Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Memahami Pengertian dan Fungsi SSD pada Komputer

2 min read

Fungsi SSD pada komputer

Solid State Drive atau SSD saat ini sudah sering dijadikan sebagai penyimpanan informasi maupun data. Dapat dikatakan bahwa SSD merupakan versi canggih dari USB Flash Drive. Hanya saja, kapasitasnya didesain dengan jauh lebih besar. Lantas, sebenarnya apa saja fungsi SSD pada komputer?

Baca juga : kelebihan dan kekurangan harddisk komputer

Tentu ada banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan dari perangkat tersebut. Secara umumnya, SSD dapat berfungsi untuk menyimpan data layaknya hardisk. Hanya saja konstruksinya lebih menyerupai USB Flash Drive. Yakni terdiri dari beberapa IC yang dapat dijadikan sebagai bagian memorinya.

Pengertian SSD

SSD atau Solid State Drive merupakan sebuah perangkat keras yang fungsinya hampir sama seperti hardisk. Yakni sebagai tempat penyimpanan informasi maupun data yang ada pada komputer. Baik itu data berupa gambar, video, foto, dokumen, ataupun data yang lainnya.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa SSD ini sendiri termasuk sebagai perkembangan terbaru dari jenis penyimpanan layaknya hardisk. Cara kerjanya sendiri berbeda dengan hardisk. Yakni mempunyai interface berupa IC atau Integrated Circuit serta flash memory yang dipakai sebagai tempat penyimpanannya.

Layaknya perangkat penyimpanan hardisk, memori yang digunakan pada SSD memiliki sifat non-volatile memory. Dengan jenis memori tersebut maka sebuah data dan informasi akan tersimpan secara permanen. Data tersebut juga tidak akan hilang ketika komputer tidak dioperasikan sekalipun.

Fungsi SSD pada Komputer

Perlu diketahui bahwa SSD umumnya tidak memiliki disk seperti yang ada pada HDD. Nantinya, SSD tersebut dapat dipasang pada komputer maupun laptop sebagai pengganti HDD. Lantas, apa saja fungsi dari perangkat SDD tersebut? Di bawah ini beberapa fungsinya yang bisa Anda ketahui lebih lanjut:

1. Media Penyimpanan Data

Layaknya hard disk, SSD memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan data. Dapat dikatakan bahwa data apa saja bisa disimpan pada perangkat tersebut asal tidak melebihi kapasitas maksimalnya. Baik itu pada PC atau komputer hingga laptop.

Keberadaan SSD sendiri terbilang sangat direkomendasikan bagi Anda yang merupakan seorang editor video, desain grafis, maupun gamers. Nantinya, pengguna akan lebih leluasa dalam menyimpan file yang mereka miliki. Tanpa perlu takut data atau informasi tersebut hilang.

2. Pengganti Hard Disk

Dapat dikatakan bahwa hard disk memang belum tergantikan saat ini. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan SSD karena harganya yang cukup terjangkau. Terlebih jika harganya turun mendekati hard disk tentu saja orang-orang akan memilih untuk menggunakan SSD.

Baca juga : pengertian dan fungsi input device komputer

Untuk fungsi dari hard disk dengan SSD sendiri juga tidak jauh berbeda. Dengan begitu, tidak ada salahnya untuk lebih memilih Solid State Drive dibandingkan dengan hard disk. Pasalnya, SSD ini sendiri memiliki fungsi yang cukup canggih.

3. Mempercepat Kinerja Laptop

Kebanyakan orang saat ini memang hanya memanfaatkan SSD hanya sebagai media penyimpanan data dan informasi saja. Akan tetapi, dengan memanfaatkannya sebagai media penyimpanan tersebut akan menjadikan kinerja komputer menjadi lebih cepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu loading lama.

Contohnya saja saat melakukan proses booting. Dengan memanfaatkan SSD, maka dapat melakukannya dengan jauh lebih cepat dari sebelumnya. Termasuk saat Anda menggunakan aplikasi berat seperti AutoCAD, Adobe Illustrator, dan lainnya.

Kelebihan Menggunakan SSD

Tidak banyak yang mengetahui bahwa SSD mempunyai kecepatan transfer dan proses data jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jenis penyimpanan perangkat yang lainnya. Hal tersebut tidak lain karena SSD memakai sistem kerja berupa Flash Memory sebagai tempat penyimpanan.

Selain itu, apabila dipakai untuk penyimpanan sistem operasi maka SSD mempunyai kecepatan booting ketika menyalakan komputer dengan proses yang lebih cepat. Proses start awal juga terbilang jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan HDD.

Untuk konsumsi daya baterai dari SSD sendiri terbilang cukup rendah. Hal ini tidak lain karena perangkat tersebut hemat dalam pemakaian baterai. Dengan begitu, komputer yang memakainya akan mendapatkan daya nyala yang jauh lebih lama apabila dibandingkan dengan memakai hard disk biasa pada umumnya.

Kecepatan Baca Tulis SSD

Anda juga perlu mengetahui bahwa komponen SSD menawarkan kinerja untuk booting serta baca dan tulis dengan cukup tinggi. Terutama untuk mendukung komputasi yang membutuhkan kapabilitas multitugas lebih baik. Hal itulah yang menjadikan keberadaannya berbeda dari yang lainnya.

Baca juga : cara shared printer windows dengan benar

Untuk kecepatan baca tulisnya sendiri mencapai 8 kali jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan HDD. Kemudian pada perangkat komputer yang terpasang SSD bisa melewati proses booting hanya dalam waktu hitungan detik saja.

Tepatnya tidak melewati waktu selama 1 menit. Untuk HDD sendiri memerlukan waktu yang jauh lebih lama sesuai dengan spesifikasi prosesor yang digunakan. Hanya saja memang tidak jauh lebih cepat apabila dibandingkan saat Anda menggunakan SSD.

Penutup

Itulah beberapa fungsi SSD pada komputer beserta informasi lain yang bisa Anda ketahui. Dengan memahami berbagai hal mengenai perangkat tersebut maka jangan ragu untuk menggunakannya. Terlebih, SSD juga tidak akan menimbulkan suara yang mengganggu saat digunakan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.