16 Tujuan dan Fungsi Gambar Ilustrasi beserta Contohnya

2 min read

Fungsi gambar ilustrasi

Ilustrasi merupakan suatu bentuk atau gambar yang menggambarkan suasana, keadaan maupun abstrak lainnya yang tidak tampak untuk memperoleh pikiran representative dengan hal yang ingin digambarkan. Ada banyak fungsi gambar ilustrasi yang bisa dilihat dari keindahannya atau apa yang disampaikan dari ilustrasi tersebut. Tak sedikit yang mengira bahwa gambar biasa sama dengan ilustrasi, padahal keduanya berbeda.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan koran

Kunci dasar yang membedakan antara gambar biasa dengan ilustrasi dapat dilihat dari fungsi gambar ilustrasi yang mempresentasikan gambar tersebut, sedangkan gambar biasa belum tentu memiliki makna dari apa yang ingin disampaikan.

Adapun sesuatu yang dipresentasikan tersebut dapat berupa teks deskriptif, eksplanasi, prosedur, narasi atau hal abstrak lainnya yang tidak bisa dimengerti. Untuk mengetahui lebih lanjut simak tujuan ilustrasi beserta fungsinya melalui pembahasan dibawah ini.

Tujuan Gambar Ilustrasi

Ada yang mengatakan jika ilustrasi berasal dari kata ilusi yang artinya angan-angan untuk hiasan belaka. Penggunaan ilustrasi bukan tanpa sebab, melainkan ada beberapa tujuan yang harus dipenuhi melalui gambar ilustrasi, salah satunya untuk membantu orang angkat lebih mudah dan cepat memahami yang dimaksud. Adapun berikut ini merupakan tujuan gambar ilustrasi, di antaranya yaitu

  1. Mempermudah seseorang dalam memahami serta mengingat informasi yang disampaikan.
  2. Ilustrasi mengandung makna yang bertujuan untuk memperjelas atau menegaskan pesan maupun informasi yang ingin disampaikan kepada seseorang yang dituju.
  3. Dapat memberikan representative atau gambaran mengenai hal abstrak dan tidak diketahui.
  4. Ilustrasi memiliki kandungan keindahan yang bertujuan untuk memberi variasi lain atau hiasan dari informasi yang akan disampaikan, agar lebih menarik serta menyenangkan.
  5. Dapat memancing pembaca dalam membaca buku cerita untuk berimajinasi lebih luas.
  6. Menurut Putra dan Lakoro (2012, hlm.2), tujuan ilustrasi gambar pada buku yaitu untuk menghiasi atau menerangkan cerita, puisi, tulisan atau informasi lainnya.
  7. Ilustrasi dapat mengisi ruang yang kosong dalam suatu layout atau tata letak.

Fungsi Gambar Ilustrasi

Ilustrasi bukan lagi terbatas pada gambar yang mengiringi teks, tetapi juga pada hal yang lebih luas dengan tujuan yang sama yaitu untuk menarik atau sebagai alat bantu menjelaskan sesuatu agar lebih jelas. Berikut ini merupakan beberapa fungsi gambar ilustrasi, di antaranya yaitu:

  1. Memiliki fungsi nilai keindahan untuk perwajahan.
  2. Berfungsi untuk memberikan gambaran dari isi tulisan atau cerita yang ingin disampaikan, seperti pada komik atau novel bergambar.
  3. Sebagai sarana untuk mengungkapkan pengalaman dari kejadian yang dirasakan dalam bentuk gambar.
  4. Memudahkan seseorang untuk memahami keterangan atau penjelasan dari sebuah tulisan.
  5. Untuk menarik perhatian seseorang yang melihatnya. Di mana sebuah buku atau majalah yang disisipkan gambar ilustrasi, lebih banyak membuat orang tertarik untuk mengetahui isi buku.

Fungsi Gambar Ilustrasi menurut Para Ahli

Sedangkan menurut Arifin & Kusrianto (2009, hlm.70-71), fungsi ilustrasi dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun beberapa fungsi gambar ilustrasi (menurutnya), sebagai berikut:

1. Fungsi Deskriptif

Fungsi deskriptif artinya ilustrasi gambar menggantikan uraian verbal berbasis tulisan atau teks. Melalui ilustrasi deskriptif ini seseorang dapat memahami tulisanmu lebih mudah dan lebih cepat dengan cara menyenangkan.

2. Fungsi Kualitatif

Fungsi kualitatif artinya fungsi gambar ilustrasi untuk memberikan gambaran umum dari data-data statistik, seperti diagram, grafik, tabel atau foto yang memudahkan seseorang dalam membaca atau mencerna data kualitatif yang berasal dari observasi, survei, eksperimen maupun berbagai macam penelitian lainnya.

3. Fungsi Ekspresif

Fungsi ekspresif artinya ilustrasi gambar berfungsi untuk menyatakan suatu perasaan, situasi ataupun konsep yang abstrak atau kurang dimengerti oleh teks dengan tujuan agar tepat sasaran, lebih mengena serta berbentuk konkret. Contoh fungsi ekspresif yaitu memperlihatkan ekspresi suprasegmental seperti senang, marah, sedih dan lainnya.

4. Fungsi Analitis atau Struktural

Fungsi analitis atau struktural dalam ilustrasi gambar yaitu untuk memberikan rincian bagian dari suatu benda atau hal lainnya. Dalam hal ini, cara gambar ilustrasi mungkin tidak mudah, karena akan memperlihatkan suatu sistem maupun proses secara mendetail sehingga lebih mudah dipahami dan dianalisis.

Contoh Ilustrasi Gambar yang Sering Ditemui

Contoh gambar ilustrasi

Setelah mengetahui tujuan dan fungsi gambar ilustrasi, mungkin Anda seringkali melihat contoh ilustrasi gambar dalam kehidupan sehari-hari namun tidak menyadarinya. Adapun berikut contoh gambar ilustrasi, yaitu:

  1. Saat menemukan majalah, mungkin Anda akan tertarik pada gambarnya terlebih dahulu sebelum mengetahui isi atau membaca majalah tersebut.
  2. Ketika membaca koran mengenai bencana yang terjadi pada suatu tempat pasti disuguhkan gambar untuk lebih mudah mengetahui kejadian yang terjadi.
  3. Saat membaca buku biologi mengenai anatomi tubuh manusia pasti disisipkan gambar untuk menelaah materi pelajaran tersebut dengan mudah.

Penutup

Itulah beberapa hal mengenai gambar ilustrasi yang bisa Anda ketahui mulai dari tujuan, fungsi gambar ilustrasi beserta contohnya. Tanpa adanya gambar ilustrasi, mungkin kita akan sulit mengetahui atau memahami isi teks atau tulisan yang dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *