6 Fungsi Microsoft Publisher Yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

Fungsi microsoft publisher

Bertemu lagi dengan saya, pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa fungsi microsoft publisher bagi pengguna. seperti apa pembahasannya? simak lebih lanjut dibawah ini.

Sebelum itu, pernahkah Anda menggunakan Microsoft Publisher? Ketika menggunakan perangkat komputer, seringkali kita hanya memakai program standar bawaan seperti Microsoft Words, Excel, atau Photoshop.

Microsoft publisher mungkin jarang digunakan, padahal program microsoft publisher ini memiliki banyak kegunaan yang bermanfaat bagi pekerjaan Anda atau untuk tugas siswa di sekolah. Tentunya program Microsoft Publisher sangat membantu pengguna dalam mendesain dan mempercepat tugas lainnya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft publisher

Microsoft Publisher menjadi alternatif ketika Anda ingin mendesain koran atau majalah, tapi tidak punya kemampuan desain grafis atau kurang mahir dalam menggunakan aplikasi di HP seperti aplikasi Canva atau PixelLab.

Biasanya, ketika membeli laptop, si dalamnya sudah terisi beberapa program dari Microsoft, termasuk Publisher. Pastikan juga program Microsoft Windowsnya asli, karena yang bajakan melanggar piracy, template kurang banyak dan belum tentu aman.

Fungsi Microsoft Publisher

Berikut dibawah ini merupakan beberapa fungsi microsoft publisher yang perlu untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Membuat Kartu Nama

Kartu nama adalah kertas penting ketika Anda memperkenalkan diri ke banyak orang. Apalagi jika berprofesi sebagai sales marketing atau pemilik toko online. Ketika menghadiri pelatihan wirausaha, pesta pernikahan, atau acara lain, berikan kartu nama ke para calon pelanggan potensial. Mereka akan menghubungi Anda dengan data di kartu itu.

Oleh karena itu, sangat penting untuk punya kartu nama sendiri. Jika belum sempat pergi ke percetakan untuk membuatnya, maka desainlah kartu nama dengan Microsoft Publisher.

Ada beragam template yang tersedia, dan pilih yang sesuai dengan selera Anda. Setelah desain jadi, maka cetak di kertas yang tebal, lalu potong dengan rapi. Jadilah beberapa lembar kartu nama yang dibuat berdasarkan fungsi Microsoft Publisher.

2. Mendesain Majalah

Saat ini sudah booming meda online, namun ada kalangan yang tetap menyukai media cetak. Karena ada aroma kertas yang harum dan sensasi tersendiri ketika membukanya. Ketika Anda diberi tugas oleh Boss untuk membuat majalah internal, sementara tak punya program Corel Draw di laptop, maka gunakan saja Microsoft Publisher.

Anda tinggal mengumpulkan tulisan dan gambar pendukung, lalu cari template majalah di program Microsoft Publisher. Setting layout-nya dengan rapi, dan pilih warna-warni yang menarik. Setelah itu, cetak di printer kantor atau bawa ke jasa printing jika ingin mencetak dengan ukuran yang lebih besar. Majalah akan lekas jadi, tanpa harus mencari graphic designer dan layouter.

3. Membuat Brosur

Brosur juga jadi media penting untuk promosi. Ketika punya bisnis sendiri, misalnya katering, maka bisa menyebarkan puluhan brosur ke perumahan sebelah yang bertujuan agar mereka tahu bahwa Anda punya bisnis kuliner, siapa tahu ada langganan baru yang didapat. Jadi, manfaatkan dengan baik fungsi Microsoft Publisher untuk membuat brosur yang cantik dan bisa dicetak sendiri di rumah.

4. Mencetak Undangan

Anda akan menikah tapi budget terbatas? Buat saja undangannya sendiri dengan template dari Microsoft Publisher. Pilih template sesuai mood lalu cetak di printer. Kertasnya memang tipis karena gramasi HVS hanya 75 hingga 85 gram, namun bisa diakali dengan mengelemnya ke karton tebal. Masukkan ke amplop, jadilah undangan yang manis dan murah meriah.

5. Membuat Koran Sendiri

Anak sekolah memiliki beragam tugas, dan ketika ananda diharuskan membuat koran sendiri, jangan ditulis karena melelahkan. Ketik saja beritanya lalu desain koran dengan memanfaatkan fungsi Microsoft Publisher. Setelah layout terlihat rapi dan tidak ada kesalahan ketik pada berita koran tersebut, lalu di-print dan siap dikumpulkan ke guru.

6. Mendesain Poster Sederhana

Kadang anak juga diberi tugas untuk membuat poster. Bagaimana jika Anda tidak punya program Photoshop atau CorelDraw? Nyalakan saja laptop lalu pakai program Microsoft Publisher untuk membuatnya. Walau desainnya cukup sederhana, dengan template yang ada, namun lumayanlah. Anak bisa menyetor tugas dan mendapatkan nilai dari sang guru.

Penutup

Sebetulnya banyak sekali fungsi Microsoft Publisher sebagai program bawaan OS Windows di laptop atau PC Anda. Ia bisa digunakan untuk membuat berbagai macam desain dan layout, mulai dari poster, undangan, kartu nama, sampai koran dan majalah. Pastikan Anda memakai Microsoft Publisher paling baru dan original, karena templatenya lengkap. Sehingga menghasilkan desain-desain yang cantik.

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai fungsi microsoft publisher, saya harap penjelasan tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Sekian dan terimakasih, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *