Pengertian dan 3 Fungsi Hyperlink pada Microsoft Word

2 min read

Pengertian hyperlink pada microsoft word

Pastinya anda telah mengenal program microsoft word, program ini berfungsi untuk membuat dan menulis dokumen. Didalamnya juga terdapat fitur hyperlink yang bisa anda manfaatkan dengan mudah, lantas apa fungsi hyperlink pada microsoft ini? simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Hyperlink

Hyperlink merupakan salah satu tools pada program Microsoft word yang digunakan untuk menghubungkan satu bagian dengan bagian yang lain. Fungsi hyperlink ini dapat membuat dokumen menjadi lebih efektif untuk dibaca, karena saat pembaca ingin melihat informasi lain mengenai dokumennya bisa langsung menuju link tersebut.

Fungsi Hyperlink pada Microsoft Word

Untuk fungsi hyperlink sendiri ada berbagai macam, tergantung dengan jenis hyperlink yang akan Anda pakai nanti. Berikut dibawah ini pembahasan mengenai beberapa fungsi hyperlink pada microsoft word, diantaranya yaitu:

1. Menghubungkan Dokumen Satu dengan Dokumen atau File Lain

Saat membuat dokumen seringkali ada tambahan dokumen yang harus disisipkan di dalamnya. Maka dengan hyperlink, dokumen Anda akan otomatis tertaut dengan dokumen atau file yang Anda sisipkan. Oleh karena itu pembaca akan dengan mudah menemukan dokumen yang terkait, tanpa perlu ribet mencarinya lagi.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hyperlink sendiri terdapat banyak jenisnya, untuk mendapatkan fungsi yang pertama ini Anda bisa menggunakan jenis hyperlink Link Section yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah.

2. Menghubungkan Dokumen Ke Halaman Website

Selain menyisipkan dokumen atau file lain. Tak jarang pula kita perlu informasi tambahan untuk memperkuat atau melengkapi isi dokumen dari internet. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan hyperlink untuk memasukan link website tersebut.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft word

Dengan menggunakan hyperlink tersebut, tentu akan mempermudah pembaca dalam mengakses halaman yang dimaksud dan tidak perlu repot mencarinya lagi di internet, cukup dengan membuka link tersebut, sudah langsung diarahkan ke halaman websitenya.

3. Menghubungkan Dokumen Ke Page Lain

Jika dua fungsi hyperlink di atas bisa dikatakan eksternal link, atau mengarah ke luar dokumen. Untuk fungsi yang satu ini melakukan link namun masih dalam satu dokumen yang sama.

Fungsi ini bisa Anda gunakan saat membuat daftar isi dokumen, atau kamus. Saat pembaca mengklik linknya, akan otomatis dibawa pada halaman yang ditautkan dengan link. Sehingga pembaca tidak perlu repot – repot untuk scroll dokumen tersebut dan mencari halamannya.

Jenis-jenis Hyperlink

Setelah mengetahui fungsinya, kali ini kita akan membahas jenisnya. Untuk jenis hyperlink sendiri terdapat tiga macam yang juga perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Link Section

Link Section merupakan hyperlink yang digunakan untuk menautkan dokumen satu dengan dokumen lain, atau dokumen dengan file. Hal ini akan mempermudah pembaca, dan tidak perlu membuka folder lagi untuk mendapatkan dokumen atau filenya. Jenis ini sering digunakan dalam membuat dokumen, terutama dokumen perusahaan.

2. Absolute Address

Absolute Address merupakan jenis hyperlink yang dimana saat membukanya Anda perlu menggunakan koneksi internet. Jenis ini berhubungan dengan fungsi hyperlink yang kedua, yaitu untuk menghubungkan ke halaman web.

Baca juga : fungsi margins pada microsoft word

Jenis ini biasa digunakan apabila dokumen yang Anda buat memerlukan referensi dari sumber lain, yang tak lain adalah internet. Hyperlink ini biasa disebut dengan eksternal link, karena menuju ke halaman di luar dokumen tersebut. Nantinya alamat website yang dimasukan sudah lengkap berisikan protokol, nama file, dan juga network locationnya.

3. Relative Address

Jenis terakhir tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja jenis ini tidak membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Karena url yang disisipkan dalam dokumennya hanya berisikan path dan nama filenya saja.

Cara Membuat Hyperlink di Ms Word

Setelah membahas fungsi dan jenis hyperlink, selanjutnya kami akan menjelaskan cara membuat hyperlink pada Microsoft Word.

  1. Pertama tuliskan isi dari dokumen tersebut, selanjutnya blok bagian teks yang akan Anda beri hyperlink.
  2. Masuk ke menu Insert, dan pilih Hyperlink. Nantinya Anda akan dihadapkan dengan dialog yang dimana Anda akan diminta untuk memilih hyperlink jenis apa yang akan digunakan.
  3. Untuk jenisnya Anda bisa memilih di bagian Link to. Di sana terdapat 4 macam yaitu Existing File or Web Page, Place in The Document, Create New Document, atau E-mail Address.
  4. Jika sudah, Anda tinggal memilih dokumen, file, atau url mana yang akan Anda sisipkan, pilih OK dan hyperlink sudah berhasil dibuat.

Biasanya, teks yang sudah disisipkan hyperlink akan berubah warna menjadi biru atau bisa juga terdapat underline di bawahnya, hal ini bisa Anda atur sendiri sesuai keinginan.

Selain dapat menyisipkan sebuah link website dalam teks, penggunaan hyperlink juga bisa disisipkan dalam gambar. Sehingga, saat gambarnya di klik maka akan langsung diarahkan pada link yang dituju.

Penutup

Itulah beberapa fungsi hyperlink Microsoft Word beserta jenis dan cara membuatnya. Gunakanlah hyperlink agar dokumen Anda semakin efektif untuk dibaca dan lebih lengkap informasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *