12 Kelebihan dan Kekurangan Telepon Bagi Pengguna

4 min read

Kelebihan dan kekurangan telepon

Di era modern saat ini teknologi terus mengalami perkembangan, khususnya teknologi telepon seluler yang memberikan sejumlah manfaat dan dampak positif bagi banyak orang. Hingga kini telepon seluler terus mengalami kemajuan dan digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk saling berkomunikasi satu sama lain, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan telepon bagi pengguna yang perlu diketahui.

Kelebihan dan kekurangan telepon

Sebelum adanya teknologi maju seperti saat ini, masyarakat sering menggunakan layanan surat atau dikenal dengan telegram untuk melakukan komunikasi. Waktu terus berputar dan kemudian ditemukannya layanan telepon seluler pertama kali pada 03 april tahun 1973 oleh tim divisi motorola dengan nama model DynaTAC yang di masa itu dianggap sebagai benda mewah. Lalu seperti apa kelebihan dan kekurangan telepon tersebut? Simak lebih lanjut ulasannya dibawah ini.

Kelebihan telepon

Kelebihan telepon

Berikut dibawah ini pembahasan dan ulasan singkat mengenai beberapa kelebihan telepon bagi pengguna dimasa kini yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Lebih praktis dan fleksibel

Saat ini telepon seluler telah banyak digunakan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia dan memberi berbagai kemudahan dalam berkomunikasi, layanan telepon juga dapat diakses dengan cepat melalui telepon genggam yang mempunyai harga relatif lebih murah.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft word

Hal ini telah diakui oleh banyak pengguna yang mengatakan bahwa telepon seluler mempunyai penggunaan yang sangat praktis dan fleksibel. Dalam menggunakannya, pengguna tidak harus keluar rumah untuk melakukan komunikasi atau interaksi sosial dengan orang lain, tetangga ataupun saudara yang tengah berada di luar kota. Cukup menggunakan telepon, anda bisa berkomunikasi dengan cepat meskipun terhalang jarak yang jauh.

2. Mempermudah interaksi sosial

Kelebihan telepon yang selanjutnya adalah mempermudah interaksi sosial. Dengan adanya layanan telepon ini, pastinya mempunyai sejumlah keuntungan bagi penggunanya dalam melakukan interaksi sosial dengan orang lain.

Salah satu contoh keunggulan telepon ialah anda tidak perlu berjumpa dan bertatap muka secara langsung dengan lawan bicara, apabila hanya sekedar berkomunikasi atau berkirim salam saja, anda bisa berkomunikasi dengan mendengarkan suaranya melalui telepon genggam. Akan tetapi, saat ini juga terdapat aplikasi whatsapp yang dapat anda gunakan dalam berinteraksi sosial berupa videocall untuk bertatap muka secara online melalui smartphone.

3. Media berkomunikasi dengan cepat

Telepon termasuk salah satu media komunikasi yang penggunaannya cepat dan tidak ribet. Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa dalam berkomunikasi menggunakan layanan telepon ini, anda tidak perlu repot untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan lawan bicara.

4. Tidak butuh banyak biaya

Dibandingkan dengan cara berkomunikasi melalui surat layanan kantor pos, penggunaan media telepon memiliki keunggulan yang lebih cepat dan praktis karena tidak perlu menulis surat atau menunggu surat datang selama berhari hari hingga berminggu minggu.

Saat ini, penggunaan layanan telepon mempunyai harga yang relatif lebih terjangkau dan tidak butuh banyak biaya. Tentu hal ini sangat berbeda dengan penggunaan telepon jaman dahulu yang membutuhkan banyak biaya tambahan berupa pulsa atau tarif lainnya yang cukup merepotkan.

5. Dapat digunakan oleh banyak orang

Keunggulan dari telepon yang berikutnya adalah penggunaan yang mudah dan dapat digunakan oleh banyak orang, hal ini mempunyai artian bahwa layanan telepon bisa diakses dan dapat dijalankan oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Di masa kini, penggunaan telepon juga berhubungan dengan teknologi internet yang telah digunakan dan dikenal luas oleh banyak orang di berbagai negara serta dimanfaatkan untuk berkomunikasi atau melakukan telepon cepat melalui pesan instans di berbagai platform sosial media modern seperti whatsapp, facebook, line dan sebagainya

6. Dapat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh

Seperti yang telah kita tau bahwa layanan telepon bisa digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh tanpa terbatas jarak dan wilayah tertentu, baik itu luar pulau, luar kota ataupun lintas negara, anda tetap bisa berkomunikasi menggunakan telepon dengan cepat dan mudah. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari telepon, cukup dengan perangkat telepon seluler anda bisa melakukan interaksi sosial jarak jauh tanpa harus bertemu dengan lawan bicara.

7. Terus mengalami perkembangan

Saat ini teknologi terus mengalami perkembangan, hal ini juga berlaku bagi teknologi telepon yang terus berinovasi dari waktu ke waktu. Seperti yang kita tau bahwa sebelumnya kita hanya bisa berkomunikasi melalui suara atau pesan text (SMS), akan tetapi saat ini telah terdapat teknologi video call yang dapat berkomunikasi secara realtime melalui video seperti halnya bertemu secara langsung dengan lawan bicara.

Dengan teknologi ini, dapat dikatakan lebih mempermudah banyak orang dalam melakukan komunikasi dan interaksi sosial secara langsung atau bertatap muka dengan lawan bicara. Jadi kesimpulannya ialah saat ini teknologi telepon terus mengalami perkembangan dan membawa dampak positif bagi penggunanya, bukan tidak mungkin dimasa depan terdapat teknologi komunikasi keren lainnya dengan kemampuan yang luar biasa.

Kekurangan telepon

Kekurangan telepon

Tidak ada yang sempurna didunia ini, begitu halnya dengan telepon. Berikut di bawah ini pembahasan mengenai kekurangan telepon bagi pengguna yang juga perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Radiasi yang bisa mengganggu kesehatan

Kekurangan telepon yang pertama ialah bahaya radiasi yang bisa menganggu kesehatan pengguna. Ponsel memancarkan sinyal radiasi RF (Radio Frequency) dalam tingkat rendah dengan bentuk radiasi elektromagnetik yang bisa diterima dengan cepat oleh jaringan tubuh manusia ketika menggunakan perangkat tersebut.

Akan tetapi, terlalu sering menggunakan telepon akan berdampak kurang baik yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh manusia seperti sering mengalami pusing, gangguan saraf dan gangguan lainnya. Maka dari itu, gunakan perangkat telepon sesuai kebutuhan dan seperlunya saja.

2. Tidak terdapat kontak fisik

Ketika anda berjumpa dengan seseorang, baik itu saudara, tetangga, teman atau orang lain dapat dipastikan terdapat beberapa kontak fisik seperti bersalaman, bersenda gurau atau lainnya. Hal ini tentu akan menambah keakraban dan mempererat persaudaraan dengan lawan bicara anda.

Akan tetapi, seperti yang kita tau apabila menggunakan telepon dalam berkomunikasi, tidak ada kontak fisik dengan lawan bicara. Hal ini seringkali dapat menimbulkan dampak negatif seperti kurang memahami isi pembicaraan dan bisa menyebabkan kesalahpahaman (miskomunikasi) dengan lawan bicara.

Maka dari itu, dalam berkomunikasi menggunakan telepon ini anda harus lebih berhati-hati dalam berbicara dan lebih jelas dalam mengambil keputusan dengan lawan bicara anda. Apabila dirasa sangat penting lebih baik adakan pertemuan ringan di lokasi terdekat seperti cafe, mall, warung kopi dan tempat umum lainnya.

3. Rawan pemalsuan dan pencurian identitas

Terkadang penggunaan teknologi telepon bisa menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya. Tindak kejahatan seperti pemalsuan dan pencurian identitas sering dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, anda diharuskan untuk lebih waspada dan berhati hati dalam menggunakan telepon seluler.

Pemalsuan identitas juga menyasar berbagai kalangan, sehingga anda harus lebih bijak untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan tersebut. Dan yang terpenting jangan pernah berikan data informasi pribadi ke seseorang yang tidak dikenal.

4. Membutuhkan sinyal yang kuat

Kekurangan telepon berikutnya adalah membutuhkan sinyal yang kuat. Bagi pengguna yang tinggal di daerah pedesaan atau tempat pelosok mungkin sering mengalami kesulitan saat berkomunikasi menggunakan telepon, hal ini dikarenakan untuk melakukan panggilan telepon harus membutuhkan sinyal yang cukup kuat. Apabila sinyal yang tersedia lemah, mungkin akan membuat komunikasi menjadi tidak lancar dan terputus putus saat digunakan.

5. Harus sama-sama mempunyai perangkat seluler

Kelemahan telepon yang terakhir ialah harus mempunyai perangkat seluler. Saat berkomunikasi menggunakan telepon harus sama-sama perangkat seluler, baik itu anda ataupun lawan bicara yang akan dihubungi. Tentu hal ini menjadi batasan dalam melakukan komunikasi bagi seseorang yang mempunyai ekonomi kurang mampu.

Penutup

Teknologi telepon memang berperan cukup penting sebagai alat komunikasi saat ini dan seiring dengan berjalannya waktu terus mengalami perkembangan yang luar biasa. Untuk itu anda dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan ikut berperan dalam menggunakan teknologi telepon secara positif.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan telepon bagi pengguna yang perlu anda ketahui, saya berharap kedepannya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi banyak orang. sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di blog masdzikry, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *