10 Langkah Cara Setting Modem ZTE F609 menjadi Router

1 min read

Cara Setting Modem ZTE F609 menjadi Router

Modem atau singkatan dari Modulator Demodulator ialah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk mengirim data dan mengubah sinyal digital ke bentuk sinyal analog. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial mengenai cara setting modem ZTE F609 menjadi router atau repeater.

Baca juga : perbedaan sinyal dan jaringan

Perlu anda ketahui Modulator adalah salah satu komponen modem yang berfungsi untuk mengirimkan perubahan sinyal dari digital ke analog, sedangkan komponen Demodulator juga termasuk komponen bagian dalam modem yang memiliki fungsi untuk menerima dan memisahkan sinyal digital dari sinyal analog sebagai penghubung ke akses jaringan internet.

Sehingga, untuk dapat tersambung ke jaringan internet, perangkat modem tersebut perlu merubah sinyal pada perangkat komputer yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tutorial seputar cara mengubah ZTE menjadi router dibawah ini.

Alat yang Diperlukan

  • Laptop atau komputer normal
  • Satu perangkat modem normal tipe ZTE F609
  • Kabel LAN utp dengan konektor RJ45

Cara Setting Modem ZTE F609 menjadi Router

  • Hidupkan dan hubungkan modem tersebut ke laptop atau komputer anda menggunakan kabel lan.
  • Setelah terhubung, buka alamat http://192.168.1.1 menggunakan browser yang terinstall seperti google chrome, opera mini, dan sebagainya.
  • Login dengan user yang anda miliki, default login admin, admin atau user, user.
  • Di bagian kiri klik tab Network lalu pilih WAN dan klik WAN Connection.
  • Kemudian, buat jaringan baru sesuai gambar dibawah ini, klik tombol create di bagian kanan bawah untuk menyimpannya.

Cara Setting Modem ZTE F609 menjadi Router

  • Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu mengatur port binding jaringan tersebut dan centang semua pilihan, kemudian klik submit dibagikan kanan bawah untuk menyimpan.

Network port binding

  • Lalu buka wlan pada bagian network dan atur seperti contoh gambar dibawah ini, namun anda juga bisa mengkonfigurasinya sesuai kebutuhan pemakaian. Jika sudah, silahkan klik submit untuk menyimpan konfigurasi.

Wlan settings

  • Pada tahap ini, silahkan atur nama ssid sesuai keinginan. Anda bisa membuat ssid wifi yang berbeda hingga 4 kali, kemudian klik tombol submit untuk menyimpan konfigurasi.

SSID settings

  • Lalu dibagian security silahkan atur menggunakan kata sandi dengan enkripsi WPA/WPA2-PSK agar lebih aman, isi password sesuai selera dan klik tombol submit lagi untuk melanjutkan.

Security settings

  • Pada tahap terakhir, buka bagian LAN dan atur alamat ip address router tersebut. Anda bisa mengubah angka bagian belakangnya dengan 254, untuk subnet mask isi default 255.255.255.0,
  • Kemudian centang DHCP server dan isikan start ip (angka belakang) mulai dari 2 hingga 253.
  • Untuk dns dan default gateway samakan ipnya dengan lan ip address namun bagian belakang diganti 1, lalu lease time anda isi 86400. Jangan lupa klik tombol submit untuk menyimpan konfigurasi.

LAN settings

Informasi Tambahan

Setelah selesai mengaturnya, tunggu beberapa saat dan biarkan modem melakukan reboot otomatis (pada beberapa varian modem zte tidak memerlukan reboot otomatis setelah menkonfigurasi), kemudian anda bisa melepaskan kabel lan tersebut dan mulai sambungkan beberapa perangkat android atau laptop anda ke ssid yang telah anda buat, semoga berhasil.

Penutup

Akhir kata, demikian tutorial singkat yang bisa saya bagikan kepada anda mengenai cara setting modem zte f609 menjadi router atau repeater yang dapat anda lakukan dengan mudah. Apabila ada pertanyaan terkait hal ini jangan segan untuk berkomentar pada kolom komentar di bagian bawah artikel. Oke cukup sekian dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya.

Sumber screenshot dan referensi :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *