16 Kelebihan dan Kekurangan Koran yang Perlu Diketahui

5 min read

Kelebihan dan kekurangan koran

Anda pasti telah tau mengenai apa itu koran. Di era modern ini, koran terus mempertahankan keberadaannya dan tetap eksis untuk menyampaikan situasi terkini di masyarakat. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan koran dibandingkan media cetak lainnya? simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan handphone

Dikalangan masyarakat, media cetak koran telah dikenal dan populer sejak puluhan yang lalu. Pada era penjajahan, koran dimanfaatkan masyarakat dalam bertukar informasi dan membakar semangat para pejuang agar tidak menyerah dalam memperjuangkan kemerdekaan negara kita, Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Koran

Saat ini, kehadiran media cetak seperti koran pada era digital mulai kehilangan peminatnya. Media Online lebih digemari oleh banyak orang karena memiliki beragam kelebihan, salah satunya yaitu akses yang cepat dan terupdate. Akan tetapi, para pengelola koran juga tidak ketinggalan untuk mulai berinovasi ke lebih modern dan digital. Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan koran yang menarik untuk anda pahami.

Kelebihan Koran

Berikut ini pembahasan mengenai beberapa kelebihan koran di era modern saat ini dibandingkan dengan media cetak lainnya yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Memiliki harga yang terjangkau

Koran diminati oleh masyarakat karena mempunyai harga jual yang terjangkau dan lebih murah dibanding majalah atau tabloid. Pastinya banyak kalangan masyarakat dari semua golongan bisa mendapatkan koran dan berlangganan setiap harinya, baik itu remaja, orang tua atau anak-anak. Sehingga anda tidak pernah ketinggalan berita terkait informasi saat ini yang ada di masyarakat.

2. Menyajikan berbagai informasi dan berita terkini

Dengan menggunakan koran, anda bisa memperoleh berbagai situasi dan informasi terkini. Oleh sebab itu, masyarakat dapat mengetahui hal-hal atau suatu perkembangan berbagai bidang dengan mudah. Baik itu bidang ekonomi, hiburan, kriminal, olahraga, sosial atau yang lainnya. Sementara pada media cetak lain seperti tabloid biasanya hanya menyajikan dan fokus dalam satu pembahasan saja.

3. Mengetahui perkembangan yang ada di masyarakat dengan cepat

Pastinya dengan menggunakan koran, anda bisa mengetahui sejumlah sesuatu yang berkembang di tengah masyarakat, seperti kasus pencurian, pembajakan ataupun inovasi teknologi. Sehingga, anda tidak akan ketinggalan mengenai berita yang sedang hangat di masyarakat.

4. Bahan bacaan dan sumber referensi

Selain menampilkan berbagai berita terkini, di dalam koran juga memuat bahan bacaan bagi remaja dan anak-anak, seperti cerita pendek, pengetahuan, inovasi dan hal hal lainnya. Oleh sebab itu, media cetak koran dapat digunakan sebagai sumber referensi untuk belajar bagi para pelajar dalam menambah wawasan dan pengetahuan.

5. Mudah disimpan dan dapat dibaca kembali

Dalam segi ukuran, media cetak koran cukup lebar dibanding dengan tabloid ataupun majalah. Akan tetapi, koran memiliki ukuran yang lebih tipis, sehingga lebih mudah untuk dilipat dan disimpan di berbagai tempat.

Hal ini juga mempermudah anda untuk menyimpan dan membawanya di dalam tas atau ransel. Jika disimpan dengan benar, anda bisa membuka koran kapan saja untuk dibuka kembali. Terlebih lagi, cukup banyak para pelanggan koran yang gemar mengoleksi berbagai jenis koran dan sering dibuat klipping dalam berita atau bidang tertentu yang dirasa penting.

6. Ringan dan tidak memerlukan alat tambahan

Seperti yang kita tau ketika anda ingin membuka tayangan televisi, anda perlu mempunyai perangkat televisi terlebih dahulu. Sama halnya apabila hendak mendengarkan radio. Berlaku juga bagi anda ketika ingin mengakses informasi dan berita terkini di media online yang harus memerlukan peralatan pendukungnya terlebih dahulu seperti tablet, komputer, smartphone, laptop serta internet yang memadai.

Nah, ringan dan tidak memerlukan alat tambahan ialah salah satu kelebihan dari koran yang diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya kalangkan orang tua yang kurang mengetahui penggunaan teknologi modern. Sehingga penggunaan koran tetap eksis dalam menyampikan berbagai informasi terkini.

7. Dapat menjangkau pembaca di daerah tertentu

Kelebihan koran yang selanjutnya yaitu memiliki jangkauan pembaca di daerah tertentu. Koran regional seringkali hanya menampilkan berita dan informasi di daerah tertentu saja. Sebagai contoh di wilayah Jawa Timur dan Kota Surabaya saja.

Sementara, pada jenis koran nasional akan menyajikan berita terkini yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia, sehingga koran nasional mempunyai harga yang sedikit mahal dan lebih tebal dibanding koran lokal karena memiliki cakupan informasi yang sangat luas.

8. Sumber penghasilan tambahan apabila dimanfaatkan dengan baik

Selain dapat anda gunakan sebagai sumber referensi dan bahan bacaan atas berbagai informasi, media cetak koran pun bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan pundi pundi rupiah. Salah satu caranya yaitu dengan menjadi penulis dan kontributor koran tersebut, seperti menulis opini, membuat karikatur, cerita pendek dan hal lainnya.

Pastinya dengan menjadi kontributor koran, anda bisa memperoleh komisi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Hal ini juga tergantung dari setiap perusahaan yang anda pilih, semakin bagus kualitas tulisan, semakin besar pula komisi yang akan anda dapatkan.

9. Mampu mengubah pemikiran dan pemahaman seseorang

Segala opini atau berita yang termuat dalam media cetak koran mampu mengubah pemikiran seseorang terhadap hal yang terjadi di tengah masyarakat. Tentunya, para penulis mempunyai kesimpulannya sendiri karena melakukan analisa secara mendalam terhadap berbagai kejadian yang telah terjadi.

10. Tempat mencari lowongan pekerjaan

Di beberapa halaman koran, seringkali terselip lowongan pekerjaan yang beraneka ragam. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari media cetak koran yang bisa anda manfaatkan sebagai tempat dalam mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

11. Dapat digunakan untuk beriklan

Koran memiliki pembaca yang cukup banyak di berbagai wilayah Indonesia. Sehingga, hal ini menjadi opsi yang cocok bagi anda para pebisnis untuk beriklan melalui media cetak koran dalam menjual produk atau mempromosikan layanan tertentu agar meningkatkan penjualan serta dikenal luas oleh masyarakat yang membacanya.

Kekurangan Koran

Setelah memahami kelebihan koran, kini saya akan membahas seputar kekurangan media cetak koran. Berikut dibawah ini beberapa kekurangan koran yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Memiliki biaya cetak dan distribusi yang relatif mahal

Walaupun mempunyai harga jual koran yang sangat terjangkau, sekitar beberapa ribu rupiah saja. Dalam segi biaya, koran memiliki biaya cetak dan distribusi yang cukup mahal. Harga jual yang terjangkau ini disebabkan karena perusahaan media cetak tersebut menggunakan dana yang diperoleh dari pemasang iklan.

2. Informasi dan berita yang dimuat cukup lambat

Kelemahan koran selanjutnya yaitu informasi dan berita yang disajikan cukup lambat dibanding dengan media berita elektronik seperti televisi, radio, ataupun portal berita yang dimuat secara online.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan radio

Hal ini dapat terjadi karena media cetak koran seringkali dicetak dan didistribusikan ke masyarakat hanya sekali dalam sehari. Umumnya, berita terkini yang baru saja terjadi akan dimuat dan baru beredar di koran ketika pagi hari yang membuat berita sedikit lebih lambat dibandingkan media berita online.

3. Jangkauan pembaca yang terbatas

Dalam hal ini, koran seringkali hanya memiliki jangkauan pembaca yang cukup terbatas. Sebagai contoh, koran lokal hanya mampu mencetak sekitar 300 ribu ekslempar yang berarti hanya sebanyak itu jumlah total pembacanya. Itu pun jika berhasil terjual semuanya.

Walaupun koran mempunyai harga yang sangat murah, namun tidak semua kalangan masyarakat mau untuk membelinya. Umumnya, bagi yang tidak berlangganan koran setiap harinya hanya membaca koran untuk mengetahui lowongan kerja yang tersedia. Terlebih lagi, banyak pedagang yang memanfaatkannya untuk bungkus barang dagangan.

4. Hanya mampu menampilkan foto dan tulisan

Karena termasuk dengan media massa jenis cetak, penggunaan koran hanya bisa memuat foto dan teks saja. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan media massa elektronik masa kini seperti televisi yang mampu menampilkan suara, video dan gambar bergerak.

Namun tidak seluruh masyarakat juga mendengar atau melihat suatu informasi melalui perangkat radio atau tayangan televisi. Sehingga, keberadaan koran tetap dibutuhkan oleh banyak kalangan masyarakat karena mempunyai kelebihan dalam mengetahui berita lebih cepat dan mudah dipahami dibandingkan media majalah atau tabloid.

5. Kurang diminati oleh kalangan anak muda

Saat ini media digital terus mengalami perkembangan yang sangat cepat, terlebih lagi dengan adanya sosial media dapat memberikan kita informasi dan berita dengan cepat dan gratis. Oleh sebab itu, media massa koran kurang diminati oleh kalangan anak mudah karena terkesan kuno.

Akan tetapi, para pengelola koran juga tidak mau kalah dengan hal tersebut. Mereka mulai berinovasi dan perlahan mulai mengubah cara penyampainnya menggunakan media digital agar dapat menjangkau banyak masyarakat untuk menyampaikan informasi diberbagai wilayah Indonesia. Seperti jawapos, kompas dan penyedia koran lainnya.

Solusi Efektif Untuk Beriklan selain Koran

Berbagai macam media massa digital mulai bermunculan ketika semakin mudahnya mengakses internet yang juga dianggap sebagai opsi terbaik dalam menggantikan koran atau media massa cetak lainnya. Hal ini disebabkan karena internet memiliki berbagai macam kelebihan, salah satunya yaitu dapat menghemat anggaran ketika memasang iklan.

Dengan memiliki jangkauan pengguna yang sangat besar tidak heran iklan melalui layanan digital dapat meningkatkan penjualan anda atau mempromosikan layanan yang anda miliki. Terlebih lagi ketika beriklan anda dapat menargetkan wilayah pemirsa sesuai kebutuhan anda yang mampu menjangkau daerah lokal, nasional hingga internasional.

Pastinya perkembangan teknologi yang sangat pesat tersebut sangat mempermudah banyak orang dalam mengetahui berbagai berita dan informasi terkini. Oleh sebab itu, banyak perusahaan media massa yang harus berinovasi agar tetap eksis dengan cara membangun website di internet.

Bagi anda para pelaku bisnis, tentu akan sangat terbantu dengan adanya perkembangan media digital yang mampu meningkatkan omset penjualan dengan memasang iklan tertarget agar dikenal oleh masyarakat. Terlebih lagi, saat ini anggaran dalam menjalankan iklan tidak terlalu besar, sehingga anda dapat mengetahui secara detail dan tayangan iklan yang dijalankan.

Anda pun bisa menggunakan jasa saya dalam mengiklankan suatu barang atau barang di website masdzikry agar dapat memperkenalkan suatu barang atau layanan yang anda miliki ke masyarakat luas. Hubungi saya melalui whatsapp 0895411287088 dan mulai bekerja sama dengan harga terbaik, terimakasih.

Penutup

Akhir kata, demikian pembahasan singkat yang dapat saya tulis seputar kelebihan dan kekurangan koran secara umum. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik. Cukup sekian dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai berjumpa kembali di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *