Input Device: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

2 min read

Fungsi input device

Pada dasarnya, komputer merupakan sebuah kesatuan dari beberapa bagian komponen. Komponen tersebut dibagi menjadi tiga yaitu input device, processing, dan output device. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan fungsi input device beserta contoh perangkatnya.

Baca juga : memahami pengertian dan fungsi storage device

Sama seperti manusia, komputer pun gemar bekerjasama. Mereka pun saling melengkapi agar sistem pada komputer dapat berjalan dan digunakan dengan normal. Sehingga, ketiga komponen input, processing dan output tersebut mempunyai peran yang berbeda.

Perlu anda ketahui, processing merupakan komponen yang dimana tugasnya adalah mengolah data atau sistem. Sedangkan output device bertugas untuk menampilkan keluaran yang sudah diolah oleh processing. Sementara itu, input device berperan dalam memasukkan perintah ke sistem komputer.

Pengertian dan Fungsi Input Device

Input device ialah salah satu komponen atau perangkat masukan di komputer yang berperan dalam memasukkan dan meneruskan perintah dari pengguna ke operasi sistem komputer.

Perintah ini dapat berupa teks, audio, gambar, dan lain sebagainya yang nantinya akan diproses oleh perangkat processing dan selanjutnya ditampilkan oleh output device. Namun, fungsi input device ini berbeda-beda, tergantung dengan jenis perangkatnya. Jenis perangkat input dibagi menjadi dua, diantaranya yaitu:

  • Perangkat Input Langsung

Perangkat input ini akan langsung memproses apabila terdapat masukan dari devicenya. Contohnya seperti keyboard, mouse, touchpad, dll.

  • Perangkat Input Tidak Langsung

Untuk input tidak langsung, mereka memerlukan sebuah media tertentu sebelum suatu masukan diproses oleh perangkat processing. Contohnya seperti harddisk dan flashdisk, disket, dll.

Contoh Input Device beserta Fungsinya

Setelah mengetahui jenis perangkatnya, selanjutnya adalah fungsi dari masing – masing perangkat input device itu sendiri. Berikut dibawah ini beberapa contoh perangkat input device beserta fungsinya, diantaranya yaitu:

1. Keyboard

Anda semua tentu sudah sangat akrab kan dengan perangkat yang satu ini? Fungsi input device ini adalah untuk memasukkan data, dapat berupa huruf, angka, karakter, atau bahkan Anda juga bisa memasukan macam – macam shortcut keyboard.

Keyboard merupakan salah satu perangkat primer yang harus dimiliki oleh setiap pengguna komputer. Karena tanpa keyboard maka Anda tidak bisa memasukan perintah dan komputer tidak dapat memproses apa – apa.

Namun, seiring perkembangan zaman, di komputer itu sendiri sudah terdapat keyboard yang berbentuk virtual, artinya keyboard tersebut tidak terlihat secara fisik, yang tidak lain adalah on-screen keyboard. Tapi tetap saja, rasanya akan berbeda jika dibandingkan mengetik langsung di atas keyboard fisik.

2. Mouse

Input device yang tidak kalah pentingnya juga adalah Mouse. Fungsi input device ini adalah untuk menggerakan pointer yang terdapat di monitor. Atau bisa dikatakan juga mouse mewakili tangan pengguna komputer untuk menjalankan fungsi – fungsi yang ada pada komputer.

Mouse sendiri terdapat 2 jenis, yaitu wired menggunakan kabel dan wireless tanpa kabel. Semakin majunya teknologi tentu para pengguna lebih banyak memilih menggunakan tanpa kabel karena dirasa lebih praktis dan tidak ribet. Namun tak sedikit pula yang masih mempertahankan mouse wired.

Komputer tanpa mouse memang masih bisa berjalan, apabila terdapat touchpad, tapi tentunya tidak akan sebebas saat menggunakan mouse.

3. Touchpad

Perangkat input ketiga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, yaitu sama – sama untuk memberikan masukan berupa respon dari pengguna terhadap komputer tersebut. Hanya saja touchpad biasanya sudah langsung satu paket dengan laptop, tidak dijual terpisah layaknya mouse.

Namun, disarankan Anda jangan hanya mengandalkan touchpad saja. Karena bagaimanapun juga untuk melakukan aktivitas masukan tersebut akan bergerak lebih leluasa jika menggunakan mouse.

4. Webcam

Webcam merupakan salah satu perangkat keras yang bentuknya berupa kamera kecil. Fungsi input device ini adalah untuk melakukan panggilan video, atau bahkan untuk berfoto. Bukankah di laptop itu sendiri sudah ada kameranya? Memang benar, di setiap laptop sudah ada kameranya sendiri. Namun, seperti yang kita semua tahu tidak semua laptop memiliki kualitas gambar yang jernih.

Oleh karena itulah, para pengguna menyiasatinya dengan menggunakan webcam ini. Karena dengan webcam kualitas kamera akan lebih bagus dibandingkan dengan kamera bawaan laptop.

5. Scanner

Perangkat satu ini mungkin jarang ditemui pada setiap pengguna komputer. Karena memang harganya yang tergolong masih relatif mahal, selain itu juga tidak semua orang membutuhkan perangkat ini.

Scanner berfungsi untuk memindai sebuah hard file seperti kertas untuk selanjutnya dijadikan menjadi soft file berupa gambar atau file PDF. Saat ini juga sudah terdapat teknologi yang lebih praktis, yaitu aplikasi scanner yang bisa dipasang pada handphone masing – masing orang.

Penutup

Itulah ulasan mengenai fungsi input device, dan berbagai contoh perangkatnya. Sebenarnya masih banyak lagi perangkat yang input yang lainnya seperti scanner, mikrofon, barcode scanner dan sebagainya. Semua perangkat tersebut berfungsi untuk memberikan masukan atau perintah terhadap komputer.

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai pengertian dan fungsi input device pada komputer yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *