tidak perlu masuk ke setiap menu menggunakan mouse atau touchpad lagi.

Bukan hanya mempermudah, mengenali fungsi tombol pada keyboard juga akan membantu ketika terjadi kerusakan pada touchpad atau mouse. Jadi fungsi keyboard bukan hanya untuk mengetik teks saja tetapi juga mengoperasikan komputer. Apa saja kombinasi tombol yang digunakan serta fungsinya? Simak di sini.

Fungsi Tombol ALT pada Ms Word

Setiap kombinasi tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Biasanya penjelasan mengenai fungsi tombol ini terdapat pada menu. Contoh kombinasi yang mudah ditemukan adalah pada toolbar di Ms Office. Tapi untuk mengetahui kombinasinya kamu pasti akan kesulitan untuk mengeceknya satu per satu bukan?

Berikut ini fungsi tombol ALT dan kombinasinya yang bisa dihafalkan ketika hendak menggunakannya di Ms Word.

1. Menambahkan bullet atau numbering

Kombinasi yang pertama dan paling sering digunakan adalah untuk masuk ke menu bullet dan numbering. Untuk masuk ke menu ini tinggal tekan Alt+Ctrl+L dan pada layar akan otomatis masuk ke menu tersebut.

2. Memperlihatkan tanggal

Tanggal juga bagian penting dalam menulis surat, untuk memperlihatkan tanggal cukup tekan Ctrl+Shift+D. Selesai menekan kombinasi tombol tersebut, maka tanggal akan langsung muncul.

3. Menyisipkan dan memberikan komentar

Lembar kerja Ms Word juga bisa ditambahkan komen seperti Google Docs. Untuk masuk ke menu tersebut tinggal tekan Alt+Ctrl+M. Maka kolom komen akan terlihat dan tinggal mengetik saja.

4. Endnote dan Footnote

Sedang membuat skripsi atau tulisan ilmiah? Endnote dan Footnote pasti dibutuhkan. Untuk masuk ke menu Endnote dengan mudah kamu bisa tekan ALT+Ctrl+D. Jika ingin masuk membuat footnote bisa tekan Alt+Ctrl+F.

5. Membuka Toolbar Page Layout

Page layout dibutuhkan untuk mengatur komposisi tulisan dan banyak menu yang ada di dalamnya. Tombol shortcut re ke page layout adalah tombol Alt saja.

Ada juga menu shortcut yang digunakan untuk membuat lembar kerja yang baru. Tombol ini sebenarnya bukan hanya digunakan pada Ms Word saja, tetapi hampir semua aplikasi. Tombol shortcut untuk memilih menu layout adalah Ctrl+N, hanya saja di sini tidak menggunakan tombol Alt.

Fungsi Tombol ALT pada Windows

Fungsi tombol ALT juga sangat membantu ketika mengoperasikan program Windows. Seperti untuk dilihat menu favorit, masuk ke menu file, keluar dari game dan masih banyak lagi. Jadi sangat memungkinkan untuk mengoperasikan laptop atau komputer tanpa menggunakan mouse.

1. Kombinasi untuk masuk ke menu favorit

Kamu mungkin saja ingin dilihat aplikasi favorit apa saja yang sering digunakan di laptop. Jika ada banyak aplikasi yang digunakan, kamu bisa memanfaatkan fungsi tombol ALT yang dikombinasikan menjadi ALT+O.

2. Kombinasi untuk masuk ke menu file

Ingin masuk ke file yang kamu butuhkan dengan cepat? Ada kombinasi tombol Alt yang bisa kamu gunakan yaitu ALT+F. Setelah masuk ke halaman Windows kamu bisa langsung tekan kedua tombol tersebut.

3. Kombinasi untuk Mengecilkan Jendela atau Tab

Apabila sedang browsing, kamu mungkin ingin mengecilkan jendela tersebut agar bisa dilihat aplikasi lainnya. Kombinasi tombol yang bisa digunakan adalah Alt+Esc. Cara ini juga bisa digunakan ketika sedang menonton film di browser.

4. Kombinasi untuk masuk menu awal

Apabila kamu ingin masuk ke halaman utama dari web browser setelah sekian lama browsing maka tak perlu membuka tab baru. Tinggal tekan Alt+Home saja.

5. Kombinasi untuk masuk ke menu Task Manager

Task Manager adalah menu yang paling sering digunakan pada Windows. Untuk masuk biasanya kamu harus klik kanan pada mouse dan masuk ke proses panjang. Tapi cukup dengan tekan Ctrl+Alt+Del saja menu Task Manager akan muncul.

Apabila dibandingkan dari fungsi tombol ALT pada Ms Word dan Windows ada perbedaan yang sangat terlihat yaitu penggunaan tombol Shift dan Ctrl. Pada pengoperasian Windows sebagian besar hanya langsung menggunakan ALT dan langsung perintahnya jadi lebih mudah dihafalkan.

Kombinasi Tombol Alt

Berbeda dengan kombinasi tombol pada Ms Word yang menambahkan kombinasi Ctrl atau Shift. Ada juga fungsi tombol CTRL yang dikombinasikan dengan Alt dan angka sebagai berikut:

  1. Membuat huruf lebih besar (heading) : Ctrl+Alt+1.
  2. Membuat huruf lebih besar dan tercetak miring : Ctrl+Alt+2
  3. Membuat huruf kembali semula : Ctrl+Alt+3.

Fungsi tombol shift cukup berbeda biasanya dikombinasikan dengan Alt dan huruf, contohnya sebagai berikut:

  1. Menulis tanggal, bulan dan tahun : Ctrl+Shift+D
  2. Menulis angka 1 : Alt+Shift+P
  3. Masuk ke view toolbar : Alt+Shift+V
  4. masuk ke Mark Index Entry : Alt+ Shift+X

Penutup

Sebetulnya, masih banyak fungsi tombol ALT yang bisa dikombinasikan dengan tombol lainnya dan bisa kamu pelajari secara perlahan. Kamu juga bisa mulai menghafalkannya dari menu yang paling sering digunakan.

Akhir kata, demikianlah pembahasan mengenai fungsi tombol alt secara umum, semoga bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik. Cukup sekian yang dapat saya bagikan dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *