12 Kelebihan dan Kekurangan Internet Bagi Pengguna

2 min read

Kelebihan dan kekurangan internet

Kehadiran internet saat ini membantu manusia menjalankan aktivitasnya, maka tak heran jika penggunaan internet semakin besar, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan internet yang perlu untuk anda ketahui.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan telepon

Untuk bisa mendapatkan manfaat internet dan menghindari dampak buruknya, gunakan internet untuk hal-hal positif. Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan internet.

Kelebihan dan Kekurangan Internet

Kelebihan dan kekurangan internet merupakan dua hal yang berbeda. Masyarakat modern pasti sudah tidak asing lagi dengan internet dan beragam kelebihannya. Bahkan, sebagian besar kelebihan internet sudah bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kelebihan Internet

Nah berikut dibawah ini merupakan beberapa kelebihan Internet bagi pengguna, di antaranya yaitu:

1. Kemudahan Dalam mengakses Informasi

Kelebihan dan kekurangan Internet dalam kehidupan sehari-hari tergantung bagaimana menggunakannya. Salah satu kelebihan internet yaitu memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi terbaru hanya melalui sentuhan jari di smartphone.

Terlebih saat ini sudah banyak platform online dan akun media sosial yang menyajikan berita-berita terbaru. Anda hanya perlu mengetik keyword tertentu atau permasalahan yang sedang terjadi untuk mendapatkan informasi dalam bentuk gambar ataupun teks.

2. Mempermudah Komunikasi

Manfaat internet selanjutnya yaitu memudahkan Anda terhubung dengan siapapun tanpa terhalang jarak dan waktu. Hal ini memudahkan Anda untuk berkomunikasi dan berbagi kabar dengan keluarga, kawan dan lainnya.

3. Lebih Mudah Dalam Menjalankan Bisnis Online

Jika Anda memiliki bisnis online, Anda bisa menggunakan internet untuk mendapatkan konsumen lebih banyak dan memperluas pasar. Anda juga bisa mendapatkan jaringan bisnis baru atau bekerjasama dengan pebisnis lainnya.

4. Memperkenalkan Karya

Sama seperti bisnis, Anda juga bisa memperkenalkan karya lewat internet. Misalnya, Anda bisa mengunggah karya tulis, lukisan atau karya musik ke media sosial. Hal tersebut membuat karya Anda terkenal dan bermanfaat bagi orang lain.

5. Kemudahan Mengetahui Kondisi Alam

Kecanggihan teknologi memudahkan Anda mengetahui kondisi alam, perkiraan cuaca terbaru serta informasi bencana alam. Hal tersebut membuat pengguna semakin waspada serta menyiapkan penanggulangan dengan baik ketika terjadi bencana alam.

6. Media Hiburan

Jika Anda merasa bosan, Anda bisa menggunakan internet sebagai media hiburan. Anda bisa mendownload film dan buku cerita di internet atau menonton YouTube dan bermain media sosial. Anda juga bisa mendownload aplikasi game untuk menghilangkan bosan. Namun, jangan berlebihan karena akan berdampak buruk bagi Anda.

Kekurangan Internet

Seperti yang diketahui sebelumnya, internet memiliki kelebihan dan kekurangan internet. Adapun berikut ini merupakan kekurangan internet, di antaranya yaitu:

1. Menimbulkan Radiasi

Untuk mengakses internet, Anda memerlukan smartphone atau laptop. Hal tersebut dapat menimbulkan radiasi pada mata, terlebih jika digunakan selama berjam-jam. Kekurangan internet jika terlalu sering melihat layar smartphone atau laptop dapat menyebabkan kanker mata.

2. Dapat Memudarkan Rasa Sosialisasi

Dalam hal bersosialisasi, Anda bisa merasakan kelebihan dan kekurangan Internet. Jika Anda bisa mengontrol penggunaan internet, Anda tetap bisa berkomunikasi dengan orang sekitar dan mendapatkan teman lebih luas melalui internet.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang lebih memilih berhubungan melalui internet dibandingkan secara langsung. Hal tersebut menimbulkan sifat individualisme dan berkurangnya sosialisasi. Pola interaksi di kalangan masyarakat yang berubah bisa saja menghilangkan empati satu sama lain.

3. Berdampak Pada Kelakuan Anak

Penggunaan internet tidak bisa melakukan verifikasi batasan usia penggunanya, oleh sebab itu siapa saja bisa mengakses internet, tak terkecuali anak-anak. Ada dua dampak yang bisa anak rasakan, yaitu kelebihan dan kekurangan internet, kelebihannya yaitu anak tidak gagap teknologi.

Akan tetapi tetap saja, hal ini menjadi perhatian bagi setiap orang tua, mengingat banyak konten yang tidak boleh diakses anak-anak, seperti konten dewasa atau kekerasan.

Jika anak-anak menggunakan internet, maka harus berada dalam pengawasan orangtua. Jangan sampai anak terlalu bebas diberikan akses internet. Jika anak kecanduan bermain ponsel, hal tersebut memberi dampak buruk bagi pertumbuhannya dan kemampuan komunikasinya dengan orang lain.

4. Buang-buang Waktu

Terlalu sering bermain internet juga tidak baik untuk seseorang, apalagi jika digunakan untuk hal yang tidak penting. Terhubung ke jaringan internet dalam waktu yang lama untuk bermain game atau media sosial membuat waktu produktif Anda untuk bekerja atau belajar terbuang begitu saja. Oleh sebab itu, memanajemen waktu sangat penting diperhatikan saat menggunakan internet, agar tidak mengambil waktu produktif.

5. Meningkatkan Resiko Kejahatan Digital

Kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata, tetapi juga dapat terjadi di dunia maya, terlebih di zaman perkembangan teknologi yang semakin canggih ini. Menggunakan internet tanpa keamanan yang cukup memungkinkan data pribadi bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terlebih jika Anda mengakses internet di komputer umum.

Penutup

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan internet. Dalam hal ini, dampak yang kita dapatkan dari penggunaan internet tergantung dengan bagaimana kita menggunakannya.

Apabila kita menggunakannya dengan baik, maka kita akan merasakan kelebihan internet, namun jika kita menggunakannya tidak baik atau tidak tepat maka kita hanya bisa merasakan dampak negatifnya.

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai kelebihan dan kekurangan internet, saya harap artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Sekian dan terimakasih, sampai jumpa pada pembahasan keren lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *