Modem: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Fungsinya

2 min read

Fungsi modem

Modem adalah salah satu inovasi perangkat jaringan yang keberadaannya sangat membantu kebutuhan masyarakat ketika mengakses internet. Meskipun kini modem sudah banyak digunakan hampir di seluruh dunia, tetapi mungkin tidak banyak yang tahu tentang apa pengertian, dan fungsi modem.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan email bagi pengguna

Kebanyakan pengguna hanya mengetahui bahwa modem adalah sebuah perangkat yang menghubungkan perangkat lain ke internet. Padahal dalam praktiknya modem memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang sangat bermanfaat bagi manusia dan perkembangan teknologi.

Nah untuk mengetahui beberapa informasi tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara detail tentang apa itu modem, dan serba serbi informasi lainnya yang terkait dengan perangkat ini.

Pengertian Modem

Secara garis besar modem adalah perangkat keras yang berfungsi untuk kegiatan komunikasi dua arah, sehingga modem dapat digunakan untuk menerima dan memancarkan kembali sinyal dalam bentuk digital.

Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator, yang dimana jika dijabarkan menurut namanya yaitu modulator adalah sebuah alat yang memiliki fungsi melakukan proses modulasi atau memancarkan beberapa data pada gelombang atau frekuensi sinyal yang nantinya bisa dikirim ke penerima. Disisi lain demodulator adalah sebuah proses dalam mendapatkan kembali beberapa data dari sinyal yang sudah diterima oleh pengirim.

Dari kedua pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa modem adalah sebuah alat yang bisa menggabungkan dua fungsi dari modulator dan demodulator. Perlu Anda ketahui bahwa semua hardware yang menggunakan perangkat komunikasi dua arah itu disebut dengan modem.

Cara Kerja Modem

Pada awalnya data dari sebuah komputer yang masih dalam bentuk digital akan diubah oleh modem menjadi sebuah sinyal analog. Lalu sinyal analog ini nantinya akan dikirim ke media telekomunikasi lainnya seperti radio atau bahkan telepon.

Ketika data analog tadi sudah sampai ke komputer tujuan, maka modem yang ada di perangkat tujuan akan mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal digital kembali.

Prinsip dari cara kerja modem ini adalah komunikasi dua arah dalam mengubah sinyal digital ke analog lalu dikirimkan ke perangkat penerima. Setelah sampai di penerima, maka modem penerima akan mengubah sinyal tersebut kembali ke digital.

Fungsi Modem

Sekarang saatnya kami akan membahas apa saja fungsi modem yang wajib Anda ketahui. Meskipun pada dasarnya fungsi modem adalah menyambungkan komputer atau perangkat ke internet, namun ternyata masih ada beberapa fungsi lainnya yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Mengubah Sinyal Digital ke Sinyal Analog

Fungsi dari modem yang pertama ini memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat awam. Proses mengubah sinyal digital menjadi analog ini dinamakan proses modulasi. Fungsi yang satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam menyambungkan perangkat ke internet.

2. Mengubah Sinyal Analog ke Digital

Selain mengubah sinyal digital ke analog, modem juga akan mengubah sinyal analog tersebut kembali ke digital. Fungsi modem yang satu ini dijalankan oleh modem penerima dan dikembalikan ke modem awal.

Proses ini adalah kebalikan dari modulasi, yaitu demodulasi. Jadi ketika hendak menghubungkan perangkat dengan jaringan, modem akan melakukan komunikasi dua arah ini.

3. Menghubungkan Perangkat dengan Jaringan

Fungsi modem WiFi yang selanjutnya ini adalah sebagai penghubung antara perangkat komputer dengan jaringan. Namun seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa sebelum bisa terkoneksi dengan jaringan, modem akan melakukan komunikasi dua arah terlebih dulu berupa proses modulasi dan demodulasi.

4. Memeriksa Paket Data dan Komunikasi

Perangkat keras yang satu ini juga memiliki fungsi modem sebagai pemeriksa paket data dan komunikasi. Setelah menjalankan beberapa fungsi sebelumnya, modem akan melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi agar pengguna bisa mengakses internet dengan baik. Setelah melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi, selanjutnya modem akan melakukan proses pengompresan data yang tadi dikirim melalui sinyal.

Penutup

Nah, itulah beberapa informasi tentang pengertian, cara kerja, dan fungsi modem. Jika dilihat dari fungsinya maka sudah sangat jelas perangkat yang satu ini sangat berperan penting bagi pengguna saat ingin terhubung dengan jaringan internet. Bagaimana menurut Anda?

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *