Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Web Proxy: Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

2 min read

Pengertian web proxy

Saat membahas mengenai teknologi jaringan, tentu kebanyakan orang sudah pernah mendengar istilah web proxy. Hanya saja, memang tidak semua orang mengerti tentang pengertian web proxy tersebut. oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencari beberapa penjelasannya lebih lanjut.

Baca juga : pengertian dan fungsi internet protocol

Proxy sendiri dapat digunakan untuk menjaga keamanan sebuah jaringan. Tidak hanya itu, keberadaannya juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja jaringan internet, mengurangi penggunaan bandwidth, memblokir situs yang tidak aman dan masih banyak lagi yang lainnya

Pengertian Web Proxy

Perlu Anda ketahui, bahwa web proxy merupakan website dengan basis proxy server. Dimana, keberadaan website tersebut mempunyai tugas sebagai perantara dalam menerima atau melakukan request terhadap sebuah konten kepada internet maupun dengan jaringan intranet.

Untuk proxy server sendiri mempunyai peran sebagai jembatan dari komputer pengguna yang memerlukan respon dari server. Tentu saja, terdapat berbagai fitur yang disediakan dari web proxy tersebut. agar nantinya dapat digunakan dengan lebih mudah.

Terutama sebagai perantara atas web server pada internet memakai browser dari user. Dengan begitu, keberadaan web proxy sendiri sangatlah penting. Yakni sebagai perantara dalam memudahkan pengguna agar dapat memperoleh informasi yang mereka cari serta sudah tersedia dalam server itu sendiri.

Cara Kerja Web Proxy

Setelah mengetahui pengertiannya, sangat penting juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari web proxy itu sendiri. Terlebih, saat pengguna membuka sebuah web browser. Tentu saja hal tersebut memiliki tujuan tersendiri, umumnya yakni untuk mengetahui beberapa hal yang ada di dalamnya.

Baca juga : cara memperbaiki partisi harddisk yang hilang

Kemudian, saat website tersebut sudah terbuka, maka situs akan mengirimkan HTTP request kepada web server. Akan tetapi, sebelum itu HTTP request diterima oleh web proxy terlebih dahulu. Pasalnya, komputer yang digunakan tersebut menggunakan web proxy secara otomatis.

Selanjutnya, proxy yang akan menerima request sehingga menjadikan HTTP request baru yang ditujukan ke website server secara langsung. Hal tersebut membuat HTTP dari proxy diterima web server lalu memberikan HTTP response. Kemudian, web proxy menerima perintah dan meneruskannya pada browser.

Fungsi Web Proxy

Apabila sudah memahami cara kerjanya, tentu wajib juga bagi Anda untuk memahami apa saja fungsi dari web proxy tersebut. Untuk fungsi utamanya sendiri adalah bisa menyembunyikan identitas rahasia yang aslinya. Hal tersebut dilakukan demi keamanan setiap pengguna yang memakainya.

Nantinya, web proxy tidak akan menampilan identitas asli dari setiap penggunanya. Dengan begitu, orang lain pun tidak mengetahuinya. Fungsi lainnya adalah dapat dilakukan untuk browsing secara rahasia. Dalam hal ini, seseorang akan lebih mudah untuk merahasiakan alamat IP mereka.

Tidak hanya itu, fungsi lain yang bisa Anda peroleh adalah dapat mengirimkan sesuatu dengan sifat yang rahasia sekaligus lebih aman. Tentu saja, pengguna tidak perlu merasa khawatir saat ingin mengirimkan sesuatu kepada orang lain. Pasalnya, kerahasiaan pengguna tersebut dapat dijaga dengan baik.

Jenis-jenis Web Proxy

Pada dasarnya, terdapat beberapa jenis web proxy yang dapat digunakan saat ini. Tidak lain yakni terdiri dari 4 jenis proxy yang tersedia saat ini. Jenis pertama yang bisa Anda ketahui adalah Anonymous Proxy. Jenis proxy yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang komputer pengguna.

Baca juga : fungsi dan cara kerja firewall komputer

Terdapat pula High Anonymity Proxy yang keberadaannya tidak menyediakan alamat IP aslinya. Jenis proxy yang satu ini bahkan tidak akan mengidentifikasi dirinya sendiri sebagai proxy server. Selanjutnya, terdapat pula Reverse Proxy yang dapat dipakai untuk menghindari terhubung dengan data sensitif.

Sedangkan jenis yang terakhir adalah Transparent Proxy. Untuk jenis proxy yang satu in merupakan sebuah proxy yang dapat melanjutkan permintaan dari klien menuju sumber. Tepatnya tanpa perlu lagi membuka identitas dari klien atau pengguna itu sendiri saat menggunakannya.

Kelebihan Web Proxy

Sebenarnya, ada banyak kelebihan yang bisa diperoleh saat Anda menggunakan web proxy. Diantaranya seperti sudah dijamin keamanannya dengan baik. Pasalnya, proxy tersebut dapat bekerja sebagai pembatas antara jaringan lokal dengan jaringan luar maupun internet yang dipakai.

Dengan begitu, apabila terdapat situs yang kurang aman, tentu saja kondisi jaringan yang digunakan tetap akan terjaga dengan baik sehingga tidak perlu lagi khawatir saat menggunakannya. Tidak hanya itu, sebuah website dapat dibuka kembali dengan waktu yang lebih cepat.

Pasalnya, permintaan untuk membuka website tersebut sudah tidak perlu lagi menunggu respon dari server. Hal ini tidak lain karena web proxy yang sudah menyediakan direktori cache proxy. Dengan begitu, setiap pengguna tidak akan lagi memerlukan waktu lama untuk membuka website tersebut.

Penutup

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai pengertian web proxy, cara kerja, fungsi, dan juga beberapa hal lainnya. Semua penjelasan tersebut menjadi bukti bahwa keberadaan proxy dalam sebuah perangkat komputer pada dasarnya memiliki peran yang sangat penting.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.