Cara Shared Printer di Windows dalam Satu Jaringan Wifi

2 min read

Cara shared printer

Printer ialah perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk mencetak file atau dokumen. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial mengenai cara shared printer di sistem operasi windows melalui jaringan wifi yang dapat anda praktekkan dengan mudah.

Baca juga : cara melihat kesehatan harddisk di sistem operasi windows

Perlu anda ketahui bahwa cara ini dapat berjalan pada jaringan wifi yang sama. Seringkali, penggunaannya di terapkan pada jaringan wifi berbasis LAN (local area network) yang memerlukan kabel RJ45 sebagai penghubung antar perangkat komputer dan printer.

Akan tetapi, tutorial ini juga dapat anda aplikasikan pada jaringan wifi yang berbasis wireless atau tanpa kabel (nirkabel). Untuk lebih jelasnya, simak lebih lanjut langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Shared Printer di Windows

Dalam melakukan tutorial ini ada tiga tahapan yang harus anda perhatikan, yaitu melakukan konfigurasi awal, kemudian konfigurasi printer dan melakukan konfigurasi perangkat komputer lainnya untuk menghubungkan ke printer yang telah dikonfigurasi.

Konfigurasi Awal

Langkah pertama ialah anda harus mengecek terlebih dahulu bahwa komputer yang akan di gunakan telah mengaktifkan file dan printer sharing. Cara ini bertujuan untuk menghidupkan izin berbagi agar terhubung dengan printer dan perangkat komputer lainnya dalam satu jaringan wifi.

1. Buka fitur control panel windows melalui start menu.

Cara shared printer

2. Klik lagi tulisan Control Panel pada bagian kiri atas untuk melihat seluruh pengaturan.

Cara shared printer

 

3. Pada tahap ini pilih bagian menu Network and Internet.

Cara shared printer

 

4. Kemudian buka pengaturan Network and Sharing Center.

Cara shared printer

5. Lalu klik Change Advanced Adapter Sharing settings.

Cara shared printer

6. Nah langsung saja hidupkan pengaturan berbagi tersebut, sesuaikan dengan gambar di bawah ini. Lalu klik tombol save changes untuk menyimpan.

Cara shared printer

Konfigurasi Perangkat Printer

Tahapan selanjutnya yaitu anda harus mengatur pengaturan perangkat printer tersebut untuk mengaktifkan izin berbagi agar dapat di jalankan melalui banyak komputer dalam jaringan wifi yang sama.

  1. Hubungkan terlebih dahulu perangkat printer dengan laptop atau komputer windows anda.
  2. Lalu buka pengaturan Devices and Printers melalui fitur start menu windows.
  3. Langkah selanjutnya yaitu pilih perangkat printer yang akan di share dan klik kanan, kemudian klik Printer Properties.
  4. Kemudian pilih tab bagian sharing, lalu centang kolom Share This Printer dan klik Apply serta Ok untuk melanjutkan.

Cara shared printer

Setelah melakukan langkah-langkah diatas tadi, anda telah berhasil melakukan konfigurasi printer dan siap untuk di operasikan serta di hubungkan ke perangkat laptop atau komputer yang lainnya.

Konfigurasi Komputer Lainnya yang Terhubung

Tahap ini berfungsi untuk menghubungkan komputer lainnya pada perangkat printer yang telah dikonfigurasi dalam satu jaringan wifi yang sama.

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mengaktifkan fitur File and Printer Sharing pada komputer yang akan dihubungkan seperti langkah di atas tadi.
  2. Buka file explorer dan klik fitur Network di bagian kiri.
  3. Kemudian klik dua kali nama komputer yang sebelumnya telah terhubung dengan printer.
  4. Lalu akan tampil nama printer yang telah dishare, langsung saja klik kanan dan pilih connect.
  5. Tunggu beberapa saat dan driver akan dipasang secara otomatis.
  6. Done, proses menghubungkan komputer ke printer telah berhasil anda lakukan dan printer bisa digunakan untuk mencetak dokumen.

Informasi Tambahan

Sebelum melakukan tutorial ini, saya sarankan untuk menginstall driver printer terlebih dahulu sesuai dengan tipe dan model printer yang anda gunakan melalui situs resminya masing-masing.

Tentunya, tutorial cara shared printer ini dapat anda aplikasikan di perangkat laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi windows masa kini. Baik itu windows 7, windows 8.1, dan windows 10.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan tutorial mengenai cara sharing printer di windows melalui jaringan wifi yang sama. Saya harap artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, apabila ada hal yang perlu di tanyakan, jangan segan untuk berkomentar. Cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *