Inilah 5 Fungsi Microsoft Excel Bagi Pengguna

2 min read

Fungsi microsoft excel

Microsoft excel merupakan salah satu produk software kantor keluaran Microsoft yang memiliki fungsi utama sebagai pengolah data numerik. Bagi anda yang kurang familiar dengan fungsi microsoft excel bisa mencoba memahami fungsinya sedikit demi sedikit agar bisa menggunakan secara maksimal.

Fungsi Microsoft Excel

Bagi sebagian orang terutama pemula kegunaan microsoft excel dalam kehidupan sehari hari hanya melakukan pengolahan data numerik sederhana. Padahal banyak fungsi dari program ini yang mampu memberikan kemudahan bagi pengolahan data numerik secara berkelanjutan dan lebih rumit.

1. Sebagai Alat Matematis Sederhana

Salah satu fungsi microsoft excel paling dasar adalah melakukan pengolahan numerik sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan lainnya. Proses pengolahan data numerik tersebut dapat dilakukan dengan singkat meskipun jumlah datanya sangat banyak.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel

Dengan menggunakan fungsi microsoft office tersebut pengolahan data sederhana seperti itu bisa dilakukan dengan singkat. Katakanlah terdapat puluhan ribu data yang harus dijumlahkan maka dengan menggunakan program ini proses tersebut dapat diselesaikan dalam hitungan detik saja.

2. Pembuatan Tabel Data

Software microsoft excel juga mempu mempermudah anda dalam mengolah data numerik menjadi sebuah tabel. Penggunaan tabel tersebut dibuat untuk memudahkan pembacaan data sehingga pengguna bisa lebih mudah memahami struktur data tersebut.

Pembuatan tabel data menggunakan program microsoft excel dapat dilakukan dengan mudah dan akurat. Terdapat beberapa fungsi yang harus dimasukkan dalam program agar tercipta tabel data. Anda juga bisa membuat tabel manual dengan memanfaatkan kolom dari software ini.

Pembuatan tabel data manual paling sering dilakukan di Indonesia. Pengguna tidak perlu belajar fungsi rumit untuk membuat tabel konvensional. Hasil dari pembuatan tabel menggunakan microsoft excel juga lebih rapi sehingga bagus untuk presentasi seperti fungsi microsoft power point.

3. Pembuatan Grafik Data

Salah satu kegunaan microsoft excel yang lainnya adalah untuk membuat grafik dari sekumpulan data. Dengan memanfaatkan fitur dari program ini maka pembuatan grafik dapat dilakukan dengan seketika. Keakuratan grafik dari program ini juga sangat bagus sehingga cocok untuk melakukan presentasi data.

Sayangnya untuk pembuatan grafik yang lebih saintifik dan ketelitian lebih tinggi program microsoft excel kurang mampu menghadirkan hasil optimal. Ketika anda harus berjibaku dengan grafik saintifik yang akurat maka diharapkan melakukan integrasi dengan program pihak ketiga.

Integrasi Microsoft Excel

Sebagai sebuah program dengan fungsi cukup kompleks sudah sewajarnya jika microsoft excel dapat diintegrasikan pada perangkat atau program pihak ketiga. Hal tersebut dilakukan untuk dapat meningkatkan fungsi program ini agar lebih optimal dalam menyelesaikan tugasnya.

1. Integrasi Microsoft Excel Pada Android

Mengintegrasi software microsoft excel pada perangkat android dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi microsoft excel android sebagai piranti integrasi pada ponsel pintar atau menggunakan sinkronisasi langsung dengan komputer.

Proses sinkronisasi ini biasanya dilakukan untuk melakukan input data dari perangkat android ke komputer. Dengan melakukan input langsung tersebut maka pengolahan data tidak perlu dilakukan dua kali dan proses bisa berjalan lebih cepat.

2. Integrasi Microsoft Excel pada Program Pihak Ketiga

Beberapa program komputasi numerik kompleks seperti matlab dapat diintegrasikan secara langsung dengan microsoft excel. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengunduh add ons matlab yang berfungsi untuk melakukan integrasi langsung pada program excel.

Integrasi antara matlab dan excel dilakukan untuk mempermudah penginputan data secara masif. Jadi jika data dalam sebuah penelitian yang digunakan berjumlah puluhan ribu hingga jutaan maka menggunakan microsoft excel dapat mempersingkat waktu pengerjaan.

Fungsi Microsoft Excel Secara Umum

Microsoft excel memiliki fungsi lain yang lebih lumrah digunakan di perkantoran Indonesia. Kelebihan dan kekurangan microsoft excel dalam pengolahan data masih dapat ditoleransi. Dengan memanfaatkan microsoft excel semua proses pengolahan data mampu diolah dengan lebih cepat dan bisa diselesaikan lebih mudah.

Fungsi kalkulasi dalam microsoft excel juga mendukung berbagai macam kegiatan akuntansi sehingga pengguna bisa lebih mudah menyelesaikan proses kalkulasi. Masih banyak fungsi lain dari microsoft excel yang lebih kompleks. Namun para pemula disarankan memulai dari fungsi yang sederhana.

Penutup

Mempelajari seluruh microsoft excel secara kompleks memang memakan waktu cukup panjang. Namun untuk memanfaatkan seluruh fungsi dasar dari program ini tidak dibutuhkan waktu yang lama. Bahkan para pemula sangat disarankan mulai mempelajari dasar program ini agar fungsi kompleks lebih mudah dipelajari.

Demikianlah pembahasan singkat saya mengenai fungsi microsoft excel bagi pengguna yang perlu anda ketahui, sekian dan terimakasih, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *