Jaringan WAN: Pengertian, Karakteristik dan Fungsinya

2 min read

Pengertian WAN

Perkembangan teknologi melaju dengan pesat, begitu pula dengan teknologi komputer yang juga termasuk di dalamnya. Di dalam teknologi komputer terdapat istilah jaringan dan Kita akan mempelajari salah satunya yaitu pengertian jaringan WAN.

Baca juga : pengertian dan fungsi jaringan PAN (personal area network)

Kita tidak hanya belajar mengenai definisinya saja. Namun, Kita juga akan membahas lebih dalam tentang sejarah jaringan WAN, karakteristik serta fungsinya. Dengan begitu Kita akan lebih memahami secara mendalam seluk beluk jaringan WAN.

Sejarah Singkat Jaringan WAN

Wide Area Network atau WAN ditemukan oleh Thomas Maril dan Larry Robert tahun 1965. Mereka mempraktekkannya dengan cara menghubungkan komputer TX-2 yang lokasinya ada di MIT, dengan komputer Q-32 di Santa Monica. Keduanya dihubungkan dengan bantuan jaringan telepon. Selain menjadi penemu dari jaringan WAN, Larry dan Thomas juga merupakan pendiri perusahaan ARPA.

Pengertian Jaringan WAN

Pengertian jaringan WAN

WAN sendiri merupakan singkatan dari Wide Area Network, atau dalam bahasa Indonesia jaringan area yang luas. Singkatnya, WAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam cakupan area, geografis dengan jarak jangkau yang luas. Jangkauan dari jaringan ini mulai dari antar wilayah, kota, negara, bahkan hingga antar benua.

Agar dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya maka untuk menjangkau area yang luas tersebut WAN membutuhkan bantuan dari sarana lain dan transmisi yang besar seperti satelit misalnya.

Salah satu contoh dari jaringan WAN adalah beberapa jaringan LAN yang saling terhubung antara yang satu dengan lainnya. Dengan adanya jaringan WAN, Kita dapat berbagi dan juga berkomunikasi dengan komputer lainnya yang berada di tempat berbeda.

Karakteristik Jaringan WAN

Ada banyak jaringan yang bisa Anda temui dalam teknologi komputer. Sebagai pembeda antara satu dengan yang lainnya, masing-masing jaringan memiliki karakteristik tersendiri. Berikut adalah karakteristik jaringan WAN.

  • Jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan perangkat yang tidak mampu dijangkau oleh jaringan LAN maupun MAN karena memiliki area jangkauan yang luas.
  • Jangkauan area jaringan WAN luas
  • Mampu meneruskan paket data, melakukan switch dan juga menghubungkan jaringan LAN yang sudah terbentuk
  • Memanfaatkan beragam koneksi serial sehingga meski lokasinya berjauhan tetapi tetap mampu mengakses bandwidth
  • Jaringan WAN bekerja pada data link yang diperoleh dari layer OSI dan juga pada layer physical

Fungsi Jaringan WAN

Ada beberapa fungsi dari jaringan WAN atau Wide Area Network yang perlu diketahui, diantaranya adalah:

  • Menggabungkan sekaligus mengintegrasi jaringan LAN dan juga MAN
  • Mempermudah sekaligus mempercepat komunikasi dan juga penyebaran informasi
  • Meningkatkan efisiensi dari penyebaran informasi
  • Menjadi langkah pencegahan terjadinya miskomunikasi
  • Menghemat biaya operasional
  • Menjadi pendukung operasional dari perusahaan multinasional dan juga internasional

Perangkat Pendukung Jaringan WAN

Agar jaringan WAN dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya, maka diperlukan beberapa perangkat pendukung untuk meneruskan data yang ada. Adapun perangkat jaringan WAN diantaranya:

1. Modem

Modem adalah perangkat yang mengubah sinyal digital menjadi analog. Dimana sinyal digital yang telah dikirimkan akan dikonversi menjadi analog agar dapat dikenali sistem transmisi. Setelah itu sinyal akan diubah kembali ke bentuk digital untuk bisa sampai ke receiver.

2. Router

Router merupakan perangkat yang berperan besar dalam meningkatkan kemampuan jaringan WAN. Sebab keberadaan router yang memang berfungsi menghubungkan dua atau lebih jaringan agar dapat berkomunikasi, menjadi penguat bridge. Semakin kuat bridge, maka jangkauan juga semakin luas. Sehingga perangkat router mampu mewujudkan pengertian jaringan WAN yang daya jangkau jaringannya luas.

3. CSU/DSU

Channel Service Unit (CSU) atau Data Service Unit (DSU) memiliki fungsi yang hampir serupa dengan modem. Dimana perangkat ini meneruskan data dalam format digital melalui jaringan telepon digital.

4. ATM Switch

Perangkat atm switch ini amat diperlukan dalam jaringan WAN. Sebab perangkat ini mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi antara jaringan WAN dan juga jaringan LAN.

5. Communication Server

Perangkat server yang fungsinya untuk melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat tersambung dengan jaringan LAN.

6. Multiplexer

Perangkat ini dibutuhkan dalam jaringan WAN karena dapat mentransmisikan sinyal gabungan serta meneruskan data secara continue dengan menggunakan sebuah sirkuit.

7. Frame Relay

Perangkat ini memiliki kemampuan mentransfer data lokal melalui jaringan dengan memanfaatkan sinyal digital. Cara kerja dari frame relay hampir menyerupai ATM switch, akan tetapi kecepatan dari frame relay tidak sebaik perangkat ATM switch.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai pengertian jaringan WAN. Semoga dengan ditambah ulasan singkat mengenai sejarah, karakteristik, fungsi dan juga perangkatnya semakin menambah informasi dan memudahkan Anda dalam memahami pembuatan serta pemanfaatan jaringan WAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *