Internet Protocol: Pengertian, Fungsi, Tugas dan Istilahnya

2 min read

Pengertian internet protocol

Mungkin dari sebagian orang ada yang belum pernah mendengar istilah Internet Protocol, berbeda halnya dengan orang yang telah berkesinambung di dunia teknologi informasi dan komputer istilah tersebut tentu saja sudah tidak asing lagi akan tetapi bagi masyarakat awam pastilah bertanya-tanya Apa itu IP dan manfaatnya, termasuk fungsi Internet Protocol.

Pengertian Internet Protocol

Internet protocol merupakan sebuah standar atau aturan yang digunakan dalam jaringan untuk mengatur serta mengizinkan terjadinya hubungan antar komputer dan perpindahan data.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan internet bagi manusia

Komputer-komputer tersebut menjadi dapat saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya dan saling bertukar informasi karena adanya internet Protocol. Adapun jenis-jenis IP yaitu DNS, Proxy, IP address dan jenis protocol lainnya.

Fungsi Internet Protocol

Protocol jaringan adalah aturan yang berada di dalam komputer yang mana harus ditaati oleh si pengirim dan penerima. Protocol sendiri mempunyai ragam fungsi di dalam jaringan komputer.

Namun tidak semua protocol memiliki fungsi yang sama. Beberapa di antaranya memiliki fungsi yang sama tapi berada di tingkatan yang berbeda. Untuk membangun sistem komunikasi yang utuh sejumlah protocol terlebih dahulu harus bergabung dengan protocol lainnya.

Secara umum fungsi internet protocol yakni untuk menghubungkan antara pengirim dengan penerima dalam berkomunikasi serta bertukar informasi agar bisa berjalan dengan akurat dan lancar adapun fungsi lainnya dari protocol yaitu :

  • Enkaplutation yakni sebagai pelengkap informasi yang nantinya akan dikirimkan disertai dengan alamat, kode- kode koreksi serta lainnya. Adapun paket data ini selanjutnya dikirimkan dalam blog-blog dan dikendalikan oleh protocol data unit. Masing-masing protocol data unit berisi kontrol informasi dan data contoh protocol dengan fungsi enkaplutation yaitu LLC, ATM, HDLC, IEEE 802.11, IEEE 802.3, AAL5, TFTP, Frame relay.
  • Connection control yaitu membentuk sebuah hubungan komunikasi dari transistor ke receiver guna mengirim data serta mengakhiri hubungan.
  • Flow control berfungsi untuk membatasi jumlah data yang dikirimkan. Dalam fungsi internet protocol ini harus terdapat fitur stop-and-wait yang artinya masing-masing PDU harus diakui sebelum proses pengiriman selanjutnya
  • Error Control berfungsi mengawasi apabila terjadi kesalahan ketika proses Pengiriman data jadi ketika terdapat kesalahan maka paket akan langsung dibuang.
  • Fragmentasi suatu proses di mana pengirim memberikan informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data proses tersebut ditandai dengan urutan beberapa PDU dengan berbagai batasan ukuran.
  • Reassembly merupakan Suatu proses dimana pihak penerima mengembalikan paket paket data sehingga menjadi satu paket yang lengkap.
  • Transmission service memberikan pelayanan dengan bentuk komunikasi data seputar keamanan data juga prioritas. Misalkan saja prioritas paket, pengaturan batas koneksi, mutu jaringan membatasi akses paket dan lainnya

Tugas Internet Protocol

Ada beberapa tugas internet protocol yang juga perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

  • Melakukan deteksi koneksi fisik
  • Melakukan metode handshaking atau metode jabat tangan
  • Mengadakan negosiasi berbagai macam karakteristik hubungan
  • Mengawali serta mengakhiri satu pesan atau session
  • Memformat pesan yang digunakan
  • Internet protocol bertugas tentang yang dilakukan jika terjadi error pada saat pengiriman data
  • Mengkalkulasi serta menentukan jalur pengiriman protokol. Selain itu, juga berfungsi dalam mengakhiri suatu koneksi dalam jaringan.

Istilah Terkait Dengan Internet Protocol

Berikut dibawah ini merupakan beberapa istilah penting yang berhubungan dengan internet protocol yang perlu untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Syntax

Syntax adalah format data ataupun struktur data yang telah diubah bentuknya menjadi kode. Sebagai contohnya, untuk sebuah protocol sederhana tentunya memiliki urutan pada 8 bit pertama, yaitu alamat pengirim 8-bit. Kedua yakni alamat penerima dan bit stream sisanya yang merupakan informasinya sendiri.

2. Semantics

Semantics sendiri digunakan agar dapat mengetahui maksud dari informasi yang dikirim dan mengoreksi apabila terjadi kesalahan dari informasi tadi. Semantics dapat diartikan sebagai section bits.

3. Timing

Timing yaitu suatu istilah yang digunakan agar dapat mengetahui kecepatan transmisi data. Timing juga dapat digunakan untuk mengetahui karakteristik data yang harus dikirim dan seberapa cepat data tersebut dikirim.

Penutup

Jadi dapat dikatakan jika hampir seluruh kegiatan proses pertukaran informasi antar komputer melibatkan protokol. Sebab protocol sendirilah yang menjadi aturan dan memudahkan untuk berkomunikasi dengan sistem lain. Hal inilah yang membuat pentingnya untuk mengetahui fungsi internet protocol.

Demikianlah pembahasan saya mengenai internet protocol, mulai dari pengertian internet protocol, fungsi internet protocol, tugas dan istilahnya. Semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terimakasih, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *