Memahami 7 Fungsi Switch dalam Jaringan Komputer

2 min read

Contoh switch

Bagi anda yang bekerja dalam bidang jaringan, pasti telah mengetahui apa fungsi switch. Singkatnya, switch merupakan perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi sebagai jembatan dan penghubung antar komputer. Sehingga, dengan menggunakan switch anda dapat mengatur dan membuat topologi jaringan sesuai selera dengan mudah.

Baca juga : pengertian dan fungsi router dalam jaringan komputer

Nah pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai beberapa fungsi komponen switch dalam jaringan komputer yang perlu anda ketahui. Seperti apa pembahasannya? simak lebih lanjut di bawah ini.

Fungsi Switch pada Jaringan Komputer

Berikut di bawah ini beberapa fungsi switch dalam jaringan komputer yang perlu untuk anda ketahui. Diantaranya yaitu :

1. Melakukan Transmisi Data dari Server pada Jaringan

Sejatinya, Switch mampu mentransmisi data server maupun host menuju komputer yang telah terhubung ke jaringan internet Anda. Untuk itulah komputer yang terhubung dengan jaringan bisa mengakses informasi yang dimiliki server atau host.

2. Membatasi Jumlah Paket Data yang Masuk

Penggunaan switch hanya dapat diatur dengan leluasa oleh admin agar jaringan komputer Anda tetap aman, dengan begitu data informasi penting aman. Dijamin tidak dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab, pasalnya fungsi Switch adalah membatasi jumlah paket data transmisi pada client.

Switch dikenal sebagai smart hub karena berfungsi ganda, yaitu mengatur dan melakukan transmisi ke komputer tertentu. Tak heran switch digunakan oleh perusahaan kecil sampai besar, dengan begitu para pekerja mampu menyelesaikan tugasnya masing-masing. Bahkan Anda bisa memilih komputer pekerja mana yang boleh melihat data penting.

3. Dapat Digunakan Untuk Repeater

Anda ingin menambah jaringan network yang dibangun? Switch mampu mewujudkan keinginan Anda. Pasalnya switch mampu menambah jarak jaringan yang Anda bangun tanpa menggunakan kabel yang panjang.

Yang terpenting adalah mengetahui cara menggunakan switch agar manfaatnya bisa dirasakan. Jika masih awam, selain itu wajib mengetahui jenis Switch terbagi atas beberapa poin agar mudah menjalankannya.

4. Digunakan Sebagai Pemisah

Fungsi switch selanjutnya, sebagai splitter atau pemisah dari jaringan. Misalnya, Anda memiliki rumah atau kantor bertingkat, maka switch digunakan sebagai pemisah tanpa mempengaruhi estetika bangunan karena tidak menggunakan kabel yang terlalu panjang.

5. Keamanan Jaringan yang Lebih Tinggi

Switch menjamin keamanan jaringan karena saat proses pengiriman data ke alamat IP tujuan hanya beberapa saja. Alasannya karena switch akan menyortir terlebih dahulu semua data yang masuk aman atau tidak, jika ada data yang tidak aman maka tak bisa masuk.

Pastinya membantu pekerjaan Anda karena semua data tidak aman telah dibuang. Hal tersebut berguna bagi pebisnis agar rahasia perusahaan aman, selain itu Anda bisa mengembangkan strategi mengenai perkembangan bisnis tanpa terhambat informasi tidak aman.

6. Kinerja Switch lebih Tinggi

Fungsi switch selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan jaringan komputer Anda karena kinerjanya lebih unggul. Bahkan switch hanya menerima perangkat yang aman, walaupun ada perangkat tidak aman di ruangan yang sama tetap ditolak.

Mengingat tingkat keamanan switch sangat tinggi, switch diminati masyarakat di berbagai daerah. Apalagi kehadirannya membantu pekerjaan Anda lebih cepat, walaupun bekerja saat cuaca buruk tetapi sinyal tetap lancar.

7. Mampu Menerima Sinyal dan Data dari Komputer

Jangan salah loh, fungsi switch mampu menerima sinyal dan data dari komputer. Alhasil, switch akan menerima data dan siap melakukan transmisi sinyal ke seluruh perangkat yang terhubung.

Hal tersebut karena sinyal sudah dikeluarkan sehingga kinerjanya optimal. Hebatnya lagi, switch tidak membuat sinyal lemah yang menyebabkan jaringan lemot. Walaupun perangkat komputer digunakan secara serentak, kecepatan jaringan stabil.

Yang terpenting adalah gunakanlah perangkat dengan baik dan memilih data yang aman. Dengan begitu pekerjaan di perangkat komputer tidak terhambat lantaran datanya di buang Switch.

Penutup

Itu dia beberapa informasi tentang switch. Perangkat ini cukup membantu pengguna komputer dalam mengelola suatu jaringan dengan baik. Apalagi kinerjanya maksimal dan bisa digunakan di berbagai cuaca, agar switch bertahan lama wajib merawatnya dengan baik. Jangan biarkan switch rusak. Bahkan harga switch ramah di kantong dan dapat dijangkau semua orang. Semoga artikel ini bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *