10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Bagi Pengguna

3 min read

Kelebihan dan kekurangan smartphone

Di era modern saat ini teknologi komunikasi telah berkembang sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan adanya perangkat smartphone yang dilengkapi berbagai kemampuan dan fitur yang canggih. Jika zaman dulu untuk berkomunikasi jarak jauh perlu berkirim surat atau melalui wartel (warung telepon), tentu saat ini hanya memerlukan smartphone yang dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan smartphone bagi pengguna dimasa kini yang perlu anda ketahui.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer yang perlu diketahui

Saat ini, hampir setiap orang di berbagai belahan dunia telah mempunyai perangkat smartphone. Tanpa adanya perangkat ini, akan membuat kegiatan yang dilakukan manusia menjadi lebih sulit, hal ini disebabkan karena perangkat ini cukup berperan penting dan mempunyai fungsi yang beragam (multifungsi) dalam kehidupan sehari hari.

Kelebihan dan kekurangan smartphone

Selain digunakan sebagai alat komunikasi, smartphone juga dapat digunakan dibanyak hal seperti menonton video, bermain game, melihat dokumen, menyimpan file dan hal lainnya. Akan tetapi, perangkat ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang menarik untuk dibahas, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Kelebihan smartphone

Kelebihan smartphone

Berikut dibawah ini pembahasan singkat mengenai beberapa kelebihan smartphone dimasa kini yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Sebagai alat komunikasi

Kelebihan smartphone yang pertama ialah sebagai alat komunikasi, perangkat ini memang dirancang supaya dapat mempermudah manusia untuk saling berkomunikasi. Seperti memberi kabar pada keluarga di desa, menyampaikan pesan ke teman, tetangga dan hal lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu perangkat smartphone terus mengalami perkembangan dan ikut berperan penting dalam kehidupan manusia.

Tentu dengan adanya perangkat smartphone ini, pengguna dapat melakukan berbagai hal yang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari karena mempunyai berbagai kemampuan dan fitur yang canggih. Selain itu, perangkat ini dapat mempermudah manusia dalam melakukan interaksi sosial yang memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan banyak orang diberbagai wilayah Indonesia hingga dunia.

2. Mempermudah mendapatkan informasi

Penggunaan smartphone juga mempermudah anda dalam mendapatkan berbagai informasi yang anda butuhkan dengan cepat dan mudah. Seperti informasi mengenai cara memasak, cara memancing, cara berjualan, spesifikasi komputer dan sebagainya. Tentunya hal ini juga tidak terlepas dari peran internet dan sosial media yang membantu pengguna dalam memperoleh beragam informasi dibutuhkan.

3. Dapat terhubung secara global

Dengan adanya teknologi internet, dapat membuat perangkat smartphone mengakses berbagai hal yang anda butuhkan. Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang secara global melalui pesan instant atau platform sosial media seperti whatsapp, facebook, twitter dan sebagainya.

Tentunya sosial media tersebut menghadirkan banyak manfaat bagi penggunanya, salah satunya ialah berbagai macam berita yang dapat menyebar dengan cepat, baik itu positif ataupun negatif. Hal ini disebabkan karena akses dan fitur yang mudah digunakan untuk diforward atau dibagikan kembali ke banyak orang. Maka dari itu, anda dapat memanfaatkannya dengan baik melalui perangkat smartphone untuk berkomunikasi dengan banyak orang secara global.

4. Dapat digunakan untuk mengembangkan usaha

Penggunaan smartphone juga dapat digunakan untuk mengembangkan usaha atau bisnis anda, pengguna dapat mempromosikan berbagai macam bidang usaha guna meningkatkan penghasilan melalui sosial media atau marketplace yang tersedia seperti facebook, instagram, whatsapp, tokopedia, bukalapak dan platfrom lainnya. Dengan bantuan sosial media dan marketplace tersebut, tentu akan membuat bisnis anda menjadi lebih terlihat professional dan lebih mempermudah anda dalam melakukan penjualan produk secara online.

Perlu diketahui juga bahwa untuk melakukan penjualan produk secara online anda tidak harus menyimpan dan menyetok barang dalam jumlah banyak, anda bisa menggunakan sistem dropshipper yang tetap bisa berjualan tanpa memerlukan modal biaya yang besar.

Kemudian, kelebihan berbisnis secara online ini lebih banyak memperoleh pembeli dibandingkan dengan berdagang secara offline atau membuka toko konvensional. Calon pembeli produk yang anda jangkau kemungkinan bisa berasal dari luar pulau, luar kota hingga luar negeri. (Baca juga : memahami apa itu dropshipper)

5. Menambah kreativitas pengguna

Kelebihan smartphone yang terakhir ialah dapat menambah kreativitas pengguna. Seiring berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perkembangan yang memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna. Tentu hal ini juga akan memacu seseorang dalam membuat beragam inovasi dan ide kreatif lainnya, seperti menggunakan smartphone sebagai tempat editing video, media belajar online, menyimpan dokumen penting dan sebagainya.

Kekurangan smartphone

Kekurangan smartphone

Setelah membahas kelebihan smartphone kini kita beralih ke pembahasan yang selanjutnya mengenai beberapa kekurangan smartphone dimasa kini yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Media penyebaran HOAX

Kehadiran hoax atau berita bohong yang ada di internet seringkali membuat bingung dan meresahkan banyak orang. Di era modern saat ini, seseorang dapat dengan cepat dan mudah membuat dan menyebarkan berita hoax yang belum tentu terbuki benar. Maka dari itu anda harus lebih waspada dan berhati hati dalam menggunakan smartphone, karena tidak selamanya perangkat ini memiliki pengaruh positif bagi penggunanya.

2. Sering terjadi pencurian identitas

Kekurangan smartphone yang berikutnya ialah sering terjadi pencurian identitas. Hal ini dapat terjadi apabila anda kurang teliti saat membuka atau mengakses link yang ada di internet. Tindakan pencurian identitas melalui link semacam ini disebut dengan phising, sehingga anda harus ekstra berhati hati saat membuka sosial media ataupun menjelajah internet.

3. Rawan penipuan secara online

Dalam menggunakan perangkat smartphone juga terdapat bahaya penipuan online yang menyasar berbagai kalangan pengguna, contoh penipuan yang sering terjadi ialah sms palsu berupa hadiah, pemerasan, transfer palsu dan hal lainnya. Maka dari itu, seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa anda harus lebih waspada dan berhati hati dalam menggunakan smartphone.

4. Dapat menimbulkan sifat individual

Terkadang penggunaan perangkat smartphone berlebihan juga dapat menimbulkan sifat individual yang tertutup dan tidak dapat berkomunikasi dengan banyak orang. Tentu hal ini merupakan dampak negatif dari smartphone yang harus anda hindari. Sehingga anda perlu menggunakan perangkat smartphone secukupnya sesuai kebutuhan.

5. Radiasi yang bisa mengganggu kesehatan

Kekurangan smartphone yang selanjutnya ialah radiasi yang bisa menganggu kesehatan manusia. Perangkat smartphone saat ini juga mengeluarkan radiasi tingkat rendah yang dapat masuk kedalam jaringan tubuh manusia, penggunaan smartphone yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek radiasi pada tubuh seperti kulit yang keraput, sering mengalami pusing dan gejala lainnya. Maka dari itu, gunakan perangkat smartphone secukupnya saja.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat saya mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan smartphone bagi pengguna dimasa kini yang perlu anda ketahui, saya berharap kedepannya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi banyak orang. Sekian dari saya dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *