Inilah 10 Fungsi Software dan Hardware pada Komputer

2 min read

Fungsi software dan hardware

Mungkin kamu sudah familiar dengan istilah software dan hardware pada perangkat komputer. Nah kali ini kita akan membahas pengertian serta fungsi software dan hardware secara mendalam. Sebab tanpa dua komponen ini, sebuah komputer desktop maupun laptop tidak akan bisa digunakan.

Baca juga : cara mengganti product key windows 10 dengan aman

Sebelum membahas fungsinya, kita mulai dengan pengenalan hardware dan software. Keduanya adalah komponen penting yang saling berkaitan dan menyempurnakan, agar komputer dapat dijalankan. Hardware atau perangkat keras merupakan media pengolahan data yang diinput operator dan diproses menjadi output sebagai sebuah informasi.

Sementara pengertian software atau perangkat lunak yaitu data yang telah diolah serta disimpan dalam bentuk digital pada media penyimpanan. Sistem operasi yang digunakan komputer dan beragam program yang diinstall di dalamnya juga termasuk software.

Fungsi Software dan Hardware

Berbicara mengenai fungsi software dan hardware, keduanya memiliki fungsi yang saling mendukung satu sama lain. Berikut dibawah ini merupakan pembahasan mengenai fungsi keduanya secara rinci.

Fungsi Hardware Komputer

Fungsi komponen hardware terbagi atas lima macam yaitu:

  • Sebagai media input atau pemberi masukan data (eksekutor)
  • Sebagai pengolah data
  • Menampilkan inputan dari sebuah proses
  • Sebagai media penyimpanan data
  • Sebagai perangkat tambahan

Jenis-jenis Hardware Komputer

Berdasarkan beberapa fungsi tersebut, hardware dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini beragam jenis hardware pada komputer beserta contohnya:

  • Hardware input atau perangkat masukan. Media yang digunakan untuk menginput data yang kemudian akan diproses CPU. Contoh hardware jenis ini yaitu, keyboard, mouse, scanner dan lain sebagainya.
  • Hardware pengolah data, yaitu media untuk mengolah data sesuai perintah yang dimasukkan operator. Contoh dari hardware pengolah data adalah CPU.
  • Hardware output, yaitu media pengeluaran atau penampilan data yang telah diproses sebelumnya. Hasil tampilan ini menjadi informasi yang diberikan kepada pengguna. Contoh hardware output adalah monitor, speaker, printer dan masih banyak lainnya.
  • Hardware penyimpanan. Sesuai dengan namanya, maka perangkat ini digunakan untuk menyimpan data. Baik menyimpan di dalam maupun di luar perangkat komputer. Contohnya yaitu, flashdisk, hardisk dan lain-lain.
  • Hardware tambahan atau peripheral. Perangkat yang digunakan untuk membantu komputer melaksanakan input perintah oleh pengguna. Contohnya adalah modem.

Fungsi Software Komputer

Fungsi dari software atau perangkat lunak adalah:

  • Sebagai sistem pendukung atau sistem operasi (aplikasi)
  • Sebagai pengontrol hardware
  • Menerjemahkan instruksi ke dalam bahasa mesin agar bisa diterima oleh hardware
  • Mengidentifikasi program
  • Sebagai penghubung antara hardware dan user.

Contoh Software Komputer

Contoh-contoh dari perangkat lunak atau software antara lain:

  • Sistem operasi seperti Windows, DOS dan juga Linux
  • Software aplikasi, seperti pengolah kata, tabel hitung dan banyak lagi lainnya
  • Pengendali hardware yang menghubungkan beragam hardware pendukung dengan komputer. Software ini biasa digunakan pada penggunaan barcode scanner di data base lain
  • Malware seperti virus dan trojan
  • Perangkat pengembangan software seperti kompilator bahasa pemrograman. Contohnya pascal dan bahasa rakitan
  • Perangkat lunak sumber terbuka dan bebas
  • Software uji coba
  • Perangkat lunak menetap, seperti contohnya yang ada pada pengendali jarak jauh maupun jam digital

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan software dan hardware beserta fungsi dan jenisnya, tentu Kamu bisa melihat perbedaannya. Perbedaan mendasar dari keduanya tentu ada pada fisiknya. Dimana hardware dapat dilihat dan disentuh, sementara software tidak. Dari fungsi sendiri software berperan mendukung hardware untuk bisa terhubung dengan pengguna.

Kedua komponen ini sama pentingnya. Perangkat komputer hanya akan bekerja jika keduanya saling mendukung dan berkolaborasi menghasilkan output atau informasi bagi pengguna.

Namun untuk potensi perkembangannya, software lebih berpotensi berkembang pesat kedepannya. Sebab software memiliki fungsi yang lebih spesifik daripada hardware, serta lebih luas sifat tujuannya.

Hubungan antara Software dan Hardware

Hardware bekerja berdasarkan pada instruksi yang diberikan kepadanya. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware, maka ia dapat beraktivitas atau bekerja untuk memberi hasil tampilan atau output sesuai dengan perintah dari pengguna.

Sementara software merupakan rangkaian instruksi untuk bisa menjalankan perintah. Seperti misalnya menentukan fungsi dari hardware dan juga menjalankan sistem. Hal ini bertujuan untuk membuat perangkat komputer dapat membaca dan menginput program ke dalam memori utamanya.

Dengan begitu komputer akan mampu mengingat, menghitung, membandingkan, menyortir dan menampilkan informasi pada monitor maupun dalam bentuk hasil cetakan.

Program sendiri merupakan bahasa mesin yang terbaca oleh komputer dan dibuat dengan tujuan tertentu. Hal ini biasa juga disebut dengan program aplikasi. Untuk bisa menjalankan komputer dengan baik sesuai dengan tujuan, software dan hardware harus bekerjasama karena saling berkaitan.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai definisi serta fungsi software dan hardware beserta contoh juga jenis dan perbedaannya. Semoga mampu menjadi informasi yang bermanfaat serta berdaya guna. Dengan memahami teknologi, diharapkan agar kita akan lebih bisa memaksimalkan pemanfaatannya serta mengantisipasi risiko yang mengikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *