Cara Melihat Kesehatan Harddisk dan Informasi Lainnya

1 min read

Cara melihat kesehatan harddisk

Harddisk merupakan komponen hardware dalam rangkaian komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara melihat kesehatan harddisk dengan menggunakan program sentinel yang di dalamnya terdapat informasi lainnya seperti suhu, umur, kecepatan dan sebagainya.

Baca juga : pengertian dan fungsi modem dalam jaringan komputer

Perlu anda ketahui juga bahwa harddisk terbagi menjadi dua jenis yaitu internal dan external yang memiliki fungsi sama, namun penggunaan yang berbeda. Untuk internal di gunakan dan terpasang pada bagian dalam komputer, sedangkan eksternal memiliki penggunaan yang fleksibel dan dapat di hubungkan melalui usb seperti flashdisk.

Cara Melihat Kesehatan Harddisk

  • Pertama yang harus anda lakukan ialah menginstall program harddisk sentinel. Apabila belum punya, anda bisa langsung mengunduh melalui situs resminya, hdsentinel.com dan unduh versi portable saja.
  • Ekstrak zip dalam folder dan jalankan hdsentinel.exe nya.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul informasi harddisk yang anda gunakan seperti gambar di bawah ini.

Screenshot Harddisk Sentinel

Harddisk sentinel Harddisk sentinel

Informasi Tambahan

Walaupun yang anda jalankan merupakan versi gratis atau trial, namun program ini tetap bisa di manfaatkan untuk mengetahui kesehatan harddisk serta berbagai informasi lainnya yang terkait dengan komponen harddisk.

Hd sentinel bisa anda manfaatkan dalam mengetahui bagus atau tidaknya kualitas harddisk yang di gunakan. Sehingga, sebelum membeli laptop atau komputer, pastikan terlebih dahulu kesehatan harddisknya menggunakan program ini.

Hal ini saya sarankan karena apabila harddisk yang di gunakan memiliki kesehatan kurang dari 15%, harus segera di ganti karena terdapat kemungkinan file yang di simpan dalam harddisk tersebut menjadi rusak atau hilang.

Selain dari itu, program hd sentinel juga mendukung semua versi sistem operasi windows saat ini, seperti windows 7, 8 dan 10 32bit 64bit. Maka dari itu, manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan mengenai tutorial cara melihat kesehatan dan harddisk dan informasi lainnya yang dapat saya sampaikan. Cukup sekian dan terimakasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu ditanyakan jangan segan untuk berkomentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *