10 Kelebihan dan Kekurangan Komputer bagi Pengguna

6 min read

Kelebihan dan kekurangan komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang dilengkapi kemampuan canggih dalam melakukan proses perhitungan data, baik itu perhitungan data sederhana ataupun kompleks. Di masa kini, kehadiran perangkat komputer cukup dibutuhkan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia, karena sangat membantu dan meringankan beragam pekerjaan didunia nyata. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan komputer yang perlu anda ketahui.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan email yang perlu diketahui

Komputer atau sering dikenal dengan PC (personal computer) memiliki bentuk yang berbeda dengan perangkat laptop pada umumnya, akan tetapi keduanya memiliki fungsi yang sama untuk digunakan dalam berbagai kegiatan anda seperti bermain game, menyelesaikan pekerjaan, belajar dan sebagainya. Walapun dari segi penggunaan, perangkat laptop disebut lebih simple dan praktis, akan tetapi hingga saat ini banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan perangkat komputer.

Kelebihan komputer

Kelebihan komputer

Dalam penggunaannya, perangkat komputer juga menawarkan berbagai kelebihan yang menarik untuk diulas lebih lanjut, berikut dibawah ini beberapa kelebihan komputer bagi pengguna yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Memiliki harga yang lebih murah

Kelebihan dari komputer yang pertama ialah memiliki harga yang lebih murah dibanding perangkat laptop. Hal ini dapat dirasakan apabila anda membeli dan merakit sendiri satu persatu komponen komputer tersebut, seperti harddisk, prosesor, ram, motherboard, casing dan komponen lainnya.

Bahkan dengan dana sekitar 2jutaan anda bisa merakit komputer siap pakai dengan spesifikasi yang mumpuni untuk pemakaian sehari-hari. Tentu hal ini berbeda dengan harga laptop kondisi baru yang harus mengeluarkan dana sekitar 3.5 hingga 4 jutaan untuk mendapatkan spesifikasi menengah keatas.

2. Perawatan dan perbaikan yang lebih mudah

Kemudian, perawatan dan perbaikan pada setiap komponen komputer juga dapat dikerjakan dengan lebih mudah. Hal ini disebabkan karena bagian perangkat keras komputer terpisah dan tidak tersambung menjadi satu seperti laptop, contohnya ialah apabila bagian keyboard mengalami kerusakan, anda bisa langsung menggantinya dengan membelinya di toko komputer terdekat.

Selain itu, bagian bagian komputer juga banyak dijual di toko online ataupun offline. Jadi, anda bisa mengganti setiap komponen yang rusak dengan lebih mudah dan cepat, akan tetapi anda harus berhati hati dan apabila kebingungan anda bisa membawanya ke tempat service komputer atau bertanya ke teman atau saudara yang paham betul mengenai kerusakan komputer.

3. Kinerja yang lebih cepat dan mumpuni

Kinerja yang dimiliki komputer juga lebih baik dibanding laptop, hal ini disebabkan karena pada generasi saat ini sebagian besar perangkat komputer telah dilengkapi dengan prosesor yang cukup tinggi. Sehingga membuat perangkat komputer menjadi lebih mumpuni dan tidak cepat overheat (terlalu panas).

Penggunaan perangkat komputer juga sangat tepat digunakan bagi anda yang harus bekerja atau mengerjakan berbagai aktivitas lainnya dalam waktu yang relatif lebih lama. Tentu hingga saat ini, banyak perusahaan atau badan usaha lainnya yang menggunakan komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Bagi sebagian orang, perangkat komputer dipilih untuk melakukan tugas berat seperti rendering video, bermain game dan tugas lainnya yang membutuhkan spesifikasi komputer dengan performa tinggi.

4. Dapat ditingkatkan dan dimodifikasi sesuai selera pengguna

Bagi pengguna komputer mungkin telah mengetahui kelebihan ini, anda bisa melakukan modifikasi komponen perangkat keras komputer sesuai keinginan seperti menambah ukuran RAM, mengganti prosesor, vga, harddisk, kipas pendingin, keyboard dan komponen lainnya. Walaupun perangkat laptop juga bisa melakukan hal tersebut, namun komputer lebih mudah untuk dimodifikasi karena komponen terpisah dan tidak sesulit membongkar pasang laptop.

Akan tetapi, sebelum meningkatkan atau melakukan modifikasi komputer, saya sarankan untuk mengetahui terlebih dahulu batasan maksimum spesifikasi komponen yang bisa diterima oleh motherboard tersebut dengan membaca spesifikasi lengkap melalui website resmi dari tipe motherboard yang anda miliki.

5. Penggunaan yang lebih flexible

Keunggulan komputer yang selanjutnya ialah penggunaan yang lebih flexible. Mungkin kamu telah mengetahui hal ini, pada komputer komponen keyboard dan mouse menggunakan eksternal yang terpisah dengan perangkat komputer dan layar monitor.

Hal ini tentu memberi kemudahan bagi penggunanya yang bisa dimanfaatkan dengan cara meletakkan layar monitor lebih jauh dari pandangan dan hanya menjalankan komputer dengan keyboard dan mouse supaya bisa mengurangi bahaya radiasi pada cahaya monitor yang masuk, sehingga ini akan membuat mata anda lebih nyaman dan sehat dengan cara mengatur jarak monitor tersebut.

6. Memiliki ukuran monitor yang lebih besar

Keuntungan menggunakan komputer yang terakhir ialah memiliki ukuran monitor yang lebih besar. Dengan ukuran monitor yang relatif besar akan membuat pengguna lebih nyaman dan leluasa untuk digunakan untuk berbagai aktivitas, baik itu bermain game, menonton vidio, belajar dan aktivitas lainnya.

Tentu hal ini akan lebih mempermudah para pengguna komputer ketika melakukan suatu pekerjaan karena ukuran layar monitor yang lebih besar apabila dibandingkan dengan perangkat notebook ataupun laptop. Jika masih kurang besar anda bisa membeli layar monitor sesuai keinginan di toko komputer terdekat.

Kekurangan komputer

Kekurangan komputer

Walaupun perangkat komputer mempunyai banyak kelebihan, akan tetapi perangkat ini juga mempunyai sejumlah kekurangan yang menarik untuk diulas. Maka dari itu, anda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan komputer. Berikut dibawah ini beberapa kelemahan komputer yang perlu anda ketahui, Diantaranya yaitu :

1. Proses pemasangan komponen yang membutuhkan skill khusus

Kekurangan komputer yang pertama ialah proses pemasangan komponen yang membutuhkan skill khusus. Dalam merakit sebuah perangkat komputer, pengguna harus mengerti cara pemasangan dan penempatan setiap bagian komponen tersebut. Hal ini dibutuhkan karena apabila anda salah saar memasang komponen, bisa berakibat komputer tidak dapat menyala dan yang paling parah bisa menyebabkan komponen tersebut menjadi rusak.

Contohnya seperti ini, saat hendak memasang komponen prosesor pada motherboard komputer, anda asal memegang dan memasang komponen tersebut dengan tidak hati-hati, berawal dari inilah komputer tidak bisa hidup secara normal.

Maka dari itu, sebelum anda memutuskan untuk merakit komputer, harap belajar terlebih dahulu mengenai cara pemasangan setiap komponen tersebut dan bila perlu bawa ke teknisi komputer yang paham betul mengenai pemasangan komputer. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi pengguna yang membeli komputer langsung satu paket siap pakai tanpa perlu merakitnya kembali.

2. Tidak bisa digunakan dibanyak tempat

Kelemahan komputer yang selanjutnya ialah tidak bisa digunakan dibanyak tempat. Dalam penggunaannya, komputer memiliki komponen yang saling terpisah dan tidak menyatu seperti perangkat laptop, tentu hal ini akan menyusahkan pengguna apabila ingin berpindah tempat atau membawanya ke tempat lainnya seperti cafe, mall, perpustakaan dan sebagainya.

Misalkan suatu saat terjadi insiden kebocoran air hujan pada sebuah ruangan dengan banyak perangkat komputer didalamnya, tentu akan lebih menyusahkan pengguna dalam mengamankan dan memindahkannya satu persatu. Terlebih lagi setiap komponen telah terhubung satu sama lain, sehingga tindakan yang harus dilakukan pertama kali ialah memutus rangkaian dari semua komponen komputer yang tersambung seperti kabel VGA, kabel keyboard, mouse dan komponen lainnya.

Jadi, proses pemindahan perangkat komputer dari satu tempat ke tempat lainnya memerlukan waktu yang cukup lama dan lebih repot dibandingkan dengan laptop, karena komponen eksternal komputer tersebut perlu dipasang satu persatu.

3. Membutuhkan aliran daya listrik yang cukup besar

Bagi perusahaan besar yang aktivitasnya menggunakan banyak perangkat komputer, tentu tidak ada masalah dengan hal ini. Akan tetapi, bagi pengguna yang menggunakan komputer secara personal atau penggunaan pribadi mungkin akan lebih terasa dengan biaya listrik yang cukup tinggi.

Hal ini disebabkan karena perangkat komputer membutuhkan aliran daya listrik yang cukup besar untuk digunakan secara normal, akan tetapi dalam mengatasi hal ini anda bisa menggunakan alat tambahan berupa stabilizer untuk menjaga tegangan arus listrik rumah anda agar tetap stabil.

4. Kurang praktis

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya bahwa komputer memiliki komponen yang saling terpisah seperti monitor, kabel power, kabel vga, keyboard dan sebagainya. Jadi, sebelum menggunakannya anda perlu memasang semua komponen tersebut satu persatu, dari hal inilah yang membuat penggunaan komputer menjadi kurang praktis apabila dibandingkan dengan laptop.

Selain itu, ukuran yang dimiliki perangkat komputer terbilang lebih besar dan untuk menggunakannya anda memerlukan tempat yang lebih lebar. Maka dari itu, penggunaan komputer kurang cocok diterapkan pada ruangan yang kecil atau sempit.

Jenis jenis komputer berdasarkan fungsi dan ukuran

Jenis jenis komputer

Tahukah kamu, saat ini banyak berbagai jenis komputer yang digunakan oleh banyak orang yang mempunyai fungsi dan ukuran yang bermacam macam. Salah satu contoh jenis komputer saat ini ialah Personal Computer atau disingkat pc, umumnya komputer ini digunakan secara perorangan saja, namun komputer jenis ini banyak diterapkan dilingkungan sekolah, rumah ataupun perkantoran.

Personal komputer lebih sering dipilih dan digunakan oleh banyak orang dalam membantu pekerjaan sehari-hari. Dalam penggunannya, PC mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang tentu berbeda dengan jenis komputer lainnya.

Berikut dibawah ini merupakan pembahasan singkat yang telah saya rangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa jenis komputer yang sering ditemui berdasarkan fungsi dan ukurannya yang juga perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Komputer/PC gaming

Jenis komputer yang pertama ialah komputer gaming. Komputer ini memang dirancang khusus untuk kegiatan bermain game, baik itu game ringan atau berat. Jenis ini seringkali dikenal dengan istilah PC gaming, apabila dilihat secara sekilas mungkin tidak ada sebuah perbedaan dengan PC biasa.

Akan tetapi, Pada komputer gaming mempunyai spesifikasi komponen yang lebih mumpuni dibandingkan dengan personal komputer biasa, seperti ukuran RAM yang lebih tinggi, prosesor generasi terbaru, motherboard dengan tipe khusus, pendingin tambahan dan sebagainya

2. Komputer editing

Kemudian ada komputer editing yang didesain khusus untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan rendering seperti pembuatan film, desain grafis, music dan sebagainya. Personal komputer jenis ini juga dipilih dan digunakan oleh para composer atau editor dalam melakukan setiap proses rendering.

Tentunya hal ini sangat berbeda dengan personal komputer pada umumnya, karena jenis PC editing atau rendering harus mempunyai komponen VGA card tambahan yang mumpuni dan komponen harddisk dengan ukuran yang lebih besar.

3. Komputer jaringan

Jenis komputer ini seringkali digunakan oleh para teknisi jaringan untuk membuat jaringan komputer agar bisa melakukan komunikasi atau pertukaran data melalui server ataupun komputer client lainnya yang telah terhubung pada jaringan yang sama.

Umumnya, jenis komputer ini menggunakan komponen kartu jaringan (NIC) yang dilegkapi dengan spesifikasi lebih tinggi. Penggunaan perangkat komputer jaringan ini dapat dengan mudah anda temui pada berbagai instansi pemerintah ataupun perusahaan besar.

4. Komputer mainframe

Jenis komputer ini mempunyai ukuran yang relatif lebih besar dari komputer pada umumnya. Komputer ini seringkali dimanfaatkan oleh pengguna menjalankan sistem data dan aplikasi dengan volume yang cukup besar.

Komputer mainframe tersusun oleh komponen komputer dengan skala kecil yang dirancang khusus supaya bisa saling terhubung dalam satu sistem yang sama, sehingga dapat digunakan untuk menjalankan sistem atau proses data dalam satu waktu secara bersamaan. Jenis komputer ini dapat dengan mudah anda temui pada berbagai perusahaan besar.

Perlu diketahui juga bahwa komputer jenis ini sering digunakan dalam memproses sebuah data survey, kebutuhan militer dan menangani berbagai proses transaksi pada bank. Karena memiliki kemampuan yang handal, maka komponen perangkat lunak pada komputer jenis ini mempunyai lapisan keamanan yang lebih tinggi dibanding komputer pada umumnya. Komputer mainframe beroperasi penuh yang berjalan selama 24 jam dengan dipantau secara realtime agar meminimalisir berbagai kesalahan.

5. Komputer server

Jenis komputer yang selanjutnya ialah komputer server. Komputer jenis ini seringkali digunakan oleh para teknisi komputer dalam mengoperasikan berbagai program pada client dan server. Komputer server termasuk salah satu perangkat pada jaringan yang keberadaannya cukup penting, beberapa fitur yang perlu diketahui seperti DHCP server, database server, web server dan fitur service lainnya.

Kelebihan dan kekurangan komputer jenis ini ialah mempunyai beragam ukuran dengan spesifikasi yang berbeda beda dan dapat diatur sesuai kebutuhan penggunanya. Selain itu, penggunaan komputer ini tidak terlalu menggunakan tampilan visual grafis karena memang mempunyai fungsi yang berbeda dengan perangkat komputer pada umumnya.

Dalam segi performa, komputer server mempunyai spesifikasi yang lebih mumpuni, seperti prosesor dan ukuran RAM yang tinggi. Hal ini diperlukan karena komputer server harus bekerja dan beroperasi penuh tanpa henti selama 24 jam.

Selain itu, jenis komputer ini juga telah dilengkapi penyimpanan harddisk yang lebih besar dibanding komputer pada umumnya. Akan tetapi, jenis komputer server memiliki harga yang relatif lebih mahal sekitar 9 hingga puluhan juta rupiah, umumnya komputer jenis ini digunakan oleh berbagai perusahaan besar dan instansi pemerintah.

Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan komputer beserta jenis jenisnya yang perlu anda ketahui, saya berharap penjelasan diatas tadi dapat berguna dan membawa manfaat bagi banyak orang. Sekian dari saya dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa pada tulisan saya selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *